Sukses

Lifestyle

5 Tanda Dirimu Sebenarnya Bisa Mengatasi Stres dengan Baik

Fimela.com, Jakarta Stres dalam hidup tak selalu bisa dihindari. Berbagai macam persoalan, tekanan, dan permasalahan hidup bisa datang silih berganti tanpa bisa kita cegah. Ketika kondisi stres tak bisa kita hindari, maka yang bisa kita lakukan adalah mencoba mengelola dan mengatasinya sebaik mungkin.

Bisa jadi sebenarnya di dalam diri kita sudah ada kemampuan mengatasi stres dengan baik. Berikut ini lima tanda yang bisa jadi penyemangat bahwa diri kita dibekali kemampuan untuk kuat melewati masa-masa berat saat kita bisa menyadarinya dan memaksimalkannya.

 

1. Bisa Menjadikan Pengalaman Lebih Bermakna

Mengutip buku Merawat Luka Batin, orang yang mampu mengatasi stres dan tantangan hidup dengan baik adalah mereka yang mampu mengubah pengalaman yang tidak menyenangkan menjadi sesuatu yang bermakna. Kita bisa mengendalikan respons pemikiran kita terhadap situasi tak menyenangkan yang sedang kita hadapi. Misalnya, kita stres menghadapi rutinitas bekerja yang mononton, maka kita bisa coba mengatasinya dengan menghadirkan rutinitas baru untuk membuat jadwal kerja kita jadi lebih produktif.

2. Senantiasa Belajar Memahami Diri Sendiri

Memahami diri sendiri bisa jadi proses panjang dan butuh waktu seumur hidup. Saat kita bisa senantiasa memahami diri dengan baik, maka kita bisa mengelola stres dengan baik. Setidaknya kita tak akan gampang merasa stres ketika dilanda kesepian. Mengutip buku The Comfort Book, "Obat kesepian bukanlah lebih banyak orang. Obat kesepian adalah memahami siapa diri kita." Saat senantiasa belajar menerima dan memahami diri sendiri, maka akan selalu ada kekuatan yang hadir untuk membantu kita mengelola stres yang hadir.

 

3. Fokus dengan Perjalanan Hidup Sendiri

Satu hal yang kerap membuat kita stres adalah ketika kita merasa berlomba-lomba dengan orang lain. Seakan kita selalu terlambat dan harus mengejar ketertinggalan. Padahal hidup bukan perlombaan, dan saat kita sudah bisa lebih fokus dengan mengapresiasi dan mengupayakan hal terbaik dalam hidup kita, maka kita tak akan gampang merasa tertekan.

4. Punya Mekanisme Pertahanan Sendiri

Mengutip buku How to Love, manusia mengatasi stres dengan kebiasaan dan pengetahuan masing-masing. Masing-masing individu punya mekanisme pertahanan dirinya sendiri. Mekanisme pertahanan diri adalah kebiasaan yang sudah berlangsung lama dan susah diperbaiki. Saat dirimu sudah punya mekanisme pertahanan sendiri seperti hal-hal yang bisa dilakukan untuk hadirkan rasa nyaman dan bahagia, maka akan lebih mudah bagimu mengatasi stres yang ada.

 

 

5. Punya Fleksibilitas dalam Menyikapi Berbagai Persoalan

Saat ada hal yang tak bisa diubah, kamu bisa mengikhlaskannya. Saat ada hal yang masih bisa diperbaiki dan diupayakan, kamu berusaha untuk melakukan hal yang terbaik untuk melakukannya. Ketika ada kenyataan yang tak sesuai harapan, kamu mencoba melihat sisi baiknya. Punya fleksibilitas dalam menjaga ekspektasi ini bisa memudahkanmu mengatasi stres yang menghampiri.

Semoga kita semua bisa menjalani hidup dengan lebih bermakna lagi, ya. Terima kasih sudah melakukan semua yang terbaik hingga sekarang.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading