Sukses

Lifestyle

Simak Beberapa Penyebab Anjing Muntah dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Anjing adalah salah satu hewan yang dijadikan peliharaan oleh manusia. Hal ini dikarenakan hewan merupakan hewan yang lucu dan cerdas serta bisa menuruti perintah manusia. Selain itu, beberapa jenis anjing bisa dijadikan penjaga rumah. Biasanya jenis anjing yang dijadikan penjaga rumah adalah anjing berbadan besar dan berbulu lebat. Contohnya seperti jenis pinscher (terrier) dan jenis shepherd (seperti GSD).

Namun ada juga yang memelihara anjing karena tubuhnya yang mungil dan lucu. Salah satu hewan bertubuh kecil yang sering dipelihara adalah anjing jenis chihuahua.

Namun memelihara anjing perlu komitmen tinggi. Biaya perawatannya tidak bisa dibilang murah, apalagi untuk anjing dengan ras tertentu yang harga jualnya mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Sebagai pemilik anjing yang telah memutuskan untuk memelihara anjing, maka harus siap bertanggung jawab pada hidupnya juga, terutama kesehatannya. Bagaimana jika tiba-tiba anjing muntah-muntah?

Ternyata ada hal yang menyebabkan anjing tiba-tiba muntah-muntah. Berikut penyebab anjing muntah-muntah serta penjelasan dan cara mengatasinya.

Penyebab Anjing Muntah

1. Terlambat Makan

Penyebab anjing muntah salah satunya dikarenakan terlambat makan. Cairan yang berasal dari organ-organ pencernaan termasuk empedu dilepaskan ke usus kecil bawah perut. Kosongnya perut pada anjing memicu naiknya asam lambung.

Muntahan tersebut biasanya berupa cairan yang berwarna kuning. Cairan berupa busa kuning inilah yang kemudian dimuntahkan dan menjadi tanda bahwa perutnya kosong. Apabila perut kosong, maka lambung anjing akan rentan iritasi.

2. Dehidrasi

Anjing termasuk hewan yang jarang minum. Namun ketika mengalami muntah, dia akan menjadi lebih sering minum dari biasanya.

Hal ini dikarenakan rasa haus yang dirasakan anjing merupakan efek lambung yang menandakan bahwa dirinya tengah mengalami dehidrasi.

3. Infeksi Virus

Penyebab anjing muntah juga bisa karena infeksi virus. Serangan virus ini pun bisa menjadi penyakit bagi anjing, mulai dari Feline infectious peritonitis, Feline panleukopenia, Canine distemper, maupun Canine parvo.

Akibat penyakit tersebut, anjing biasanya akan menunjukkan tanda-tanda sakit, mulai dari nafsu makan yang berkurang atau hilang, lesu, hingga sering melamun.

4. Bakteri

Seperti halnya hewan-hewan pada umumnya, anjing pun rentan terkena bakteri yang biasanya senang tinggal di tubuh hewan. Apabila anjing mengalami muntah, bisa jadi salah satu penyebabnya ialah keberadaan bakteri di dalam tubuh.

Bakteri tersebut bisa berupa bakteri Salmonella, Clostridium, maupun bakteri lain yang menyerang daya tahan tubuh anjing.

5. Makanan yang Kurang Cocok

Sebagai pemilik anjing, tentu saja ingin memberikan makanan dengan kandungan gizi yang terbaik. Namun terkadang anjing tidak cocok dengan makanan tersebut dan perutnya menolak kehadiran makanan tersebut. Itulah yang jadi penyebab anjing muntah.

Cara Mengatasi Anjing Muntah

1. Buat Jadwal Makan

Untuk mengatasi masalah ini, Mama sebaiknya mulai membuat jadwal makan anjing secara teratur dengan memperhatikan kebutuhan nutrisi, pola dan juga porsi makan pada anjing.

Jika ingin mengganti makanannya, maka lakukanlah dengan bertahap. Campurkan makanan lamanya sekitar 80% dengan makanan baru sebanyak 20%. Baru lama kelamaan turunkan kadar makanan lama dan tingkatkan porsi makanan baru hingga bisa terganti dengan makanan baru seluruhnya.

2. Sediakan Air Minum yang Bersih

Jika penyebab anjing muntah adalah karena dehidrasi, maka langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah menyediakan tempat minum yang sudah diisi dengan air minum yang bersih.

3. Periksakan ke Dokter Hewan

Penyebab anjing muntah juga bisa karena infeksi virus dan bakteri. Nah jika anjing muntah karena hal ini, yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah dengan membawa anjingmu untuk diperiksakan ke dokter hewan. Dokter hewan pasti tahu cara terbaik untuk mengatasi hal ini.

Sebenarnya kamu bisa mencegah hal ini dengan cara memberikan vaksin pada anjingmu. Tentu saja vaksin ini dilakukan atas saran dokter hewan juga.

Itulah 5 penyebab anjing muntah dan cara mengatasinya. Langkah yang paling baik ketika anjing muntah adalah dibawa periksa ke dokter hewan. Dengan demikian, kamu tahu secara pasti penyebabnya serta dapat ditangani dengan benar sebelum semakin parah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading