Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Kebahagiaan Hadir dalam Hidupmu

Fimela.com, Jakarta Pernah merasa frustrasi kenapa rasanya tak pernah bahagia menjalani hidup? Rasanya hidup cuma dipenuhi berbagai macam masalah dan tekanan hidup. Hati pun tak pernah bisa menemukan ketenangan atua kenyamanan.

Bisa jadi kebahagiaan tidak hadir dalam hidup karena kita tak "mengundangnya". Untuk itu agar kebahagiaan bisa hadir dalam hidup kita, kita perlu mengupayakan sejumlah. Caranya bisa melalui lima strategi sederhana berikut ini.

 

 

1. Kurangi Mengeluh Berlebihan

"Ketika komplain hadir kebahagiaan menghilang, sedangkan penerimaan dan kebahagiaan adalah saudara kembar yang kerap hadir bersama-sama," tulis Gobind Vashdev dalam buku Happiness Inside. Agar kita bisa menghadirkan lebih banyak kebahagiaan, kita perlu menghentikan kebiasaan mengelih berlebihan. Kalau kebanyakan komplain dan protes, kita hanya akan menutup terang dengan lebih banyak kegelapan dan malah menghambat hadirnya rasa bahagia.

 

 

2. Kalau Lelah, Rehatlah

Saat sedang merasa lelah, tak perlu buru-buru menyerah atau putus asa. Cobalah untuk rehat atau beristirahat sejenak. Mengutip buku Menghilang, Menemukan Diri Sejati, manusia akan selalu berusaha mewujudkan apa yang dia pikirkan. Sementara, apa pun yang dia rasakan, ke situlah dia akan ditarik. Jika seseorang terus menerus merasa putus asa, maka dia akan benar-benar ditarik ke dalam keputusasaan. Kalau ingin kebahagiaan hadir, maka kita perlu memikirkan kebahagiaan itu hadir dalam hidup kita termasuk saat kita sedang menghadapi masalah atau persoalan.

 

 

 

3. Lebih Sering Tersenyum

Ketika kita bisa tersenyum setiap hari, maka itu akan memudahkan kita untuk bahagia. Sebab kita membuka diri terhadap apa pun hal yang akan terjadi pada hari yang akan kita jalani. Tersenyum juga membut kita tidak gampang tertekan ketika ada hal yang terjadi di luar rencana atau dugaan kita. Kebahagiaan pun bisa hadir dengan cara tak terduga saat kita lebih sering tersenyum.

4. Menyesuaikan Kebutuhan Hidup

 

Memiliki keinginan besar itu wajar. Hanya saja tak semua hal perlu kita kejar dan miliki. Ada kalanya kita perlu memenuhi kebutuhan sesuai kemampuan kita untuk bisa lebih bahagia. Mengutip buku Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang, "Kita hidup dengan berbagai macam keinginan dan hubungan. Manusia hanya mencoba menyesuaikan diri dengan harapan orang lain, atau tuntutan kondisi eksternal, tetapi manusia seharusnya lebih baik dari itu." Tak perlu memaksakan diri untuk memenuhi semua hasrat dan keinginan. Cukup seperlunya saja sesuai kebutuhan dan kemampuan, maka kebahagiaan bisa hadir dengan sendirinya.

 

 

5. Berani Menjadi Diri Sendiri

Mengutip buku The Things You Can See Only when You Slow Down, "Saat bertemu dengan tujuh atau delapan orang, kita pasti akan mendapati satu dua orang yang sangat menyukai kita dan satu dua orang yang tidak menyukai kita. Jangan masukkan dalam hati; memang seperti inilah dunia bekerja." Orang lain akan selalu menilai kita. Tapi itu tak perlu kita pusingkan berlebihan. Tetaplah jadi diri sendiri dan melakukan hal-hal yang membuat diri nyaman, maka kebahagiaan bisa hadir dengan cara tak terduga.

Semoga kita semua bisa hidup dengan kebahagiaan yang kita harapkan dan impikan, ya. Terima kasih sudah selalu berusaha melakukan yang terbaik dalam hidup hingga saat ini.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading