Sukses

Lifestyle

5 Cara Membuka Botol Tanpa Alat Pembuka Tutup Botol, Pakai Peralatan di Rumah

Fimela.com, Jakarta Botol kaca adalah botol yang paling banyak digunakan setelah botol plastik. Botol kaca dapat memiliki ukuran beragam, namun umumnya ditemukan dalam ukuran antara sekitar 200 mililiter dan 1.5 liter. Karena dapat menampung banyak air, botol kaca digunakan untuk berbagai hal seperti di tempat makan, wadah soda, berbagai macam cairan, kosmetik, pengawetan dan penyajian

Botol kaca masih sering digunakan selain karena dapat menampung volume yang banyak, bahannya yang dari kaca membuat isi di dalamnya menjadi lebih aman dibandingkan dengan menggunakan botol plastik biasa. Selain itu, botol kaca lebih ramah lingkungan karena bisa didaur ulang atau digunakan kembali.

Di industri makanan, botol kaca digunakan sebagai wadah untuk minuman-minuman, seperti minum soda atau sirup. Untuk botol kaca yang digunakan di industri makanan ini, tutup botolnya pun memiliki desain khusus agar minuman yang di dalamnya tetap terjaga kualitasnya.

Dengan tutup botol ini, sulit untuk membukanya. Bahkan harus menggunakan alat khusus seperti alat pembuka tutup botol. Namun bagaimana jika kita tidak memiliki alat tersebut? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuka botol tanpa alat pembuka tutup botol. Berikut beberapa cara membuka botol tanpa alat pembuka tutup botol:

Cara Membuka Tutup Botol Tanpa Alat Pembuka Tutup Botol

1. Menggunakan Tepi Sendok

Kamu bisa mencoba membuka tutup botol tanpa menggunakan alat pembuka tutup botol, melainkan menggunakan tepi sendok. Caranya adalah dengan memegang leher botol dengan tangan nondominan sehingga bagian atas tangan dan tutup botol terpisah sejauh 2,5 cm. Posisikan tepi logam sendok di bawah tutup botol dan sandarkan gagangnya pada tangan. Tekan gagang ke bawah untuk melepaskan tutup dari botol. Pastikan untuk menggunakan sendok yang tidak akan bengkok atau berubah bentuk ketika ditekan.

2. Menggunakan Gunting

Cara membuka botol yang lain tanpa menggunakan alat pembuka tutup botol adalah dengan menggunakan gunting. Caranya adalah dengan membuka gunting sampai separuh sehingga membentuk huruf V lalu selipkan persilangan kedua bilahnya di bawah tutup botol. Tekan gagang gunting ke bawah dan remas sedikit untuk membongkar tutup botol dan melepaskannya dari botol.

Kamu juga bisa mencoba memotong sepanjang gerigi di tutup botol sampai lepas dari botol. Pastikan gunting menunjuk menjauhimu sehingga tidak melukaimu seandainya tergelincir.

3. Menggunakan Palu

Posisikan bagian belakang palu cakar sehingga mencengkeram di bawah tutup botol. Tarik gagang palu turun menuju ke arahmu untuk mengangkat tutup botol. Setelah itu tutup botol akan bisa terlepas dengan mudah.

Berhati-hatilah jika menggunakan cara ini. Pastikan kamu tidak menggunakan terlalu banyak tenaga karena bisa memecahkan botol tanpa sengaja.

Cara Membuka Tutup Botol Tanpa Alat Pembuka Tutup Botol

4. Putar dengan Lembar Karet atau Kain

Balutkan karet atau kain di sekeliling tutup botol sampai Anda bisa mencengkeramnya dengan kuat. Putar tutup botol berlawanan dengan arah jarum jam untuk melonggarkannya dan mencoba membukanya. Perkuat daya cengkeram pada lembar karet agar bisa mempermudahmu dalam memutar tutup botol sampai lepas. Cara ini mungkin sulit dilakukan karena tutup botol tidak dirancang untuk diputar.

5. Menggunakan Meja Dapur

Posisikan pinggir tutup botol dengan tepi meja dapur, dan miringkan botol sebanyak 30 derajat. Tahan botol dengan kukuh memakai tangan nondominan dan pukul tutup botol dengan tangan dominan. Mungkin kamu perlu memukul 2-3 kali untuk bisa sepenuhnya melepaskan tutup botol.

Berhati-hatilah agar tidak memecahkan botol saat memukul. Untuk minuman berkarbonasi, cairan di dalam botol bisa mulai berbusa saat tutup botol sudah terlepas. Pastikan minuman tidak tumpah ke tempat yang sulit dibersihkan.

Itulah kelima cara membuka tutup botol tanpa menggunakan alat pembuka tutup botol. Semoga bermanfaat ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading