5 Penyebab Hp Mati Total yang Kerap Terjadi dan Cara Mengatasinya

Vania Al kautsar02 Okt 2022, 09:01 WIB
Diperbarui 02 Okt 2022, 09:01 WIB
hp - vania

Fimela.com, Jakarta Tentu akan menjadi pengalaman buruk dan menyebalkan jika mengalami masalah pada handphone yang digunakan. Handphone sendiri merupakan salah satu alat elektronik yang kerap kali digunakan, untuk mengabari atau mencari sesuatu.

Adanya handphone etentu dapat mempermudah segala aktivitas yang dilakukan dari jarak jauh, tentu fitur canggih yang ditawarkan dari setiap hp menjadi salah satu prioritas utama saat membelinya.

Pernahkah kamu mengalami masalah pada hp? Seperti hp mati total dan tidak dapat digunakan? Adanya layar hitam tanpa adanya tanda-tanda kehidupan pada hp tentu menjadi masalah. Berikut beberapa penyebab hp mati total yang kerap terjadi:

1. Adanya Bug

Hp - Vania
Ilustrasi Hp/https://unsplash.com/Lacie Slezak

Salah satu penyebab utama dari hp mati total adalah adanya bug pada bagian firmware, masalah bug memang kerap sekali terjadi dan membuat hp menjadi mati. Tak hanya itu masalah satu ini terkadang akan membuat perangkat menjadi sangat lambat dan menguras banyak baterai.

2. Memori Tidak Cukup

Hp - Vania
Ilustrasi Hp/https://www.shutterstock.com/A_B_C 

Kemudian jika memori tidak cukup tentu hp akan mati sendiri, memori yang tidak cukup tentu ditandai dengan adanya beban begitu banyak yang tidak dapat menampungnya. Hal ini yang memugkinkan memori hp sulit untuk menjalankan operasi dengan baik.

3. Tombol Power yang Rusak

Hp - Vania
Ilustrasi Hp/https://unsplash.com/Jenny Ueberberg

Tombol power merupakan salah satu bagian yang penting karena dapat menghidupkan dan mematikan hp. Jika tombol power tidak stabil tentu akan membuat beberapa masalah saat digunakan.

4. Baterai yang Rusak

Hp - Vania
Ilustrasi Hp/https://unsplash.com/Daria Mamont

Pernah mengecek bagian dalam pada hp yang digunakan? Baterai pada hp sendiri tentu dapat mengalami kerusakan. Hal ini terutama dapat terjadi jika kamu sering menggunakan hp yang sedang di cas untuk bermain game atau melakukan streaming sehingg akan panas. Jika baterai hp rusak tentu akan menyebabkan beberapa masalah.

5. Hp Overheat

hp - vania
ilustrasi hp/https://unsplash.com/Mia Baker

Oeverheat atau keadaan panas pada hp dapat terjadi kapanpun, terutama saat menggunakan hp dengan bermain atau streaming terus menerus. Selain itu hal ini tentu dapat mengalami kerusakan pada baterai, jika hp sudah terasa panas saat digunakan ada baiknya untuk berhenti.

Cara Mengatasinya

Hp - Vania
Ilustrasi Hp/https://unsplash.com/Paul Hanaoka

Meskipun hp yang mati total susah untuk dijalankan dan digunakan, berikut beberapa cara mengatasinya yang dapat kamu lakukan:

  • Isi daya hp selama 15-20 menit.
  • Coba menggunakan kabel atau pengisi daya yang berbeda.
  • Periksa apakah baterai dapat menerima daya.
  • Menekan lama tombol daya.
  • Mengeluarkan baterai dan mengeceknya.
  • Restart hp.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengetasi serta penyebab hp mati total yang dapat terjadi kapan saja.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela