Diary Fimela: Lahirnya Aplikasi Digital yang Bantu Berbagai Jenis Masalah Berkendara di HUT ke-77 RI

Vinsensia Dianawanti23 Agu 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 23 Agu 2022, 09:00 WIB
menyetir mobil

Fimela.com, Jakarta Tidak sedikit perempuan Indonesia yang memilih mobil sebagai kendaraan pribadi. Selain nyaman, berkendara dengan mobil bisa menjadi ruang pribadi di kala ingin merasa sendiri.

Namun memiliki kendaraan seperti mobil butuh komitmen perawatan dan urusan surat kendaraan yang terkadang menyita waktu. Terutama bagi perempuan yang terkadang tidak memahami betul soal mesin kendaraan.

Banyak juga pengendara yang enggan berurusan dengan bengkel karena tidak mengetahui secara pasti biaya perawatan maupun harga suku cadang, utamanya bagi mereka yang baru berkendara ataupun mereka yang asing dengan dunia otomotif. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, hadir aplikasi digital yang disebut Autoko.

Autoko adalah aplikasi yang berfungsi sebagai asisten digital bagi pengendara untuk segala keperluan kendaraan dan berkendara. Autoko menjadi aplikasi yang menawarkan digitalisasi kepemilikan kendaraan, kemudahan perawatan kendaraan, pencarian suku cadang, hingga lost vehicle alert system dalam ekosistem; sebuah cara baru perawatan kendaraan yang nyaman, kapan saja, di mana saja.

 

Layanan yang diberikan dalam aplikasi

Diary Fimela: Lahirnya Aplikasi Digital yang Bantu Berbagai Jenis Masalah Berkendara di HUT ke-77 RI
Sebuah aplikasi digital yang menjadi solusi dari setiap masalah berkendara (autoko)

Autoko adalah digital automotive network yang berbasis prepaid subscription (paket berlangganan) untuk jasa maintenance dan kepemilikan kendaraan. Dengan aplikasi Autoko, user serasa memiliki automotive digital assistant yang siaga 24 jam untuk segala keperluan otomotif user.

Aplikasi ini sendiri lahir dari pengalaman founder Erasmus Surya yang mengalami masalah suku cadang saat liburan sehingga menguras banyak waktu dan biaya selama liburan yang seharusnya menyenangkan. Surya kemudian bermimpi untuk membuat akses informasi bagi pengendara sehingga berkendara jadi lebih nyaman – mimpi yang kemudian terwujud dengan lahirnya Autoko yang akan diresmikan bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 pada 17 Agustus 2022 lalu.

Ada berbagai macam jenis layanan yang disedikan Autoko. Mulai dari informasi bengkel terdekat, jasa cuci mobil, poles mobil, perawatan ban dan kaki-kaki, penggantian oli, penggantian suku cadang, dan jasa emergency derek. Layanan premium mencakup nano coating, diamond coating, PPF wrapping, incognito users, derek flat deck untuk kendaraan ceper.

Autoko juga menyediakan layanan automotive assistant yang memberikan aneka kebutuhan kendaraan di luar layanan standar seperti konsultasi permasalahan kendaraan, booking bengkel, at home service, derek dari luar kota hingga kebutuhan perpajakan dan surat kendaraan.

 

Solusi saat kendaraan hilang

Layanan prima Autoko didukung oleh puluhan merchants yang saat ini tersebar di Jabodetabek dan segera tersedia di Bali. Autoko memastikan profesionalisme merchants, transparasi harga hingga memfasilitasi penyediaan tenaga ahli untuk masalah kendaraan khusus.

Bagi pemilik kendaraan, kehadiran Autoko mampu menghapuskan ketakutan pengendara dalam melakukan perawatan kendaraan, Autoko juga menyediakan resi layanan secara digital dan catatan perbaikan kerusakan yang tersimpan dalam history sehingga user dapat diakses sewaktu-waktu ketika diperlukan, hingga status kesehatan kendaraan yang sangat berguna bagi user. Ketika user melakukan registrasi, Autoko akan meminta data kendaraan termasuk nomer rangka yang akan sangat berguna sebagai alert system bila terjadi kehilangan kendaraan.

Alert akan disebarkan ke komunitas merchant sehingga bila kendaraan yang hilang tersebut terdeteksi di lokasi merchant, merchant tersebut dapat melaporkan ke pemilik kendaraan dan pihak berwajib. User dapat mendaftarkan lebih dari satu kendaraan, nantinya setiap kendaraan akan memiliki QR code yang spesifik untuk digunakan kala melakukan layanan di merchant.

 

Bermanfaat bagi bengkel

Tidak hanya sekadar bermanfaat bagi pengguna kendaraan, Autoko juga memberikan manfaat bagi merchant. Di mana Autoko menjembatani kendala pembayaran yang dapat dilakukan lebih cepat dengan Autoko. Mulai dari membantu pembukuan merchant secara digital, informasi untuk mencari suku cadang dengan harga yang bersaing lewat kerja sama Autoko dengan penyedia suku cadang, hingga memberikan asistensi layanan bantuan dengan saran bahkan kehadiran tenaga ahli saat bengkel mengalami kendala perbaikan kerusakan.

Autoko secara berkala memberikan knowledge sharing terkait “penyakit” kendaraan serta tips lewat bulletin board untuk merchant. Bahkan ke depannya Autoko akan menghadirkan pusat pelatihan bagi calon merchant. Merchant Autoko terbuka tidak hanya untuk bengkel besar namun juga bengkel kecil dan perorangan dengan keahlian otomotif mumpuni.

“Jadikan Autoko teman anda berkendara”, demikian disampaikan Erasmus Surya. “Autoko – the automotive network memungkinkan integrasi kendaraan ke pemilik kendaraan, sehingga berbagai urusan yang berkaitan dengan kendaraan dapat dikelola secara hassle-free bersama kami, kami memastikan layanan terbaik dan akan selalu berinovasi untuk kenyamanan berkendara”.

Selama GIIAS 2022, Autoko menawarkan Paket GIIAS 2022 bagi user yang melakukan registrasi dan pembelian paket perawatan Autoko akan diberikan bonus wiper merek Hella, 1 x car wash & wax gratis, 1 x tambal ban gratis, 1 x inspeksi kendaraan gratis, voucher cash back senilai Rp1.000.000 untuk pembelian paket perawatan selanjutnya. Bonus tambahan sebagai apresiasi telah memberikan kepercayaan pada Autoko berupa 1 x cuci mobil gratis / bulan selamanya.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela