Sukses

Lifestyle

7 Tanda Mentalmu Sekuat Baja

Fimela.com, Jakarta Orang-orang yang kuat dan tangguh secara mental selalu belajar mengatasi masalah hidup dari waktu ke waktu, belajar dari pengalaman, dan mengambil makna dengan baik dari masalah yang dihadapi. Umumnya orang yang bermental kuat dan tangguh memiliki kematangan emosi dan adaptif.

Kesehatan mental yang baik berkaitan dengan kekuatan mental seseorang. Kebanyakan orang akan merasa cemas dan resah bila dihadapi masalah. Namun orang yang bermental kuat akan menganggap masalah sebagai pembelajaran untuk menjadi lebih baik.

Terdapat tanda-tanda lain yang menunjukkan seseorang kuat secara mental. Dilansir dari Psychology Today, tanda tersebut antara lain:

1. Mampu Menerima Kenyataan dan Menghadapi Tantangan Secara Langsung

Orang yang tangguh secara mental melihat keadaan berdasarkan fakta bukan ekspetasi. Mereka cenderung melihat situasi apa adanya dan mencoba menilai dari berbagai sudut pandang. Saat dihadapi tantangan atau masalah, menghadapi dengan berani menjadi cara untuk menyelesaikan masalah.

2. Berani Menerima Konsekuensi

Saat mengambil keputusan dan bertindak, orang dengan mental yang kuat akan berani menghadapi konsekuensinya. Bila kenyataan tidak sebaik yang diharapkan, mereka akan menanganinya dan tidak berperan sebagai korban untuk melindungi diri.

3. Mampu Mengendalikan Diri Sendiri

Perasaan, pikiran, dan perilaku dalam setiap keadaan akan mudah untuk ditangani. Hal ini karena orang dengan mental tangguh sangat mengenal dirinya sendiri, sehingga pengendalian diri menjadi kelebihan mereka.

4. Suka Mengoreksi Diri

Bila dihadapi masalah, orang yang suka mengoreksi diri akan berusaha menemukan akar masalah untuk pelajaran. Mereka tidak akan berlarut dan terjatuh begitu saja, tetapi memanfaatkan situasi terpuruk sebagai momen untuk memperbaiki atau mengoreksi diri.

5. Memaknai Luka Sebagai Pelajaran Hidup

Ketika terluka atas pengalaman buruk di masa lalu, mungkin kebanyakan orang akan terpuruk dan berlarut dalam kesedihan. Tak jarang bahkan tidak semangat menjalani hidup karena teringat kenangan buruk. Lain halnya dengan orang yang tangguh. Mereka akan memaknai luka dan pengalaman buruk sebagai pelajaran hidup agar tidak mengulangi kesalahan yang sama kepada orang lain.

Kita memiliki kesempatan untuk belajar menerapkan atau memperkuat sifat positif di atas agar memiliki mental yang tangguh. Semoga kita senantiasa bisa berproses menjadi orang yang tangguh.

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading