5 Cara Merasakan Bahagia tanpa Harus Bersandar pada Orang Lain

Endah Wijayanti24 Sep 2022, 18:45 WIB
Diperbarui 24 Sep 2022, 18:45 WIB
cinta pertama dan 30an

Fimela.com, Jakarta Tak harus menunggu ada bahu untuk bersandar agar bisa bahagia. Tak harus selalu menanti validasi atau pengakuan dari orang lain untuk bisa bahagia. Kita bisa menghadirkan dan merasakan kebahagiaan dengan cara-cara yang sebenarnya sederhana.

Mungkin sebagian cara ini sudah pernah kamu dengar. Namun, kali ini cobalah untuk mempraktikkan dengan lebih wawas diri (mindful). Dengan begitu, kita bsia lebih mudah menemukan dan mendapatkan kebahagiaan yang kita inginkan. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Menyayangi Diri Sendiri Lebih Dalam Lagi

surat ayah dan cinta pertamanya
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/mariabamboo

Saat sudah menyayangi diri dan menerima kelebihan serta kekurangan diri, kita akan memancarkan aura rasa percaya diri yang tinggi. Kepercayaan diri yang tinggi juga bisa sebanding dengan kebahagiaan yang dapat dirasakan oleh diri. Kalau ingin lebih bahagia, bisa dicoba dengan lebih menyayangi diri lagi.

 

2. Mengoptimalkan Potensi Diri

cinta pertama dan cepat move on
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/mentatdgt

Kita punya perjuangan dan perjalanan sendiri. Hal itu perlu kita sadari dan ingat kembali bila ingin bahagia. Saat kita lebih fokus pada meningkatkan potensi dan kemampuan diri, rasa bahagia bisa meningkat dengan sendirinya. Kepuasan batin yang hadir dari upaya mengoptimalkan potensi diri bisa memicu hadirnya sejumlah kebahagian baru.

3. Luangkan Waktu Melakukan Hal yang Disuka

cinta ibu dan gaji pertama
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Avirut+Somsarn

Mencoba hal baru tak usah menunggu disemangati atau ditemani orang lain. Kita bisa meluangkan waktu untuk melakukan hal yang kita inginkan dan sukai. Saat bisa melakukan sesuatu yang baru atau hal yang disuka, itu bisa membuat hidup lebih berwarna dan bahagia lagi. Setiap hal dan pengalaman baru yang kamu dapatkan bisa memperkaya jiwa dan hadirkan kebahagiaan yang lebih berwarna.

4. Ciptakan Kesibukan yang Menyenangkan

perempuan dan cinta pertama
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

Mengutip buku How to Respect Myself, orang-orang dengan harga diri rendah acapkali hanya membciarakan tentang orang lain. Saat kita sibuk pada apa yang dipikirkan orang lain, rasa cinta terhadap diri sendiri yang seharusnya dipedulikan akan menurun. Daripada menghabiskan banyak waktu mendengar omongan orang lain yang belum tentu bisa memperbaiki hidup kita, mending kita raih dan ciptakan kesibukan kita sendiri yang lebih produktif. Saat kita merasa hidup kita bermakna dan terpenuhi, hati akan terasa lebih bahagia.

 

 

5. Fokus Jalani Masa Kini

seribu cinta dan cinta pertama
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Twinsterphoto

Masa lalu hadir untuk memberi hikmah dan pelajaran. Masa depan dinanti untuk memberi semangat hari ini. Sementara itu, hari ini dan di sini adalah momen yang perlu dijalani dengan sepenuh hati. Melansir laman Inc, dengan memfokuskan kesadaran diri pada masa kini, dengan tenang menyadari dan menerima perasaan serta pikiran kita, kita bisa mendapatkan kebebasan dan membebaskan diri dari rasa gelisah. Saat bisa lebih fokus jalani masa kini, hati pun bisa lebih bahagia lagi.

Jadi, sudah siap menyambut hidup yang lebih bahagia? Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela