Sukses

Lifestyle

5 Langkah Mudah Mengubah Jalan Karier Menurut Para Ahli

Fimela.com, Jakarta Tujuan karier dengan apa yang dijalani terkadang memang berbenturan dan untuk mengubahnya bukanlah hal yang mudah. Melakukan perubahan karier seperti memulainya dari nol. Berpengalaman di bidang tertentu, belum tentu dianggap berpengalaman di bidang baru. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa menggapai karier impian ya.

Tak perlu hal yang besar, kamu bisa melakukannya secara bertahap dari hal yang mudah. Lantas, bagaimana langkah mengubah jalan karier? Untuk jawabannya simak artikel ini sampai akhir ya.

1. Menyusun rencana karier ke depan dengan detail

Rencana karier bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan gegabah. Kamu harus merencanakannya dengan matang dan detail. Misalnya, karier kamu saat ini adalah seorang akuntan dan ingin pindah pada jurnalis. Tentunya untuk menunjang tercapainya karier diperlukan mengambil kursus baru, mempelajari bahasan baru, hingga membangun jaringan.

Rencanakan secara detail, butuh berapa waktu untuk menguasai bidang tersebut. Carilah teman yang bisa membimbing kamu untuk mengajarkan hal seputar bidang tersebut.

2. Temukan mentor atau guru

Adanya mentor dan guru sangat berpengaruh untuk mendukung jalan karier. Mentor atau guru dibutuhkan untuk menjelaskan berbagai materi sekaligus tantangan dalam pekerjaan tersebut, dan potensi kemajuan karier yang bisa dipilih. Yang paling penting, mereka bisa menjelaskan semua yang belum diketahui.

Lantas, dimana bisa menemukan mentor atau guru yang baik? jawabannya dengan mengikuti kursus atau pelatihan baik secara online atau offline.

3. Bangun pondasi percaya diri

Dikutip dari goodhousekeeping, banyak orang bertahan dalam karier saat ini karena mereka tidak melihat jalan keluar. Menurut Lia Garvin, pemimpin operasi di Google mengatakan hal seperti “ini untuk saya” atau “saya tidak bisa melakukan apa-apa lagi” itu membuat orang terjebak dalam situasi seharusnya dihindari sejak lama.

Jika belum terpikirkan untuk mengubah jalan karier atau tidak, lihatlah kembali hal yang kamu alami. jika kamu terus merasa lelah atau tidak bisa mengumpulkan antusiasme untuk bekerja, tandanya kamu harus ubah jalan karier. Bangun rasa percaya diri yang tinggi dan susunlah rencana karier selanjutnya dengan matang.

4. Riset gaji

Agar tidak merasakan penyesalan di belakang, ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu gaji karier yang dituju. Sudah banyak terjadi seseorang menyesal setelah mengganti karier dari sebelumnya karena besaran gajinya yang rendah.

 Jika sudah mengetahui besaran gaji dan kamu merasa tidak masalah, kamu bisa melanjutkan langkah untuk mengubah karier.

5. Mulai persiapkan diri

Setelah semua langkah di atas kamu jalani, saatnya kamu mempersiapkan diri untuk melamar kerjaan di bidang yang diminati. Jangan lupa untuk membuat portofolio, khususnya bagi kamu yang ingin bekerja di bidang seni.

Nah, itu dia 5 langkah mudah untuk mengubah tujuan karier menurut para ahli, semoga bermanfaat!

Penulis: Nur Faizah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading