5 Cara Lebih Bahagia dengan Pekerjaan yang Dimiliki

Endah Wijayanti26 Sep 2022, 13:15 WIB
Diperbarui 26 Sep 2022, 13:15 WIB
perempuan dan pikiran saat bekerja

Fimela.com, Jakarta Sering kita mendengar nasihat atau anjuran untuk memilih pekerjaan yang kita sukai. Bisa menekuni pekerjaan yang disukai memang jadi sebuah impian yang indah. Hanya saja rutinitas bekerja tak selalu terasa menyenangkan yang pernah kita bayangkan.

Menekuni pekerjaan yang disukai pun kadang masih membuat kita merasa jenuh. Stres dan tertekan pun menjadi bagian dari rutinitas bekerja. Meskipun begitu, masih ada sejumlah cara dan strategi sederhana yang bisa dicoba agar kita bisa lebih bahagia dengan pekerjaan yang kita miliki.

 

 

1. Lebih Fleksibel dalam Mengatur Ekspektasi

perempuan percaya diri dan bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/lookstudio

Pekerjaan yang tadinya kita duga penuh hal menyenangkan bisa menghadirkan realitas yang jauh dari bayangan. Untuk menghadapinya, kita bisa coba lebih fleksibel dalam menata ekspektasi kita. Mengutip buku Love for Imperfect Things, "Kita salah jika mengira pekerjaan impian kita akan selalu menyenangkan dan menarik. Setiap pekerjaan memiliki bagian yang membosankan. Ingatlah bahwa akan selalu ada ujian yang harus dilewati sebelum sesuatu membuahkan hasil." Jadi, kita bisa bersikap lebih fleksibel dalam mengondisikan harapan dan menyesuaikan diri dengan kenyataan agar tidak gampang merasa bosan atau tertekan.

 

 

2. Fokus dengan Standar Kesuksesan Sendiri

perempuan dan usia 20an
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/lookstudio

Penghasilan, rutinitas, hingga soal status bisa diperkarakan ketika membahas soal pekerjaan. Apa pun pekerjaan yang kita pilih, pandangan orang lain bisa sangat beragam bahkan bisa menyudutkan kita. Ini bisa membuat kita stres sendiri, tetapi ketika kita sudah memiliki target atau tujuan untuk dicapai sendiri kita bisa lebih fokus melakukan hal-hal yang lebih produktif. Saat bisa fokus dengan standar kesuksesan sendiri, kita bisa lebih mudah menemukan kepuasan batin dalam pekerjaan yang kita tekuni.

 

 

3. Izinkan Diri Mendapat Waktu Rehat yang Cukup

perempuan bahagia dan soal pernikahan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/lookstudio

Agar hati yang bahagia bisa tetap kita dapatkan dari kesibukan dan rutinitas bekerja, kita bisa meluangkan waktu untuk istirahat juga. Luangkan waktu untuk mendapat waktu rehat yang cukup agar kondisi tubuh bisa tetap bugar sehingga saat bekerja bisa lebih bersemangat lagi. Beristirahat sama pentingnya dengan bekerja.

 

 

4. Teguhkan Diri untuk Melakukan Semua yang Terbaik

perempuan dan bekerja produktif
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Walau tak semua hal bisa kita lakukan dengan sempurna, tapi kita bisa fokus melakukan semua yang terbaik sesuai dengan kemampuan kita. Mengutip buku Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah, terkait keyakinan pada pekerjaan, kita harus yakin pada apa yang kita lakukan. Saat kita sudah memilih untuk melakukan sesuatu, seperti memilih pekerjaan atau mengambil pekerjaan yang ditawarkan, maka lakukan dengan penuh keyakinan kita bisa mengerjakannya dengan baik.

 

 

5. Apresiasi atau Hadiahi Diri Sendiri

perempuan dan bahagia jalan hidup
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Agar kita tidak kewalahan dalam menjalani kesibukan bekerja, kita bisa meluangkan sedikit waktu untuk mengapresiasi diri sendiri. Menghadiahi diri sendiri juga bisa kita lakukan. Penghasilan atau pemasukan yang kita peroleh mungkin belum seberapa, tapi saat bisa menikmati hasilnya dari hasil jerih payah sendiri maka ada kepuasan batin yang bisa didapatkan.

Semoga kebahagiaan bisa senantiasa menyertaimu di tengah kesibukanmu bekerja, ya. Terima kasih sudah melakukan yang terbaik hingga saat ini.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela