Sukses

Lifestyle

Simak Penyebab HP Sering Lag dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu mengalami HP tiba-tiba ngelag? HP yang ngelag atau lagging secara tiba-tiba memang bikin kesal dan panik. 

Lag sendiri artinya adalah ketertinggalan gerakan, kemajuan atau perkembangan. Dalam hal ini yang sering dimaksudkan lag adalah program komputer atau hp yang mengalami macet saat dijalankan.

Ternyata ada beberapa hal yang membuat HP jadi sering ngelag. Simak beberapa penyebab HP ngelag yang bisa kamu hindari:

Penyebab HP Ngelag

1. Memori penuh

Tidak dapat dipungkiri memori merupakan komponen penting sebuah HP. Nah jika memori HP penuh maka dapat dipastikan kinerja HP menjadi sedikit lemot dan terhambat.

Apalagi kalau memori internal HP kamu kapasitasnya kecil dan hobi instal aplikasi dengan ukuran besar atau game-game berat maka HP akan ngelag jika terus-terusan digunakan.

2. Sampah dan Cache yang Menumpuk 

Penyebab HP ngelag adalah banyaknya cache dan sampah yang menggumpal di sistem. Biasanya ini terjadi pada pengguna android yang sangat jarang memperhatikan cache atau sampah dari aplikasi yang digunakan.

Cache sendiri adalah sekumpulan data yang terkumpul dalam sistem android. Cache yang tidak dihapus bisa memperberat kinerja HP dan membuat HP ngelag.

3. Banyaknya Aplikasi yang Berjalan di Balik Layar

Apakah kamu tipe pengguna android yang gemar menggunakan banyak aplikasi dalam satu waktu bersamaan? Kalau iya mungkin itu yang menyebabkan HP kamu ngelag.

Setiap aplikasi yang kita gunakan dan tidak ditutup secara sempurna biasanya masih running atau berjalan di balik layar. Akibatnya aplikasi tersebut akan memakan resource dan menyebabkan kinerja HP sedikit lemot.

4. Kapasitas RAM yang Tidak Memadai

Selain memori internal atau eksternal, komponen penting lain yang perlu diperhatikan adalah aspek RAM. Setiap smarpthone memiliki kapasitas RAM yang tidak sama, biasanya yang terkecil adalah 2 GB, meskipun sekarang banyak sekali bermuncul HP dengan kapasitas RAM lebih dari 8GB.

HP dengan RAM yang kurang memadai ternyata bisa jadi penyebab HP ngelag. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui besar kapasitas RAM yang kamu miliki.

5. Terkena Serangan Virus

Tentu yang dimaksud virus disini adalah melainkan virus yang biasa menyerang smartphone. Virus atau malware dapat dengan mudah menyerang keamanan sebuah smartphone. Hal ini disebabkan dari mengunduh aplikasi yang sumbernya tidak jelas.

Oleh karena itu sebelum unduh aplikasi atau apapun itu, pastikan sumbernya jelas dan aman agar tidak menimbulkan ancaman di HP kamu.

Cara Mengatasi HP Ngelag

1. Hapus Aplikasi Tidak Penting

Jika penyebab HP ngelag adalah memori internal penuh, maka solusinya adalah dengan menghapus aplikasi yang sudah kamu instal di HP, hapus aplikasi yang tidak penting. 

Atau jika memungkinkan silahkan beli memori eksternal atau kartu SD untuk memperluas kapasitas penyimpanan memori HP. Lalu pindahkan semua data atau aplikasi dari memori internal ke kartu SD, tentunya kapasitas kartu SD harus besar, minimal 32 GB.

Kalau memiliki HP dengan spesifikasi dan kapasitas penyimpanan rendah maka bijaklah dalam menginstal aplikasi, tidak perlu instal aplikasi dengan ukuran besar, jika terpaksa harus instal banyak aplikasi gunakan memori eksternal.

2. Bersihkan Sampah 

Salah satu penyebab HP ngelag adalah menumpuknya sampah atau cache di HP. Solusinya adalah dengan rajin mengecek cache HP dan membersihkannya. Untuk pengguna android biasanya sistem akan menampilkan notifikasi otomatis yang memberitahukan bahwa perlu ada pembersihan cache HP. Kamu juga bisa membersihkan cache dengan bantuan aplikasi.

3. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang dibuka bersamaan juga bisa jadi penyebab HP ngelag. Solusinya adalah setiap kali selesai menggunakan aplikasi maka tutup aplikasi tersebut dengan sempurna, masing-masing aplikasi berbeda-beda, jangan biarkan aplikasi kamu diam-diam berjalan tanpa sepengetahuanmu.

Di beberapa HP bisa menampilkan notifikasi otomatis jika ada aplikasi yang berjalan di balik layar sehinga kamu dapat dengan mudah mengetahui dan dapat mematikan segera aplikasi tersebut.

4. Upgrade RAM

Kapasitas RAM yang kurang memadai juga bisa menjadi penyebab HP ngelag. Solusinya adalah bagi beberapa HP kapasitas RAM nya bisa diupgrade, misal dari 2 GB menjadi 4 atau 8 GB. Silahkan kamu bertanya pada service center apakah kapasitas RAM HP bisa ditingkatkan atau tidak.

5. Scan dan Bersihkan Virus

Namun bagi yang sudah terlanjur ngelag HP nya karena serangan virus, langkah yang harus kamu lakukan adalah scan virus atau malware bisa menggunakan aplikasi yang ada di google playstore.

Salah satu aplikasi pembersih virus android yang dapat kalian gunakan adalah aplikasi AVG Antivirus & Security Tentu masih banyak lagi aplikasi lainnya yang berfungsi membersihkan device dari malware.

Itu dia 5 penyebab HP ngelag serta cara mengatasinya. Cobalah untuk rajin membersihkan hpmu dari sampah dan cache agar memberikan ruang yang lebih luas serta membuat HP tidak mudah ngelag. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading