5 Cara Tenangkan Diri saat Kewalahan Mengatasi Masalah Sendiri

Endah Wijayanti19 Sep 2022, 14:15 WIB
Diperbarui 19 Sep 2022, 14:15 WIB
perempuan dan semangat hidup lagi

Fimela.com, Jakarta Makin dewasa kita perlu memiliki keberanian dan kemampuan untuk lebih mandiri mengatasi masalah sendiri. Saat belum ada yang bisa dimintai bantuan, kita perlu menguatkan diri untuk menghadapi masalah sendiri. Namun, kadang kala kita jadi tertekan dan stres saat mulai kewalahan mengatasi masalah sendiri.

Saat kewalahan mengatasi masalah sendiri, kita perlu luangkan waktu untuk bisa tenangkan diri. Berikut ini lima cara sederhana yang bisa dicoba untuk bisa lebih tenang dan tidak terlalu tertekan saat kewalahan atasi masalah yang belum ada jalan keluarnya.

 

 

1. Fokuskan Perhatian ke Masa Kini

perempuan dan semangat hidup
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/chombosan

Saat merasa cemas atau khawatir berlebihan, cobalah untuk memusatkan perhatian lebih penuh ke masa kini. Fokuskan perhatian ke masa kini, ke diri kita yang ada di masa kini. Atur napas lebih perlahan. Kalau butuh waktu untuk bermeditasi, bisa luangkan waktu untuk melatih pikiran dan pernapasan lebih perlahan lagi. Dengan begini, pikiran bisa terasa lebih jernih.

 

 

2. Dekati Masalah dengan Pikiran Terbuka

tegarnya hidup perempuan
Hidup layak diperjuangkan./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Mengutip buku Merawat Luka Batin, "Cobalah untuk tidak menghindari masalah. Biarkan diri kita terlibat dalam pengalaman, kemudian melihat hasil akhirnya. Dekati masalah dengan pikiran terbuka, maka mungkin kita akan terkejut karena ternyata kita mampu menghadapinya. Mengambil kesempati berarti mengizinkan kita untuk belajar dan meningkatkan keterampilan dalam menangani masalah." Saat kita merasa kewalahan menghadapi sebuah masalah, coba perluas perspektif kita. Karena bisa jadi sedang ada pelajaran penting yang perlu kita pahami lebih dalam agar bisa jadi pribadi yang lebih dewasa lagi.

 

 

3. Menghadirkan Penguat Diri

perempuan dan breaking hidup tidak hancur
llustrasi./Copyright shutterstock.com/g/whyframe

Kalau terhubung kembali dengan orang-orang terdekat bisa bantu menguatkan dirimu, lakukan saja. Kalau sedang butuh waktu untuk benar-benar rehat demi mengisi kembali energi diri, luangkan waktu untuk itu. Hadirkan penguat diri dan kehidupan dengan cara ternyaman. Saat tak bisa menahan semua rasa tak nyaman sendiri, kadang kita memang perlu bantuan. Bahkan bisa juga mencari bantuan profesional seperti ke psikolog atau psikiater.

 

4. Selesaikan Hal yang Paling Mudah Lebih Dulu

perempuan bekerja keras
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

Rasa kewalahan yang hadir bisa dipicu karena merasa persoalan yang kita hadapi begitu berat. Kalau memang belum bisa menyelesaikan suatu persoalan dengan tuntas, bisa coba selesaikan atau bereskan hal yang paling mudah lebih dahulu. Setidaknya satu hal yang berhasil dibereskan bisa meringankan sedikit beban di pundak sendiri.

5. Lakukan Hal yang Bisa Bahagiakan Diri

perempuan dan bahagia jalan hidup
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Melakukan aktivitas, hobi, atau sesuatu yang bisa membuat diri bahagia dapat hadirkan ketenangan pikiran. Kadang kita perlu berjarak dulu dari masalah yang sedang kita hadapi agar bisa menemukan pendekatan baru untuk memecahkan atau mengatasinya. Tenangkan diri dengan hal yang bisa menghadirkan kenyamanan agar perasaan tertekan bisa berkurang.

Semoga apa pun masalah yang sedang dihadapi bisa menjadi batu loncatan untuk makin mendewasakan diri, ya. Terima kasih sudah melakukan yang terbaik hingga saat ini.

 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela