5 Cara agar Dirimu Mudah Disukai Orang Lain dan Disambut Hangat

Endah Wijayanti24 Sep 2022, 10:45 WIB
Diperbarui 24 Sep 2022, 10:45 WIB
cinta pertama dan cepat move on

Fimela.com, Jakarta Kemampuan sosial tiap orang berbeda-beda. Ada yang mudah mencairkan suasana, ada yang canggung tiap kali berada di tempat baru. Saat bertemu orang baru, ada yang bisa langsung akrab tapi ada juga yang butuh waktu lebih lama untuk penyesuaian.

Terlepas dari kemampuan sosial kita, pada dasarnya kita ingin keberadaan kita bisa diterima dengan baik oleh orang lain. Kita ingin keberadaan kita disambut hangat dan disukai banyak orang. Berikut ini ada lima strategi sederhana, seperti yang dilansir dari laman Psychology Today, agar diri kita bisa lebih mudah disukai oleh orang lain. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Menjadi Pendengar yang Lebih Baik

seribu cinta dan bayang cinta pertama
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/LightField+Studios

Menjadi pendengar yang baik, bagaimana caranya? Bisa dimulai dengan memberi perhatian penuh pada orang yang sedang berbicara atau mengajakmu bicara. Memberi respons secukupnya tanpa harus selalu buru-buru menyela pembicaraan atau menceritakan tentang diri sendiri terlalu banyak.

2. Bersikap Suportif

cinta bertepuk sebelah tangan perempuan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/wilaiporn+Hancharoenkul

Kalau ada yang menceritakan kesuksesan atau pencapaian barunya, kamu bisa memberinya ucapan selamat. Kalau ada yang berbagi pengalamannya, kamu bisa ikut mengungkapkan rasa bahagia atau semangat. Bukan berarti harus menampakkan sikap yang berlebihan atau malah mengada-ada, tapi cobalah untuk menunjukan ketertarikan atau antusiasme yang sama dengan orang yang kamu ajak bicara.

3. Tanyakan Kabar Terbaru

cinta ibu dan gaji pertama
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Avirut+Somsarn

Misalnya, kamu ingat si A pernah cerita sedang membuat karya terbaru. Di sini, kamu bisa menanyakan perkembangan karyanya tersebut. Si A akan merasa lebih diperhatikan ketika kamu mengingat hal yang pernah ia ceritakan kepadamu dan kamu menanyakan perkembangannya. Menanyakan kabar terbaru atau perkembangan dari hal atau berita yang pernah disampaikan orang lain padamu akan membuatmu bisa lebih mudah disukai.

4. Temukan Kesamaan

cinta pertama dan tatapan mata
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Dragon+Images

Kita bisa mudah tersambung atau berhubungan dengan orang yang punya kesamaan minat atau opini. Saat kamu bertemu orang baru, kamu bisa coba cara kesamaan minat, hobi, selera musik, makanan favorit, atau film dan lainnya. Saat sudah ada kesamaan, maka kamu bisa membuat obrolan jadi terasa lebih lancar dan nyaman.

5. Optimalkan Bahasa Tubuh

mencintai hidupmu
Lebih percaya diri./Copyright shutterstock.com/g/Chakkrit

Kalau kamu merasa kurang pandai berbicara, kamu bisa coba menggunakan bahasa tubuh yang lebih terbuka. Tersenyum, berdiri tegak, duduk dengan lengan terbuka, menjaga kontak mata saat bicara, jabatan tangan yang erat, dan mengangguk saat lawan bicara sedang menjelaskan sesuatu, itu semua bisa dimaksimalkan untuk membuat keberadaanmu membuat orang lain merasa nyaman.

Lima cara di atas bisa menjadi strategi sederhana yang bisa dicoba untuk membangun kesan yang lebih baik dan membuat keberadaanmu mudah disukai banyak orang. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela