Harus Bangga, Ini 5 Manfaat yang Hanya Dimiliki Ibu Rumah Tangga

Mimi Rohmitriasih02 Okt 2022, 11:15 WIB
Diperbarui 02 Okt 2022, 11:15 WIB
impian ibu rumah tangga

Fimela.com, Jakarta Memilih menjadi ibu rumah tangga atau ibu bekerja adalah pilihan yang sama-sama baiknya. Keduanya merupakan pilihan yang mulia karena full jadi ibu rumah tangga atau ibu yang juga bekerja adalah sama-sama hebatnya. 

Mau menjadi ibu rumah tangga saja atau ibu yang juga bekerja, kamu harus bangga akan keduanya Sahabat Fimela. Keduanya memiliki segudang manfaat masing-masing. Dan kali ini ada beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh ketika kamu memilih untuk menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya. Apa saja manfaatnya?

Punya Banyak Waktu untuk Keluarga

Ibu rumah tangga
Ilustrasi/copyrightshutterstock/fizkes

Manfaat pertama yang hanya dimiliki oleh ibu rumah tangga adalah punya banyak waktu untuk keluarga. Dengan menjadi ibu rumah tangga, kamu memiliki banyak waktu untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak dan suami. Kamu juga akan memiliki banyak waktu untuk menuntaskan kewajiban sebagai istri pun ibu. 

Dengan memiliki banyak waktu bersama keluarga, ini memungkinkanmu memiliki ikatan yang kuat dan erat dengan anak-anak serta anggota keluarga lainnya. Menjadi ibu rumah tangga yang full di rumah, akan memiliki kesempatan lebih banyak serta leluasa dalam memberikan yang terbaik untuk keluarga termasuk memberikan makanan, kebersihan rumah dan kasih sayang.

Memantau Tumbuh Kembang Anak Setiap Hari

ibu dan anak
Ilustrasi ibu dan anak/copyright freepik.com/bristekjegor

Menjadi ibu rumah tangga akan membuatmu lebih teliti dan jeli mengenai tumbuh kembang anak. Penelitian menemukan jika anak-anak yang dirawat oleh sang ibu sepenuhnya setiap hari, ini memungkinkannya memiliki tumbuh kembang yang lebih baik. Anak-anak ini juga lebih mungkin memiliki perasaan bahagia, nyaman dan aman di rumah. Anak-anak juga akan tumbuh dan berkembang lebih dekat dengan orang tua terutama ibu.

Melatih Kesabaran dan Menjadikanmu Apa Adanya

anak belajar di rumah
ilustrasi ibu dan anak/copyright By PR Image Factory from Shutterstock

Menjadi ibu rumah tangga akan melatih kesabaranmu. Ini juga akan menjadikannya pribadi yang lebih apa adanya. Disadari atau tidak, menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya akan membuatmu memiliki perasaan yang lebih sensitif dan peka. Ini juga akan mendorongmu menjadi pribadi yang lebih apa adanya tanpa gengsi dan cemas untuk bersaing dengan orang lain.

Lebih Hemat

Menabung
Ilustrasi deposito/copyright shutterstock By eggeegg

Full sebagai ibu rumah tangga akan mendorongmu menjadi pribadi yang lebih hemat. Ini juga akan mendorongmu lebih pandai dan cermat dalam mengelola keuangan keluarga. Dengan menjadi ibu rumah tangga, kamu akan lebih menghargai apa yang kamu miliki dan lebih rajin untuk menabung demi masa depan keluarga yang lebih bahagia.

Memulai Usaha dan Bisnis dari Ruma

Cari Pendapatan Lain, Investasi dan Menabung
Ilustrasi (Shutterstock)

Menjadi ibu rumah tangga memberimu kesempatan untuk membuka usaha atau bisnis dan meningkatkan peluang sukses di masa depan. Kamu yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, memiliki kesempatan lebih banyak dalam mengembangkan usaha rumahan. Jangan khawatir, dengan kegigihan, kesabaran dan ketelitian, usaha yang awalnya sangat sederhana bisa saja berkembang sangat besar dan sebagai sumber penghidupan bagi banyak orang lain yang membutuhkan. 

Itulah beberapa manfaat menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya. Jadi ibu rumah tangga atau jadi ibu pekerja, pastikan untuk selalu bangga dengan profesimu. Jalani dengan penuh kesabaran dan kebahagiaan demi dapatkan kehidupan yang nyaman, tenang serta aman. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela