5 Ciri Perempuan yang Sebenarnya Tangguh di Balik Sikap Tenangnya

Endah Wijayanti23 Sep 2022, 08:15 WIB
Diperbarui 23 Sep 2022, 08:15 WIB
mencintai diri sendiri bahagia santai kalem

Fimela.com, Jakarta Di balik sikapmu yang dikenal tenang, bisa jadi jiwa yang luar biasa tangguh. Kamu tak terbiasa menebar cerita soal semua masalah dan problema hidupmu pada orang lain. Sehingga kamu bisa lebih fokus untuk menginvestasikan waktu dan energi untuk tumbuh jadi pribadi yang lebih kuat dan tegar dari waktu ke waktu.

Saatnya untuk lebih bersemangat jalani hidup. Sebab di balik sikapmu yang tenang, ada jiwa yang luar bisa tegar dan tangguh. Tanda-tandanya bisa dilihat dari lima hal berikut ini.

 

 

1. Nyaman dengan Penampilan Sendiri

baik dewasa tersenyum bahagia
ilustrasi perempuan cantik/Krystyna89/Shutterstock

Saat kamu merasa nyaman dengan penampilanmu sendiri, maka kamu akan punya rasa percaya diri yang tinggi. Kepercayaan diri yang tinggi ini juga bisa membuat jiwamu jadi lebih kuat sebab tidak lagi dihantui rasa cemas berlebihan dalam menjalani keseharian. Nyaman dengan penampilan sendiri juga bisa menjadi pertanda bahwa kamu tidak gampang merasa iri atau cemburu dengan kehidupan orang lain. Sebab kamu menyadari bahwa hidupmu apa adanya ini layak diperjuangkan sebaik-baiknya.

 

 

 

 

2. Punya Cara Berpikir yang Lebih Terbuka

bahagia mencintai diri sendiri
ilustrasi perempuan mandiri dewasa/mentatdgt/Shutterstock

Saat menghadapi sebuah situasi, alih-alih memaksakan kehendak pribadi dalam mengatasinya, kamu berupaya mencari berbagai macam kemungkinan jalan keluar atau solusi terbaik yang paling pas untuk menyelesaikan persoalan itu. Kamu bisa menjaga dirimu tetap tenang saat menghadapi sebuah persoalan sebab kamu bisa membuka diri terhadap berbagai kemungkinan. Sehingga kamu tidak gampang stres ketika menghadapi sebuah persoalan sebab kamu yakin akan selalu ada jalan keluar terbaik untuk itu selama mau mengusahakan atau mengupayakannya.

3. Bisa Berteman dengan Emosi yang Dirasakan

santai jatuh cinta bahagia
ilustrasi perempuan tersenyum/Blue Titan/Shutterstock

Saat kamu sudah bisa berteman dengan emosi yang kamu rasakan, maka akan selalu ada kekuatan yang membantumu bertahan melewati masa sulit. Mengutip buku The Things You Can See Only when You Slow Down, janganlah melawan emosi negatif kita. Amati dan bertemanlah dengan emosi negatif yang ada agar hidup bisa terasa lebih nyaman untuk dijalani.

 

 

 

 

4. Tidak Selalu Menuntut Segalanya Serba Sempurna

perempuan dan breaking makin bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Prasit+Rodphan

Ketidaksempurnaan akan mewarnai hidup kita. Ketika kamu bisa berdamai dengan ketidaksempurnaan, maka dirimu punya hati yang lebih tangguh dan kuat lagi. Sebab saat kamu sudah bisa menerima ketidaksempurnaan, kamu akan senantiasa tergerak untuk melakukan segalanya dengan usaha sebaik-baiknya tanpa merasa stres berlebihan.

5. Bisa Menerima Dinamika Hidup dengan Lapang Dada

bahagia tertawa santai
ilustrasi perempuan cantik eksotis/Twinsterphoto/Shutterstock

Ketika kamu bisa menerima hidup dengan semua dinamika dan perubahan yang kadang di luar dugaan, maka hatimu akan lebih kuat dan tegar lagi. Mengutip buku Meditations, "Seninya hidup lebih menyerupai seninya bergulat ketimbang seninya menari, karena kita harus tetap tegak berdiri untuk menghadapi apa pun yang terjadi dan tidak terlempar karena sesuatu yang bersifat tiba-tiba dan tak diperkirakan." Dengan memahami seni hidup ini, kita pun tak akan lagi gampang merasa putus asa atau ingin menyerah dalam menjalani hidup.

Terima kasih sudah berjuang dan bertahan hingga sampai melangkah ke titik ini. Semoga ke depannya, dirimu bisa lebih kuat dan dewasa lagi menjalani segalanya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓