Sukses

Lifestyle

5 Cara Tenangkan Diri saat Sedang Merasa Tidak Baik-Baik Saja

Fimela.com, Jakarta Saat ini sedang merasa tidak baik-baik saja? Atau sedang mengalami hal yang masih sulit untuk dicerna sehingga masih bingung mencari jalan keluarnya? Perasaan tak nyaman ketika sedang tidak baik-baik saja memang bisa sangat meresahkan.

Meski saat ini sedang tidak baik-baik saja, kamu masih punya kesempatan untuk bisa tenang dan tidak terlalu tertekan. Berikut ini sejumlah strategi sederhana yang bisa dicoba untuk bantu tenangkan dirimu kembali.

 

1. Cari Udara Segar

Cobalah untuk menghirup udara segar atau meluangkan waktu di luar ruangan sejenak. Mengutip buku Honjok Seni Hidup Sendiri, peneliti kesehatan masyarakat mendapati bahwa meluangkan waktu di alam terbuka dapat membangkitkan daya pemulihan diri untuk menghilangkan stres serta meningkatkan kebugaran dengan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menurunkan tekanan darah. Ketika kita merasa sedang tidak baik-baik saja, kita biasanya perlu meluangkan waktu untuk bernapas lebih dalam dan tenang, dan salah satu caranya adalah dengan meluangkan waktu menghirup udara segar.

2. Uraikan Rasa Tidak Nyaman Melalui Tulisan

Kalau kamu terbiasa menulis atau ingin mencoba untuk menguraikan isi kepala dengan cara yang lebih nyaman, bisa coba menulis jurnal atau buku harin. Menulis dan menuangkan isi hati bisa bantu uraikan rasa tak nyaman dalam diri. Seringkali hati tidak tenang karena kita merasa isi kepala dan batin kita sangat rumit. Sehingga kita perlu menguraikannya agar benak kita terasa lebih ringan dan perasaan yang tadinya tidak baik-baik saja bisa kembali tenang.

 

3. Coba Lakukan Hal yang Membutuhkan Konsentrasi

Saat merasa sedang tidak baik-baik saja, pikiran bisa berkelana kemana-mana dan ini malah membuat kita cemas. Untuk meredakan kecemasan, kita bsia coba melakukan hal yang membutuhkan konsentrasi. Tak harus melakukan hal yang serius atau berat. Menggambar sesuatu, mewarnai buku berwarna, menyusun puzzle, merawat tanaman, memasak makanan kesukaan, atau membaca buku favorit bisa jadi pilihan kegiatan untuk dilakukan.

4. Bernapas Lebih Perlahan

Perasaan sedang tidak baik-baik saja bisa membuat kita murung dan kehilangan rasa percaya diri. Agar rasa percaya diri bisa membaik, kita bisa coba bernapas lebih perlahan. Mengutip buku The Comfort Book, bernapas dengan sadar seakan merupakan suatu cara untuk kembali ke rasa percaya diri. Suatu cara untuk memberi jeda bagi diri sendiri. Kita bisa kembali mengatur napas dan bernapas dengan lebih sadar untuk kembalikan rasa percaya diri sekaligus tenangkan diri.

 

 

5. Bebaskan Diri Memandangi Sesuatu

Ketika kita memandangi sesuatu lamat-lamat dan membiarkan pikiran rileks, hati dan perasaan kita bisa lebih tenang dengan sendirinya. Saat sedang tidak baik-baik saja, bisa jadi kita sedang butuh rehat dan perlu ruang untuk melepas penat sejenak. Mengutip buku How to Love, jika kita merasa gentar karena merasa tidak punya tempat untuk menghilangkan kecemasan, cobalah untuk memandangi sesuatu lamat-lamat. Menatap awan di langit atau melamun di balik jendela saat naik kendaraan umum bisa bantu meredakan rasa gelisah saat sedang tidak baik-baik saja.

Semoga perasaanmu bisa segera membaik, ya. Rasa tidak baik-baik saja ini bersifat sementara saja karena masih ada banyak hal dan pengalaman menyenangkan yang bisa kamu dapatkan dalam hidup.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading