5 Tanda Perempuan Berjiwa Dewasa meski Tak Banyak Bicara

Endah Wijayanti01 Okt 2022, 13:15 WIB
Diperbarui 01 Okt 2022, 13:15 WIB
bahagia cantik minum kopi

Fimela.com, Jakarta Di balik sikapmu yang tenang dan sering dianggap "irit bicara", bisa jadi ada jiwa dewasa yang kamu miliki. Mengingat tiap orang punya karakter dan kepribadian masing-masing yang istimewa, dalam dirimu juga ada keistimewaan sendiri. Kali ini, kita akan coba bahas perempuan yang berjiwa dewasa di balik kesehariannya yang tenang.

Berikut ini lima tanda ada jiwa yang dewasa di balik sikapmu yang tenang dan tak banyak bicara versi Fimela. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Punya Empati Tinggi

membayangkan memikirkan sesuatu
ilustrasi perempuan minum kopi/Mallika Home Studio/Shutterstock

Kamu yang cenderung tidak banyak bicara bisa punya kemampuan memperhatikan hal-hal yang sering dilewatkan orang lain. Kamu lebih jeli dan peka dengan hal-hal yang ada di sekitarmu, dan tidak hanya mementingkan diri sendiri. Ada empati yang kamu bentuk dan bangun dalam diri sehingga membuat pembawaanmu jadi lebih dewasa lagi.

 

 

2. Saat Melakukan Sesuatu, Mengerjakannya Sampai Tuntas

perempuan minum kopi mendengarkan musik
ilustrasi santai bahagia/Nata Bene/Shutterstock

Saat melakukan sesuatu, kamu sungguh-sungguh mengerjakannya dengan baik. Tidak cuma banyak omong tapi lebih memilih untuk lebih banyak bergerak dan menuntaskan sesuatu sebaik mungkin. Kamu pun tidak gampang menyerah begitu saja. Senantiasa berupaya mengerjakan sesuatu sampai tuntas juga menjadi salah satu karakter perempuan yang berjiwa dewasa karena menunjukkan rasa tanggung jawab yang besar.

 

 

 

 

3. Bisa Berdaya dengan Memenuhi Kebutuhan Sendiri

karier dewasa minum kopi kebebasan
ilustrasi perempuan mandiri bekerja/Amnaj Khetsamtip/Shutterstock

Bisa memenuhi kebutuhan sendiri juga menjadi cerminan dirimu yang dewasa. Tak terbiasa manja atau merepotkan orang lain menempamu menjadi perempuan yang lebih kuat. Apalagi ketika bisa mandiri secara finansial, kamu tidak akan gampang panik saat menghadapi masalah tak terduga terkait uang atau finansial.

4. Bisa Mengendalikan Emosi dengan Baik

merenung sedih putus
ilustrasi perempuan minum kopi/dodotone/Shutterstock

Kemampuan mengelola emosi yang baik bisa jadi cerminan kedewasaan dirimu. Mengutip buku How to Respect Myself, orang yang mampu mengontrol emosi dengan baik memahami apa, sebesar apa, dan apa dampak emosi yang dirasakannya. Orang yang bisa mengontrol emosi dengan baik tidak akan bertindak sembarangan saat emosi sedang tinggi.

 

 

5. Bisa Menata Prioritas Hidup dengan Bijak

mandiri santai minum kopi
ilustrasi perempuan bahagia/Dean Drobot/Shutterstock

Usia bertambah, kebutuhan dan tanggung jawab berubah, maka prioritas hidup pun berubah. Saat kamu bisa menata atau mengatur prioritas hidup dengan lebih baik, kamu memiliki jiwa yang lebih dewasa. Hidup yang terarah bisa memudahkanmu untuk bertahan hadapi masalah atau persoalan hidup yang tak terduga.

Tetap jaga dan asah potensi terbaik yang ada di dalam diri kita. Semoga ke depannya kita bisa senantiasa jadi pribadi yang kuat menjalani hidup yang lebih bermakna.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela