Sukses

Lifestyle

How To: Tips Menggunakan Henna dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Henna telah digunakan selama ribuan tahun untuk berbagai keperluan, salah satunya termasuk desain seni tubuh. Menjadikan henna salah satu bentuk riasan tertua yang pernah digunakan. Henna adalah pasta yang terbuat dari daun dan ranting tanaman pacar yang dihancurkan, yang tumbuh di negara-negara Asia Selatan dan Afrika Utara. 

Begitu banyak desain cantik yang meliput di internet, yang sangat sulit untuk tidak melewatkan dan mencobanya sendiri. Henna, untuk seseorang yang baru mencoba, adalah bahan nabati yang dicampur dengan air atau kopi untuk memberikan warna merah hingga orange. 

Henna mudah didapat di pasaran dalam bentuk kerucut, bubuk, dan bahan lainnya. Merupakan bagian dari sesi pernikahan tradisional dan asli dari benua Asia, desain Henna dianggap suci dan merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan tato temporer, tanpa perlu menusuk kulit Anda. Dan tidak ada efek samping yang terlibat karena kerucut pacar terbuat dari bubuk pacar segar.

 

Pasta henna relatif murah dan mudah dibuat, dan dengan hasil yang bertahan hingga beberapa minggu. Saat henna dioleskan ke kulit, ia meninggalkan noda mulai dari orange hingga merah marun gelap yang memudar dalam waktu 1 hingga 2 minggu.

 

 

Tips menggunakan henna yang bisa kamu praktikkan

1. Pilih desain yang diinginkan

Cari desain untuk mendapatkan ide tentang apa yang harus digambar. Kerumitan desain akan tergantung pada keahlian Anda. Jenis desain akan sedikit berbeda, tergantung di mana Anda akan menerapkan henna. Tempat-tempat yang biasa untuk menggunakan henna seperti jari-jari Anda, telapak tangan Anda, dan lengan Anda.

Cari istilah seperti "desain henna" atau "gambar henna". Internet adalah sumber yang bagus untuk mendapatkan desain yang diinginkan. Seni henna terbaik seringkali sangat kompleks, mungkin ada baiknya untuk menggambar beberapa pola di atas kertas sebelum menerapkannya pada kulit Anda.

2. Siapkan area tubuh untuk menggambar henna

Sebelum menggunakan henna, sangat disarankan untuk membersihkan area yang akan digambar. Cuci kulit dengan sabun dan air. Oleskan alkohol gosok dengan bola kapas jika kulit sangat berminyak

3. Mulai mengaplikasikan henna

Pencet kerucut dengan lembut untuk menghasilkan garis tipis dan halus. Mulailah dari 1 ujung tangan Anda dan selesaikan di ujung lainnya. Saat Anda terus mengoleskan henna ke seluruh tangan Anda, berhati-hatilah untuk tidak menyentuh henna yang sudah ada di kulit Anda.

Jika Anda lebih suka garis yang lebih tebal, berikan lebih banyak tekanan. Jangan biarkan ujungnya menyentuh kulit Anda, apalagi jika terbuat dari logam. Ini tidak akan membahayakan kulit Anda, tetapi akan menciptakan bintik-bintik terang pada desain akhir. Bersihkan noda apa pun dengan air dengan cepat. Handuk basah akan bekerja paling baik.

4. Tunggu hingga henna mengering

Henna mungkin mulai terasa kering setelah 15 menit, tetapi Anda harus menunggu setidaknya 30 menit agar benar-benar kering. Jika Anda menginginkan noda yang lebih gelap dan tahan lama, Anda harus membiarkannya lebih lama. 

5. Gunakan moisturizer

Lama kelamaan henna akan memudar. Ini bisa memakan waktu mulai dari beberapa hari hingga 2 minggu. Namun, untuk membantu agar henna bertahan lebih lama, kenakan lotion tangan atau minyak di atasnya.

Jangan melakukan eksfoliasi kulit dengan lulur.  Minyak zaitun dan minyak jojoba adalah pilihan yang bagus. Klorin dapat menyebabkan tato henna memudar, jadi pastikan untuk mengoleskan petroleum jelly atau chapstick agar tidak mengering.

Tips Bermanfaat Saat Menggunakan Henna

  • Untuk hasil terbaik, bersihkan area di mana Anda ingin menerapkan henna
  • Henna tetap di kulit Anda selama 7-10 hari
  • Anda dapat menggunakan tisu rias atau air untuk membersihkan noda henna pertama kali
  • Hindari menggunakan air selama 24 jam pertama karena dapat mempengaruhi warna
  • Simpan henna yang tidak digunakan di dalam freezer. Anda dapat menggunakan kerucut henna yang beku hingga 6 bulan, cukup mencairkannya 30 menit sebelum digunakan
  • Untuk hasil terbaik, biarkan pasta henna semalaman
  • Pastikan menggunakan henna berkualitas baik untuk mendapatkan hasil yang diinginkan
  • Gunakan minyak yang dapat melembabkan dan menghidrasi kulit Anda 

 

Penulis: Sri Widyastuti

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading