Sukses

Lifestyle

8 Cara Membuat Lilin Homemade yang Dapat Kamu Coba

Fimela.com, Jakarta Tentu akan ada banyak jenis lilin yang berbeda dan sering ditemukan, jika melihat lilin yang beredar di berbagai toko tentu kita akan menemukan lilin jenis biasa untuk keadaan darurat atau mati listrik.

Jika kamu salah satu orang yang sering melakukan berbagai macam DIY di rumah, tentu akan menemukan beberapa dekorasi rumahan yang dapat dibuat sendiri. Ternyata membuat lilin sendiri tidaklah susah lho karena kamu dapat membuatnya di rumah.

Lilin homemade atau lilin rumahan tentu sangat mudah dibuat sendiri, pernah mencobanya? Yuk intip bagaimana cara membuat lilin homemade yang dapat kamu coba di rumah:

3 Variasi Lilin Homemade

Bahan-bahan :

  • Lilih.
  • Minyak esensial.
  • Sumbu.
  • Wadah.
  • Mangkuk atau gelas kecil.
  • Aroma atau warna.

Variasi Lilin

  • Lilin Warna-warni : Tambahkan krayon cincang ke dalam lilin dan lelehkan saat membuat lilin, pilihlan warna yang cantik untuk membuat lilin.
  • Lilin Bunga : Tambahkan kelopak bunga kering seusai yang diinginkan dan menuangkannya ke dalam wadah saat lilin di masukkan.

1 Ukur Lilin

Sebelum kamu memulai untuk proses pembuatan lilin, pastikan untuk memiliki wadah dengan permukaan yang bersih atau rata saat dikerjakan. Ukur berapa lilin untuk mengisi dalam wadah dan lihatlah berapa banyak lilin yang dibutuhkan untuk meleleh.

2. Lelehkan Lilin

Kemudian tuangkan lilin wadah yang tahan panas dan lelehkan selama 10 hingga 15 menit, dengan mengaduknya.

3. Tambahkan Minyak Wangi

Saat lilin mulai meleleh lalu tambahkan minyak wangi, tambahkan dikit demi sedikit agar memiliki aroma yang cukup kuat. Cukup tuangkan ke dalam lilin cair dan aduk selama beberapa menit.

4. Memasang Sumbu

Sumbu harus dipasang pada bagian wadah sebelum menuangkan lilin, selain itu kamu juga perlu menempelkan sumbu dengan cara mencelupkan ke dalam lelehan lilin. Diamkan selama lima menit hingga mengeras.

5. Menuangkan Lilin

Sebelum menuangkan lilin di wadah, biarkan dingin terlebih dahulu beberapa menit. Kemudian jika sudah mulai mendingin perlahan menuangkan lilin ke dalam wadah.

6. Memastikan Sumbu

Untuk mencegah sumbu bergoyang saat lilin meleleh, maka diperlukan untuk mengencangkan tempatnya. Letakkan pada dua sumpit di bagian atas wadah, jepit agar sumbu terus berada di tengah dan lilin mengeras.

7. Menambahkan Lebih Banyak Lilin

Jika lilih yang kamu buat mengeras pada bagian atas maka cukup panaskan kembali dan tambahkan sisa lilin.

8. Memotong Sumbu

Sumbu lilin tentu harus kurang dari setengah inci panjangnya, maka saat dinyalakan lilin yang berkedip atau memiliki nyala api yang tinggi dan rapikan sumbunya.

Itulah cara membuat lilin yang mudah dan dapat kamu coba di rumah, dengan mengkreasikan berbagai macam lilin di rumah tentu dapat memiliki tampilan dekorasi yang cantik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading