Sukses

Lifestyle

5 Cara Menemukan Kebahagiaan dalam Ketidaksempurnaan Diri

Fimela.com, Jakarta Sebagai manusia, kita punya kelebihan dan kekurangan. Ada hal-hal yang juga tak sempurna di dalam diri kita. Ketidaksempurnaan diri pun menjadi hal yang perlu kita terima sebab berdamai dengannya bisa membantu kita jalani hidup dengan hati yang lebih bahagia.

Kita bisa menemukan kebahagiaan dalam ketidaksempurnaan diri kita. Berikut ini lima cara sederhana yang bisa dicoba. Strategi sederhana ini bisa jadi langkah awal untuk lebih bahagia dan berdamai dengan ketidaksempurnaan diri yang ada.

 

 

1. Perkuat Harapan untuk Melakukan yang Terbaik

Kadang sikap kita yang terlalu perfeksionis mencegah kita meraih kebahagiaan yang sebenarnya bisa dengan mudah kita dapat. Kita malah kadang sering menyalahkan diri sendiri yang tak bisa sempurna, padahal kenyataannya diri ini memang tak sempurna. Mengutip buku Merawat Luka Batin, "Kita perlu menyadari bahwa manusia itu tidak ada yang sempurna, maka jangan berharap kesempurnaan. Berharaplah melakukan yang terbaik, untuk menjadi lebih dari masa lalu, tapi bukan kesempurnaan. Kejarlah perubahan, bukan kesempurnaan." Untuk itu kita bisa fokus untuk memperkuat harapan melakukan yang terbaik dalam segala hal, tapi terbebani harus melakukan segalanya serba sempurna.

 

 

2. Yakinkan Dirimu Pantas Dicintai

Mengutip buku How to Respect Myself, "tahu bahwa diri pantas dicintai" adalah konstruksi dasar agar cinta dapat terus berjalan. Cinta tidak akan stabil jika konstruksi ini patah. Sadari dan yakini bahwa kita pantas dicintai. Setidaknya perlu dimulai dari mencintai diri sendiri lebih dulu tanpa harus menunggu validasi orang lain bisa membuat kita menemukan kebahagiaan kita sendiri.

 

 

3. Gali Potensi Diri

Ketidaksempurnaan diri justru bisa jadi pemantik semangat untuk mengasah kelebihan dan menggali potensi diri. Matt Haig dalam bukunya, The Comfort Book memaparkan, "Kita selalu memiliki jauh lebih banyak di dalam diri kita ketimbang yang kita sadari. Lebih banyak kekuatan, kehangatan, kasih, dan ketahanan." Daripada terus menerus mengasihani diri yang tidak sempurna, mending coba pelajari dan coba hal-hal baru untuk meningkatkan nilai diri.

 

 

4. Temukan Cara Terbaik Mengatasi Stres

Menghadapi ketidaksempurnaan diri bisa membuat kita kadang stres dan tertekan. Namun, bukan berarti kita membiarkan diri tenggelam dalam rasa stres. Mengutip buku Loving the Wounded Soul, setiap orang memiliki toleransi stres yang berbeda. Apa yang membuat kita stres bisa jadi adalah hal biasa bagi orang lain, begitu pula sebaliknya. Maka dari itu, kita perlu punya cara atau metode sendiri untuk atasi stres agar tidak gampang tertekan hadapi hal-hal di luar dugaan.

5. Fokus Rawat Diri Sebaik Mungkin

Pedulikan dirimu dengan cara terbaik yang bisa kamu lakukan. Hadirkan kebiasaan-kebiasaan yang bisa bantu menjaga kondisi tubuhmu tetap sehat. Kenakan pakaian yang membuatmu merasa paling nyaman. Rawat diri sebaik mungkin. Tampillah sesuai dengan keinginan dan kenyamanan diri, maka kebahagiaan bisa hadir dengan sendirinya.

Ketidaksempurnaan diri bisa jadi keunikan diri kita. Untuk bisa bahagia pun kita bisa mengusahakannya melalui hal-hal sederhana seperti yang disebutkan di atas.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading