Diary Fimela: Hobby Kuliner Berbuah Cuan, kisah Sukses Erwin Putra yang Raup Rupiah dari Kesukaan

Nabila Mecadinisa10 Sep 2022, 08:29 WIB
Diperbarui 10 Sep 2022, 08:46 WIB
Erwin Putra

Fimela.com, Jakarta Seiring berkembang teknologi digital yang kian masif, muncul satu fenomena baru di mana setiap orang berkesempatan menghasilkan uang dari konten. Kesempatan ini bukan hanya bagi mereka yang berprofesi di bidang foto dan videografer, tapi termasuk para penggiat kuliner dan travel yang kini ulasannya banyak dicari orang di internet. 

Konten yang dibagikan seputar jalan-jalan sambil berwisata kuliner yang dikemas semenarik mungkin untuk dibagikan di kanal-kanal digital mereka. Cuan lewat konten kuliner yang menjanjikan ini telah dibuktikan oleh Erwin Putra pemilik brand Bikin Gendut. 

Pria kelahiran Pemangkat Kalimantan Barat ini tidak enggan membagikan rahasianya membesarkan brand tersebut, yang kini menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan serta membawa banyak kesempatan besar lainnya. 

Awalnya Menekuni Profesi Food Blogger

Erwin Putra
Erwin Putra bagikan tips dapat cuan dari konten kuliner.

Kecintaannya pada bidang penulisan turut andil dalam perjalanan sukses seorang Erwin Putra. Awalnya, ia menuliskan pengalaman wara-wiri di jalan sambil kulineran melalui kanal blog pribadi milikinya di www.bikingendut.com. 

Untuk menarik perhatian lebih banyak audiens, pengalaman tersebut ia bagikan melalui kanal media sosial Instagram dengan nama brand yang sama: @BikinGendut. Berbagai keseruan sambil kulineran ia bagikan melalui kedua kanal tersebut hingga berhasil mendatangkan ribuan pengikut. 

Awalnya, ia hanya membagikan informasi kuliner di daerah Jakarta saja. Seiring waktu, ia mulai menyambangi daerah lainnya, seperti Bali, Bangka, hingga ke Singapura. Mulai dari makanan tradisional hingga yang kekinian diulas secara menarik. Hampir 8 tahun ia menekuni bidang content creator wisata kuliner ini. 

Meski ada banyak kesempatan cuan yang didapat, bukan berarti perjalanannya membangun karir sebagai food blogger sekaligus selebgram kuliner mulus-mulus saja. 

Salah satu tantangan pernah dia hadapi ketika dirinya terlibat dalam acara reality show milik stasiun TV swasta Indonesia. Ia ditantang untuk mengkonsumsi 1.000 jenis makanan dari lima kota yang berbeda. 

Dengan jadwal yang padat dibarengi konsumsi beragam jenis makanan yang belum tentu sehat, kesehatannya menjadi taruhan. Benar saja, berat badannya nyaris naik 30 kg. 

Rahasia Erwin Putra Berhasil Pertahankan Eksistensi Hingga Kini

Erwin Putra
Erwin Putra bagikan tips dapat cuan dari konten kuliner.

Ulasan makanan serta cerita perjalanan ia padukan dengan konten tematik melalui Instagramnya di @BikinGendut. Salah satu berupa konten video memasak singkat, lengkap dengan resep-resep yang dibuat oleh para followers-nya. 

Tidak hanya memberikan audiens informasi bermanfaat. Berkat dukungan visual seperti pencahayaan, desain, serta editing kekinian yang ia terapkan berhasil membawa peluang cuan yang hingga kini masih dinikmatinya. 

Karena peluangnya menjanjikan, ia pun tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Ia mulai aktif mengikuti perkembangan trend content creator di industri kreatif bidang wisata kuliner. 

Salah satu yang diimplementasikan yakni membuat konten sesuai dengan personal target dan pengikutnya. Antara satu kanal dengan yang lainnya sudah pasti berbeda. 

Tantangan pasti ada, namun hal tersebut tidak menghambatnya untuk tetap konsisten menggeluti bidangnya secara mendalam. Dengan mengaplikasikan kiat-kiat tersebut disertai keahlian dan keinginan besar untuk belajar hal baru akhirnya berhasil mengantarkan seorang Erwin Putra menjadi salah satu influencer wisata kuliner terpercaya. 

Proses perjalanan panjang dirinya menekuni bidang content creator terus membuka kesempatan baru bagi Erwin. Belum lama ini, dirinya diundang mengunjungi kantor Meta HQ di Singapura. 

Selain membuat konten seputar kuliner di negara tersebut, kesempatan itu dia manfaatkan dengan menjelajahi kantor Meta HQ. Hingga akhirnya sampai pada tujuan utamanya ke sana, yakni berdiskusi tantangan apa saja yang akan dihadapi di industri kreatif kanal Instagram bersama pada content creator keren lain yang juga diundang ke kantor tersebut. 

 

 

 

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela