5 Tanda Dirimu Sudah Menjadi Perempuan yang Lebih Dewasa

Endah Wijayanti23 Sep 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 23 Sep 2022, 15:00 WIB
cinta indonesia dan bandung

Fimela.com, Jakarta Dari waktu ke waktu, kita mengalami sejumlah perubahan dalam hidup. Berbagai pengalaman hidup pun bisa menempa mental kita jadi lebih kuat lagi. Diri kita yang saat ini pun bisa jadi sudah lebih dewasa dari diri kita yang sebelumnya.

Saatnya untuk lebih mengapresiasi diri sendiri agar bisa lebih kuat berjuang melangkah ke depan. Berikut ini lima hal yang bisa menjadi pertanda bahwa dirimu saat ini sudah lebih dewasa dari sebelumnya. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Bisa Berdamai dengan Masa Lalu

perempuan dan beruntung
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Chakkrit

“We do not grow absolutely, chronologically. We grow sometimes in one dimension, and not in another; unevenly. We grow partially. We are relative. We are mature in one realm, childish in another. The past, present, and future mingle and pull us backward, forward, or fix us in the present. We are made up of layers, cells, constellations.”― Anais Nin

Saat kamu sudah bisa menerima hidupmu dengan lebih terbuka, kamu sudah lebih dewasa dari sebelumnya. Ketika kamu sudah bisa berdamai dengan masa lalumu, ada jiwa yang juga lebih dewasa di dalam dirimu. Bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari kejadian di masa lalu bisa membentuk pribadi kita jadi lebih bijak lagi.

 

 

2. Sudah Lebih Bertanggung Jawab dengan Pilihan Hidup

insecure dan kuat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Chakkrit

“The greatest day in your life and mine is when we take total responsibility for our attitudes. That's the day we truly grow up.”― John C. Maxwell

Dulu kita mungkin masih egois dalam mengambil pilihan hidup. Seakan-akan kita menjadi pusat semesta dan segalanya. Hingga kemudian kita mengalami banyak kejadian dan pengalaman yang membantu kita untuk lebih bertanggung jawab dalam hidup. Menyadari bahwa pilihan hidup kita bisa berdampak juga pada kehidupan orang lain, kita memutuskan untuk bisa lebih bertanggung jawab dalam hidup agar tidak merepotkan orang lain, dan ini menjadi pertanda diri kita sudah lebih dewasa.

 

 

 

 

3. Bisa Lebih Fleksibel Menerima Perubahan

aku uang dan bijak pakai uang
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Chakkrit

“Maturity is when your world opens up and you realize that you are not the center of it.”― M.J. Croan

Saat kamu sudah menyadari bahwa dirimu bukanlah pusat semesta, jiwamu sudah lebih dewasa dari sebelumnya. Apalagi ketika kamu sudah lebih fleksibel dalam menerima perubahan hidup, kamu pun jadi lebih mudah menemukan kebahagiaanmu sendiri. Memiliki kemampuan adaptif dalam menghadapi perubahan dan dinamika hidup menjadi salah satu kualitas hidup terbaikmu saat ini.

4. Menerima Diri Sendiri dengan Lebih Wawas Diri

perempuan dan kalem bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Chakkrit

“Learning to trust is one of life's most difficult tasks.”― Isaac Watts

Saat kamu sudah bisa menerima diri apa adanya, ada kedewasaan yang tumbuh di dalam jiwamu. Menyadari diri ini punya kelebihan dan kekurangan diri membuatmu bisa lebih mudah memposisikan diri di berbagai situasi. Apalagi kalau kamu sudah lebih wawas diri (mindful) saat menerima kelebihan dan kekurangan diri, maka ada hati yang lebih lapang untuk bisa terus tumbuh dan berkembang jadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya.

 

 

5. Sudah Tidak Banyak Mengeluh Lagi

perempuan dan tidak menjadi beban
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Chakkrit

“Maturity is when you stop complaining and making excuses in your life; you realize everything that happens in life is a result of the previous choice you’ve made and start making new choices to change your life.”― Roy T. Bennett

Memang ada hal tak menyenangkan yang terjadi dalam hidup. Ada kenyataan yang jauh dari harapan. Namun, ketika kamu menanggapinya dengan lebih ikhlas dan tak banyak mengeluh, maka pribadimu sudah lebih bijak dan dewasa lagi. Dirimu yang kini tidak banyak mengeluh juga bisa lebih mudah menemukan kebahagiaan dengan cara-cara sederhana yang bisa diusahakan.

Itu tadi lima tanda versi Fimela yang menunjukkan bahwa dirimu sudah lebih dewasa dari sebelumnya. Semoga ke depannya kita bisa menjalani hidup dengan lebih bermakna lagi, ya.

 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela