5 Cara Tetap Bahagia saat Masih Harus Memperjuangkan Sesuatu Sendirian

Endah Wijayanti27 Sep 2022, 17:15 WIB
Diperbarui 27 Sep 2022, 17:15 WIB
perempuan dan rasa diabaikan

Fimela.com, Jakarta Kebahagiaan bisa berasal dari hal-hal sederhana. Bahkan diri kita sendiri bisa mengupayakan kebahagiaan dengan cara dan kemampuan yang kita punya saat ini. Walau saat ini masih harus memperjuangkan sesuatu sendirian, kita pun masih bisa merasakana bahagia.

Baik itu masih memperjuangkan hal yang berkaitan dengan pendidikan, pekerjaan, atau hubungan, kita tetap perlu merasakan bahagia agar tidak gampang merasa stres atau tertekan. Berikut ini lima cara yang bisa dicoba untuk hadirkan kebahagiaan di tengah perjuangan kita.

 

 

1. Rawat Diri Sebaik Mungkin

karakter zodiak
ilustrasi perempuan bahagia/copyright by Eiji-S (Shuttertsock)

Merawat diri dengan baik juga bisa membuatmu merasa bahagia. Memiliki tubuh yang sehat bisa menghadirkan aura positif. Setidaknya dengan menjaga diri sebaik-baiknya, kita bisa menemukan kenyamanan dari dalam diri sendiri yang pada akhirnya bisa membuat kita bisa lebih bahagia menjadi diri sendiri dengan kondisi tubuh dan pikiran yang lebih sehat.

 

 

2. Kurangi Obsesi Membandingkan Diri dengan Orang Lain

perempuan dan bahagia jalan hidup
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Sedang memperjuangkan sesuatu sendirian memang akan dihadapkan pada banyak tantangan berat. Termasuk membuat perbandingan diri yang tidak sehat. Namun, untuk bisa bahagia, kebiasaan membandingkan diri ini perlu dikurangi. Saat ada orang lain bahagia, kita bisa ikut merayakan kebahagiaannya. Tidak perlu merasa iri atau cemburu dengan pencapaian atau kegembiraan orang lain. Sebab kita bisa menciptakan kebahagiaan kita sendiri tanpa harus menyombongkannya.

 

 

3. Sesekali Beri Hadiah untuk Diri Sendiri

kepribadian karakter zodiak
ilustrasi perempuan bahagia/Flower photo created by svetlanasokolova - www.freepik.com

Memberi hadiah untuk diri sendiri selain bisa jadi motivasi baru untuk bekerja lebih keras lagi, juga bisa membuat kita lebih bahagia dan bersemangat dalam menjalani keseharian. Kebahagiaan bisa diciptakan dengan cara sesederhana memberi hadiah kecil untuk diri sendiri. Jadi, tak harus menunggu orang lain untuk membuat kita bahagia atau memberi kita hadiah. Menghadiahi diri sendiri bisa hadirkan perasaan yang lebih positif terhadap diri sendiri juga.

 

 

4. Cintai Diri Sendiri

cantik tersenyum bahagia
ilustrasi perempuan minum teh kopi/Makistock/Shutterstock

Mengutip buku How to Respect Myself, "tahu bahwa diri pantas dicintai" adalah konstruksi dasar agar cinta dapat terus berjalan. Cinta tidak akan stabil jika konstruksi ini patah. Sadari dan yakini bahwa kita pantas dicintai. Tak harus menunggu dicintai orang lain untuk bahagia. Saat kita bisa mencintai diri sendiri dan menyayangi diri sendiri lebih utuh lagi, maka kebahagiaan bisa kita raih.

 

 

5. Kurangi Kebiasaan Menyalahkan Keadaan

perempuan percaya diri dan bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/lookstudio

Namanya manusia, wajar jika kita merasa lelah dan rasanya ingin menyalahkan setiap hal yang ada ketika perjuangan yang kita miliki terasa sangat berat. Namun, bukan berarti setiap detik waktu yang ada diisi dengan keluhan, komplain, atau protes saja. Tak perlu mengisi semua waktu dengan keluhan atau menyalahkan keadaan terus menerus. Kalau ingin lebih mudah, perbanyak rasa terima kasih atas semua yang sudah hadir dalam hidup.

Semoga ke depannya perjuangan kita bisa berbuah manis, ya. Terima kasih sudah melakukan semua yang terbaik hingga saat ini.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela