4 Cara Berhenti Khawatir dengan Pikiran Orang Lain Tentangmu

Fimela Reporter20 Sep 2022, 09:45 WIB
Diperbarui 20 Sep 2022, 09:45 WIB
Khawatir

Fimela.com, Jakarta Banyak orang berusaha keras untuk menjadi yang terbaik agar dipandang hebat oleh orang lain. Hal ini disebabkan rasa khawatir akan penilaian orang. Ingin terlihat baik, takut mendapat kritik, dan dipandang sebelah mata biasanya menjadi kekhawatiran hingga akhirnya memaksakan diri untuk menjadi sempurna.

Ketakutan akan pandangan atau penghakiman orang ini terkait dengan keinginan untuk disuaki semua orang setaip saat. Karena itu seseorang sulit untuk mengekspresikan diri mereka yang sebenarnya.

Bila merasa khawatir atas penilaian orang lain tentangmu, ini dia cara berhenti merasa khawatir yang dilansir dari Psychology Today.

1. Penilaian Orang Tidak dapat Dihindari

Judge
4 Cara Berhenti Khawatir Atas Apa yang Orang Lain Pikirkan Tentangmu/Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Berhentilah mencoba mengendalikan pendapat orang lain tentangmu. Pikiran orang lain tidak dapat dikontrol. Fokuslah pada dirimu sendiri dan perbaiki diri. Kembangkan diri dan ekspresikan dirimu sesuka hati, karena bersikap apa adanya lebih baik.

2. Tidak Ada yang Selamanya

frustasi sedih
4 Cara Berhenti Khawatir Atas Apa yang Orang Lain Pikirkan Tentangmu/Copyright freepik.com/jcomp

Semua hanya bersifat sementara, termasuk pendapat dan penilaian seseorang. Bila saat ini orang lain menilaimu 'galak' karena melihatmu bersikap tegas pada orang lain, penilaian tersebut akan berubah saat mereka semakin mengenalmu. Mungkin dirimu memiliki sifat lembut yang mereka tidak pernah lihat, dan ketika mereka melihat sisi dirimu yang lain penilaian mereka akan selalu berubah. Namun, jangan juga memaksakan diri bersikap seperti apa yang orang lain inginkan.

3. Jangan Pedulikan Apa yang Orang Lain Pikirkan

perempuan dan bahagia jalan hidup
4 Cara Berhenti Khawatir Atas Apa yang Orang Lain Pikirkan Tentangmu/Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Biarkan orang lain menilai dirimu seperti apa yang mereka mau. Bersikap rentan dan menahan diri hanya akan membuatmu sulit mengekspresikan diri dan terhambat untuk berkembang. Fokuslah pada dirimu sendiri dan pengembangan diri. Kamu tidak akan pernah bisa membuat semua orang menyukaimu. Bila ada orang yang tidak menyukaimu, bukan berarti kamu telah berbuat kesalahan.

4. Perhatikan Penilaianmu Terhadap Diri Sendiri

Ilustrasi bekerja, percaya diri, bahagia, tertawa
4 Cara Berhenti Khawatir Atas Apa yang Orang Lain Pikirkan Tentangmu (Photo by Mateus Campos Felipe on Unsplash)

Tidak ada cara yang lebih baik untuk tidak peduli pada penilaian orang selain dengan lebih memperhatikan penilaianmu sendiri. Jadilah bahagia dan terima dirimu apa adanya. Sulit untuk orang lain mengkritik saat dirimu terlihat baik dan menikmati hidup.

Sahabat Fimela, tidak ada orang yang sempurna dan menjadi diri sendiri lebih baik. Hadapi saja dan ekspresikan dirimu sesuka hatimu.

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela