Sukses

Lifestyle

5 Cara Mendinginkan Tubuh saat Cuaca Panas Tanpa AC

Fimela.com, Jakarta Akhir-akhir ini cuaca terasa begitu panas. Keringat bercucuran hingga dahaga yang selalu melanda membuat tubuh tidak nyaman. Cara paling efektif untuk mendinginkan tubuh saat kepanasan mungkin adalah berada di ruangan dengan AC. Namun bila tidak memiliki AC, mungkin sedikit sulit mendinginkan tubuh dengan instan.

Makanan, minuman, hingga pakaian dapat mempengaruhi suhu dalam tubuh. Memakai pakaian berbahan menyerap keringat dan longgar mungkin bisa jadi solusi. Namun ada hal lain yang dapat membantu menghindari dan menurunkan panas tubuh. Melansir dari Health Line, berikut beberapa cara yang dapat dicoba.

1. Berendam atau Cuci Kaki

Menempatkan kaki di air dingin memungkinkan untuk membuat tubuh rileks dan sejuk. Cara ini bisa dilakukan dengan menyiapkan air dingin dalam ember dan rendam kaki selama kurang lebih 20 menit. Bila ingin sensasi lebih dingin, bisa ditambahkan es batu.

2. Air Kelapa

Minum air kelapa adalah salah satu cara untuk menyegarkan dan merevitalisasi tubuh. Vitamin, mineral, dan elektrolit dalam air kelapa mampu menjadi cara efektif untuk rehidrasi dan memberi energi pada tubuh saat kepanasan.

3. Konsumsi Makanan yang Menghidrasi

Banyak makanan yang mengandung banyak air seperti semangka, timun, melon, kembang kol, dan lain sebagainya mampu mengatasi dehidrasi pada tubuh. Makanan tersebut bisa diolah menjadi salad atau smoothie dengan menambahkan yogurt karena yogurt juga merupakan makanan pendingin.

4. Lidah Buaya

Daun dan gel dalam tanaman lidah buaya mampu menurunkan suhu tubuh. Caranya dapat dilakukan dengan mengoleskan gel lidah buaya ke tubuh. Bila ingin efek yang lebih dingin, simpan gel lidah buaya dalam lemari es terlebih dahulu sebelum digunakan.

5. Gunakan Pakaian yang Sesuai

Pakaian yang pas digunakan saat cuaca panas adalah pakaian yang longgar dan memiliki bahan yang menyerap keringat. Jangan gunakan pakaian berwarna gelap karena dapat menyerap suhu panas dari matahari. Sebaliknya, gunakan warna cerah dengan bahan alami seperti katun, linen, atau sutra.

Cobalah beberapa cara di atas untuk mendinginkan tubuh. Bila perlu, kurangi aktivitas berat di luar ruangan.

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading