5 Cara Tetap Bahagia meski Hidup Belum Sesuai Impian

Endah Wijayanti25 Sep 2022, 10:15 WIB
Diperbarui 25 Sep 2022, 10:15 WIB
childhood dan rumah pohon

Fimela.com, Jakarta Dulu kita pernah merangkai banyak impian dan harapan. Rasanya ada begitu banyak ambisi yang dipenuhi. Sampai kemudian, waktu terus berjalan dan ternyata hidup yang kita jalani saat ini belum sesuai impian yang dulu pernah dirangkai.

Meski kenyataan yang ada saat ini masih belum sesuai impian, kita masih bisa menemukan kebahagiaan dengan cara-cara yang sebenarnya sederhana. Berikut ini lima cara yang yang bisa dicoba untuk merengkuh dan tetap menggenggam kebahagiaan untuk hidupmu saat ini.

 

 

1. Rutin Membersihkan Tempat Tinggal

childhood dan majalah
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/KiattisakLamchan

Tetap rutin merawat kondisi hunian atau tempat yang kita tinggali bisa membaut semangat hidup tetap terjaga. Ada kutipan menarik dari buku Things Left Behind tentang tekad hidup dan melakukan pekerjaan harian untuk merawat rumah. "Membuang sampah, mencuci piring setelah makan, membersihkan debu di perabotan, dan mengepel lantai adalah hal sepele. Tetap hal sepele inilah yang membuat kehidupan sehari-hari berjalan. Ketika semangat hidup hilang, mula-mula kita akan melepaskan hal-hal sepele seperti ini." Dengan kata lain, saat kita masih bisa mempertahankan rutinitas "sepele", semangat hidup bisa tetap kita miliki.

2. Syukuri Semua yang Sudah Ada Saat Ini

childhood dan masa panen
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/chanchai+duangdoosan

Walau ada impian yang belum terwujud, masih bisa berada di masa kini dan menjalani hari ini adalah sesuatu yang perlu disyukuri sendiri. Daripada terus menerus terpuruk dalam rasa sesal dan sedih, mending alihkan waktu dan energi kita untuk lebih banyak bersyukur lagi. Hati yang sering bersyukur bisa merasa lebih bahagia.

 

 

3. Buat Penyesuaian Rencana Hidup

childhood dan desa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Danai+J

Ada impian yang tak terwujud bukan berarti hidupmu akan gagal selamanya. Makin bertambah usia, makin banyak hal yang perlu kita sesuaikan kembali. Rencana, impian, dan prioritas bisa kita sesuaikan sesuai kebutuhan saat ini. Tak pernah ada kata terlambat untuk membuat perubahan atau memperjuangkan hal baru selama kita masih mau mencoba dan terbuka.

4. Apresiasi Semua Usaha yang Sudah Dilakukan

childhood dan tanpa listrik
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/jaboo2foto

Mungkin kita pernah berada pada momen saat tinggal selangkah lagi untuk mencapai impian, tapi tanpa diduga ternyata di situ kita mengalami sebuah kegagalan. Walau rasanya pahit dan getir, itu semua tetap perlu kita terima apa adanya. Cukup apresiasi semua usaha yang sudah kita lakukan. Berterima kasih pada diri sendiri yang sudah berusaha dengan baik akan menghadirkan kelegaaan tersendiri di dalam hati.

5. Nyalakan Harapan Baru dalam Hidup

childhood dan jayapura
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/VitalyRomanovich

Selama masih ada harapan, maka selalu ada kesempatan untuk meraih kebahagiaan. Sekecil atau sesederhana apa pun harapan baru, itu sudah bisa menyalakan lagi jalan hidupmu. Walau saat ini ada impian yang belum terwujud, tak perlu tenggelam dalam rasa kecewa berlebihan. Bersedih boleh secukupnya hingga hati lega. Setelah itu, kembali melangkah ke depan.

Selalu ada kesempatan dan peluang untuk bisa menemukan kebahagiaan baru dalam hidup. Semoga ke depannya kita bisa merangkai impian-impian baru untuk hidup yang lebih bersinar lagi, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela