Sukses

Lifestyle

How To: 4 Cara Pakai Jedai Rambut yang Praktis dengan Hasil Cantik Maksimal

Fimela.com, Jakarta Rambut yang bagus dan indah menjadi dambaan bagi setiap wanita. Untuk mendapatkan rambut yang nampak tertata rapi secara apik dan profesional, banyak wanita yang enggan untuk pergi ke salon. Padahal rambut merupakan salah bagian tubuh yang dapat menunjang penampilan sehari-hari. Hal ini yang menjadikan banyak wanita menggunakan jedai (jepitan badai) untuk dapat mempercantik tampilan rambut sekaligus penampilan secara keseluruhan.

Sebelumnya jedai paling banyak digunakan oleh para hair stylist untuk membantu menata rambut dan alat bantu saat menggunting rambut. Namun fungsi jedai saat ini mulai berkembang dan lebih sering digunakan untuk membuat tampilan rambut menjadi lebih cantik. Manfaat aksesori rambut yang diberi sebutan jedai atau jepitan badai ini dapat membuat rambut tampak bervolume atau mengembang dengan indah.

Para wanita jadi tidak perlu bergantung pada hairdryer dan catokan untuk membuat rambut tampak cetar seperti salon. Jika tidak dibarengi dengan perawatan yang baik. Penggunaan catokan yang terlalu sering berisiko membuat helaian rambut menjadi semakin rusak karena alat styling rambut dapat merusak kutikula rambut. Selain itu pergi ke salon membutuhkan biaya yang cukup mahal.

 

Asal Mula Jepitan Badai atau Jedai

Tren jedai mulai booming dan populer sejak tahun 2014. Popularitas aksesori ini meningkat pesat karena keberadaannya yang mudah ditemui. Jenisnya pun kini sangat beragam. Sampai saat ini, jedai masih menjadi penjepit rambut andalan. Harganya yang terjangkau dengan hasil rambut maksimal yang dihasilkan, membuat jepitan ini sangat bisa diandalkan untuk mempercantik penampilan tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Kepanjangan jedai adalah ‘jepitan badai’. Istilah ‘badai’ sendiri merupakan lingo kekinian yang artinya ‘keren’ atau ‘luar biasa’. Artinya, aksesori ini merupakan jepit rambut yang bisa membuatnya terlihat keren, karena bentuknya yang keriting sempurna. Hasil rambut cukup instan, tanpa catokan dan hanya dengan mengandalkan cara memakai jedai rambut yang khas. Cara jedai rambut bekerja adalah sebagai penahan gulungan pada rambut. Saat rambut tergulung dalam posisi yang sama dalam waktu yang tak tertentu, bentuk rambut akan mengikuti pola gulungan tersebut. Alhasil, rambut jadi ikal secara alami.

Cara Memakai Jedai Rambut

1. Satukan rambut menjadi satu

Langkah pertama adalah membuat pony tail pada rambut. Satukan seluruh rambutmu di belakang kepala. Agar lebih rapi, kamu bisa menggunakan bantuan sisir bergigi rapat.

2. Gulung rambut ke dalam

Setelah rambut terkumpul rapi di belakang kepala, gulung rambut secara perlahan ke arah dalam. Tarik dan gulung rambut secara perlahan dan rapi dari ujung ke dalam. Kamu bisa menggunakan jempol tangan untuk membentuk gulungan. Tujuan menggulung rambut ini agar rambut terlihat bergelombang dan mengembang alami. Agar gelombang rambut terlihat cantik dan mengembang alami, sebaiknya gulung rambut dimulai dari ujungnya.

3. Jepit rambut dengan jedai

Setelah menggulung rambut, gunakan jedai yang berbentuk bundar, agar bisa menjaga posisi gulungan rambut. Jepitkan jedai di bagian atas gulungan rambut kamu. Namun, posisi jepitnya jangan terlalu atas sejajar dengan kepala. Kamu juga bisa menyemprotkan sedikit hairspray ke gulungan jedai untuk membuat gelombang rambut tahan lebih lama

4. Diamkan selama 1-3 jam

Untuk hasil terbaik, diamkan minimal 1-3 jam. Kamu bisa pakai jedai sambil beraktivitas di rumah atau siap-siap sebelum berangkat. Setelah dirasa cukup, kamu tinggal membuka gulungan rambutmu dan rapikan dengan menyisirnya menggunakan jari. Soalnya, semakin lama rambutmu dijepit jedai, semakin bagus juga hasilnya dan akan tahan lama.

Tips Memakai Jedai Rambut

1. Tips yang pertama, kalau kamu mau jedai rambut usahakan menggunakan jedai yang sesuai dengan rambut. Kalau rambut kamu panjang dan tebal, gunakan jedai yang besar dan bergigi 5. Sedangkan kalau rambut pendek cukup pakai jedai yang standar gigi 3.

2. Kedua, kalau punya rambut panjang, kamu harus jepit rambut di bagian bawah. Alasannya karena kalau dijepit di posisi agak atas itu akan menyisakan tanda yang kurang bagus seperti kalau kamu bekas memakai ikat rambut karet. Kecuali kalau rambut kamu pendek.

3. Terakhir, kalau rambutmu tipe rambut yang jatuth banget, dengan indikator kalau dicatok 10 menit itu akan langsung lurus lagi, kamu harus membiasakan rambut untuk digulung dan dijepit, bukan diikat. Karena lama kelamaan rambutmu akan terbiasa untuk dibentuk dan akan tahan lama kalau dicatok.

 

Penulis: Sri Widyastuti

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading