6 Tips Menata Dapur Agar Terlihat Lebih Rapi dan Minimalis

angela marici06 Okt 2022, 16:30 WIB
Diperbarui 06 Okt 2022, 16:30 WIB
membersihkan dapper

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang beranggapan dapur merupakan area paling kotor yang ada di rumah. Namun, tanpa disadari banyak aktivitas nyatanya dilakukan di dapur seperti memasak, makan, mencuci, hingga mengobrol. Ketika melihat dapur yang berantakan membuat orang malas untuk membersihkannya karena pekerjaan membersihkan dapur dianggap lebih berat dibandingkan pekerjaan lainnya.

Berbagai cara dilakukan untuk membersihkan dapur, akan tetapi dapur masih terlihat berantakan karena tata letak dapur yang tidak sesuai, serta banyaknya barang-barang yang ada didapur sehingga membuatnya terlihat penuh dan sempit.

Dilansir dari homesandgardens.com untuk menjaga dapur agar tetap rapi dan tidak berantakan adalah pekerjaan yang harus dilakukan terus-menerus, tak terkecuali setiap hari. Namun, jika membersihkan dapur dilakukan dengan cara yang benar bisa mengubah hidup seseorang karena semuanya terlihat lebih nyaman dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang.

Carly Walters, Interior Designer dan Expert Organizer mengatakan bahwa ada cara yang benar untuk mengatur dapur agar terlihat lebih rapi. Untuk mengatur dapur berasal dari satu kata yaitu ‘efisiensi’, melalui kata tersebut seluruh pekerjaan seperti masak dan bersih-bersih akan terasa lebih mudah.

Untuk itu, Fimela telah merangkum 6 tips yang dapat dicoba untuk membuat dapur terlihat lebih rapi dan minimalis.

 

 

1. Gunakan wadah untuk menyimpan makanan

wadah garam
Ilustrasi menyimpan garam di wadah penyimpanan. (copyright shutterstock/Kittipong Udomsom)

Agar makanan atau bumbu dapur tidak berantakan, sahabat Fimela dapat menggunakan wadah penyimpanan dengan berbagai ukuran yang berbeda. Hal ini dapat membuat dapur terlihat lebih rapi dan minimalis karena barang-barang dapur telah diletakkan sesuai dengan kategori dan ukuran. 

Sebagai contohnya sahabat Fimela dapat menyimpan sereal atau susu di kotak penyimpanan. Kemudian, menyimpan bumbu-bumbu dapur di toples kecil dan diberi nama agar memudahkan sahabat Fimela mengetahui jenis bumbu yang sudah disimpan. Hal ini tidak hanya berlaku untuk makanan, melainkan peralatan dapur seperti sendok, spatula, dan pisau yang dapat disimpan di laci agar dapur tidak terlihat penuh dan berantakan.

2. Buang barang yang tidak digunakan

Cara menata dapur yang efektif adalah membersihkan kabinet sahabat Fimela dengan mengeluarkan barang-barang yang ada di kabinet seperti panci dan wajan yang mungkin kualitasnya sudah tidak baik. Setelah itu, buanglah barang yang telah rusak atau tidak digunakan karena menyimpan barang tersebut hanya membuat lemari sahabat Fimela menjadi penuh.

Jika masih ada barang-barang yang tidak bisa dimasukkan ke dalam kabinet, sahabat Fimela dapat menyimpannya di dekat kompor karena barang seperti panci dan wajan merupakan barang yang sering digunakan sehingga jika menyimpannya dekat kompor akan memudahkan sahabat Fimela untuk menggunakannya kembali. 

 

3. Gunakan laci tarik

lemari dapur
ilustrasi dapur yang bersih. /Photo by Rustic Vegan on Unsplash

Melansir dari thekitchn.com untuk membuat dapur terlihat lebih rapi dan luas sahabat Fimela dapat menggunakan laci tarik. Selain itu, dengan adanya laci dapat membuat penyimpanan semakin banyak, sehingga sahabat Fimela dapat menyimpan barang-barang yang berpotensi merusak kerapian dapur di laci.

4. Gunakan lemari vertikal

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan fungsi storage adalah dengan menggunakan lemari vertikal untuk menyimpan berbagai bahan masak di dapur. Penggunaan rak vertikal untuk menyimpan barang-barang dapur sangat menguntungkan karena bentuknya yang tidak begitu besar, sehingga membuat dapur tidak terlihat sempit. Selain itu, sahabat Fimela juga dapat menyimpan berbagai peralatan dapur di rak vertikal ini. 

5. Manfaatkan pintu lemari

Untuk mendapatkan dapur yang rapi sahabat Fimela dapat memanfaatkan pintu lemari untuk menyimpang tutup panci atau sekadar menggantung serbet. Hal ini sering kali dianggap sebagai life hack orang-orang yang memiliki dapur kecil. 

6. Manfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan

Tidak semua orang memiliki area dapur yang luas, untuk itu sahabat Fimela dapat mengakalinya dengan memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan. Untuk menggunakannya dapat dilakukan dengan memasang rak gantung untuk menyimpan spatula hingga wajan yang ingin digunakan.

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela