Sukses

Lifestyle

Suntuk dengan Pekerjaan? Ini Cara untuk Mengembalikan Semangat Kerja

Fimela.com, Jakarta Jadwal kerja yang padat kadang membuat suntuk dan lelah. Belum lagi bila harus mengejar deadline. Pekerjaan menjadi semakin berat karena rasa bosan dengan pola yang selalu sama.

Semangat kerja perlu ditumbuhkan agar kinerja pribadi dan tim dapat maksimal. Bila bersemangat, pekerjaan akan terasa lebih ringan dan menyenangkan. Dilansir dari Mindbodygreen, berikut cara meningkatkan semangat bekerja.

1. Membuat Visi dalam Kerja

Visi bisa menjadi pedoman dan pegangan yang kuat bila dikaitkan dengan tujuan di masa depan. Membuat visi karir akan membuatmu bersemangat dan terinspirasi menjalani kerja. Bahkan di saat lelah dengan pekerjaan, mengingat kembali tujuan dan visimu mungkin akan membantu mengembalikan semangat. Tulis apa yang menjadi cita-cita dan tujuanmu dalam berkarir. Gunakan visi tersebut untuk memotivasi diri.

2. Membangun Hubungan Pertemanan dengan Rekan Kerja

Persahabatan dengan rekan kerja sangat penting. Penelitian di AS menunjukkan bahwa hubungan pertemanan dengan rekan kerja berpengaruh besar pada hasil pekerjaan yang baik. Makan siang bersama, berbagi cerita atau bercanda bisa menjadi cara untuk membangun hubungan pertemanan di kantor.

3. Buat Suasana Kerja Menyenangkan

Agar bersemangat di kantor, awali hari dengan rutinitas yang menyenangkan. Bangun lebih pagi, mengenakan pakaian yang nyaman, mendengarkan lagu saat di jalan, dan sarapan akan membantumu bersemangat menjalani aktivitas harian. Saat mood baik, semangat pun akan lebih mudah bangkit.

4. Lakukan Sesuatu untuk Membantu Orang Lain

Annie McKee, Ph.D., dari Harvard yang menulis buku “How To Be Happy at Work: The Power of Purpose, Hope, and Friendship” mengatakan bahwa bergabung dengan suatu kelompok untuk membantu memecahkan masalah akan meningkatkan semangat kerja. Ada tantangan yang dihadapi setiap orang atau kelompok di dunia kerja. Membantu sesama rekan kerja tidak ada salahnya asal sesuai kemampuanmu. Saat dirimu berhasil membantu orang lain, akan timbul perasaan senang dan bangga yang juga berpengaruh pada peningkatan semangat kerja.

5. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Lakukan hobby, berkumpul dengan keluarga, atau sekedar bersantai adalah hal yang penting dilakukan walaupun di tengah padatnya jadwal kerja. Meluangkan waktu untuk diri sendiri dapat membantu melepas stres dan penat saat bekerja. Saat emosi terkendali, diri akan lebih bersemangat dan termotivasi. Me time dapat dilakukan di luar jam atau hari kerja. Banyak manfaat yang akan didapatkan dari memprioritaskan waktu untuk diri sendiri untuk kesejahteraan psikologis dan kesejahteraan emosionalmu.

Segala hal yang dilakukan butuh usaha dan harus konsisten. Pekerjaan mungkin semakin berat, namun dirimu harus tetap semangat.

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading