5 Cara Menjadi Perempuan Kuat yang Tak Mudah Dijatuhkan Orang Lain

Endah Wijayanti19 Agu 2022, 10:45 WIB
Diperbarui 19 Agu 2022, 10:45 WIB
perempuan dan hidup apa adanya

Fimela.com, Jakarta Dalam hidup kita akan dihadapkan pada interaksi dan komunikasi dengan berbagai macam orang. Ada orang-orang yang bisa membantu kita tumbuh dan berkembang. Namun, ada juga orang yang hanya ingin membuat kita gagal dan menjatuhkan kita.

Agar tidak mudah dijatuhkan oleh orang lain, kita perlu membekali diri dengan sejumlah kemampuan. Kita perlu menjadi perempuan yang kuat agar tak mudah digagalkan atau diremehkan oleh orang lain. Berikut ini lima cara yang bisa dicoba agar kita tidak mudah dijatuhkan oleh orang lain.

 

 

1. Terima Diri Sendiri Seutuhnya

perempuan dan kemajuan dalam hidup
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

Kita perlu menerima diri sendiri lebih dulu dengan seutuhnya. Kenali kelebihan dan kekurangan diri apa adanya. Dengan begini, kita bisa lebih mawas diri saat ada orang yang berusaha menyerang kekurangan kita untuk menjatuhkan kita. Serta, kita bisa fokus untuk terus menggali dan meningkatkan kelebihan kita agar kita punya rasa percaya diri dalam menjalani keseharian atau rutinitas kita.

2. Tingkatkan Ketegasan Diri

perempuan dan menjalani hidup
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Mangostar

Bersikap tegas yang dimaksud di sini adalah tahu apa yang perlu dipedulikan dan apa yang tidak. Serta tahu mana yang memang perlu diusahakan dan mana yang perlu direlakan. Kalau kita terus menerus merasa bimbang dan ragu, orang lain akan mudah menggiring kita ke arah yang salah. Kalaupun kita membuat kesalahan dari pilihan yang kita buat, kita bisa segera mengambil langkah baru untuk memperbaiki keadaan tanpa harus mengikuti omongan negatif orang.

 

 

3. Mandiri Secara Finansial

perempuan dan bahagia jalan hidup
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Uang memang bukan segalanya. Akan tetapi, memiliki kemandirian secara finansil bisa memudahkan kita untuk mengontrol sejumlah aspek kehidupan kita. Saat kita bisa lebih mandiri dan berdiri di atas kaki sendiri, orang lain yang berniat akan menjatuhkan kita akan berpikir dua kali untuk menyudutkan kita. Sebab saat kita bisa menjadi perempuan berdaya, kita tidak akan mudah panik saat ada orang yang berniat buruk untuk menjatuhkan kita.

 

 

4. Fokus pada Mengasah Potensi Diri

perempuan dan hidup yang lebih bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Pixel-Shot

Saat ada yang berniat buruk ingin menjatuhkan atau meremahkanmu, abaikan saja. Biasanya, orang akan berhenti meremehkan kita saat kita mengabaikannya. Mending kita fokus mengasah potensi diri. Saat kita bisa membuat pencapaian sendiri dari hasil kemampuan dan potensi yang kita punya, orang yang berniat buruk untuk menjatuhkan kita nyalinya akan ciut sendiri.

 

 

5. Miliki Standar Kebahagiaan Sendiri

perempuan dan hidup tabah
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

Orang yang berniat menjatuhkan kita pada dasarnya akan menjatuhkan dirinya sendiri. Kita tak perlu terlalu memusingkan keberadaannya. Mending, kita fokus mencapai dan merangkai kebahagiaan kita sendiri. Mengutip buku Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang, "Dalam kehidupan sehari-hari, ada orang yang akan melempar sampah dan pergi begitu saja. Ada orang yang bisa menghadapi hal itu sambil tertawa atau dengan serius, tetapi ada juga orang yang tidak tahu harus berbuat apa." Kita tak bisa mengontrol sikap dan tindakan orang lain terhadap kita. Namun, kita masih punya kendali dalam mengontrol respons kita terhadap orang-orang yang dai sekitar kita.

Selama kita tahu apa yang kita perjuangkan dalam hidup dan kebahagiaan apa saja yang ingin kita dapatkan, maka kita tak akan terlalu dipusingkan oleh orang yang berniat buruk menjatuhkan kita. Semoga ke depannya kita bisa senantiasa tumbuh menjadi perempuan yang kuat dan tangguh dalam menjalani hidup ya.

 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓