Simak Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Senjie Nuraini03 Okt 2022, 09:25 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 11:33 WIB
Ilustrasi hp penuh

Fimela.com, Jakarta Ponsel atau sering disebut juga dengan smartphone merupakan hal yang umum di era sekarang ini. Sebagian besar orang di dunia ini sudah memiliki smartphone. Bahkan ponsel atau handphone (hp) sering juga dianggap sebagai sebuah kebutuhan primer, sama pentingnya dengan kebutuhan primer lainnya seperti rumah, pakaian dan makanan.

Ponsel dianggap sebegitu pentingnya karena ponsel dapat membantu manusia dalam melakukan apapun, misalnya dalam mencari informasi dengan cepat atau memberikan hiburan yang tidak terbatas. Oleh karena itu, banyak yang kemudian menganggap bahwa ponsel merupakan kebutuhan primer.

Namun selayaknya benda lainnya yang diciptakan manusia, ponsel atau hp juga punya kelemahan. Tidak jarang hp atau ponsel terasa panas jika sedang digunakan. Ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab hp cepat panas. Simak beberapa penyebab hp cepat panas dan cara mengatasinya berikut ini:

Penyebab HP Cepat Panas

Ilustrasi HP Android
Ilustrasi HP Android. (Photo by Azamat E on Unsplash)

1. Pengaturan yang Tidak Optimal

Penyebab hp cepat panas yang adalah setelan pada ponselmu. Setelan ponsel juga mempengaruhi jumlah energi yang digunakan. Tingkat kecerahan layar atau penggunaan wallpaper animasi dapat mempengaruhi daya baterai hp.

Cobalah untuk menurunkan tingkat kecerahan layar pada hpmu. Atur lagi pengaturan ponselmu untuk meringankan beban pada CPU ponsel.

2. Lingkungan yang Terlalu Panas

Lingkungan yang terlalu panas juga bisa menjadi penyebab hp cepat panas. Paparan sinar matahari menjadi penyebab paling umum kenapa hp menjadi panas akibat faktor lingkungan.

Selain itu kebiasaan meletakkan hp di dalam mobil pada hari yang terik juga dapat membuat hp menjadi panas. Mulai sekarang, perhatikan di mana kamu meletakkan ponselmu. Jangan sampai ponselmu jadi cepat panas karena kamu yang ceroboh meletakkannya di sembarang tempat.

3. Aplikasi yang Harus Diperbarui

Penyebab hp cepat panas selanjutnya adalah karena aplikasi yang tidak diperbarui. Kalau kamu pernah mengalami bug pada salah satu aplikasi di ponselmu, maka itu tandanya aplikasi tersebut harus diperbarui.

Selain menjengkelkan, bug pada aplikasi di ponsel juga bisa membuat hp menjadi panas. Bug atau masalah pada aplikasi dapat membuat ponsel menjadi panas karena terlalu banyak menggunakan prosesor

4. Software yang Harus Diperbarui

Selain aplikasi, software hp juga membutuhkan pembaruan. Ponsel bisa terlalu panas selama atau tepat setelah pembaruan. Ini bisa terjadi karena terdapat bug di OS yang perlu diperbaiki melalui pembaruan, yang mungkin memerlukan peningkatan daya pada saat itu.

5. Bermain Game dalam Waktu yang Lama

Bermain game juga bisa menjadi penyebab hp cepat panas, apalagi jika dimainkan dalam waktu lama seperti berjam-jam. Meskipun menjadi hiburan dan pengusir rasa bosan, tidak seharusnya game dimainkan selama berjam-jam. Aplikasi game memiliki intensitas tinggi dan inti pemrosesan pusat pada ponsel Anda, selain unit pemrosesan grafis, dapat membuat ponsel menjadi cepat panas.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas

ilustrasi hp ponsel
Ilustrasi/Copyright unsplash/NordWood Themes

1. Hindari Cahaya Matahari

Cara termudah untuk mencegah panas pada hp adalah dengan menjauhkan hp dari sinar matahari. Ponselmu akan menangkap cahaya dan panas dari matahari kemudian menahannya. Semakin lama berada di bawah sinar matahari, maka ponsel bisa cepat panas.

2. Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi tidak digunakan namun tetap berjalan di latar belakang dapat menyebabkan ponsel bekerja lebih keras, dan akhirnya menyebabkannya panas. Dengan mematikan aplikasi ini, kamu tidak hanya meredakan hp yang panas, namun meningkatkan masa pakai baterai ponsel.

3. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Meningkatkan tingkat kecerahan pada layar ponsel akan memaksa baterai bekerja lebih keras dan menimbulkan panas. Solusinya sederhana, cukup turunkan tingkat kecerahan layar di ponselmu.

4. Lepaskan Casing HP

Jika ponselmu terlalu panas, casing tidak akan membantu. Melepas casing hp akan memungkinkan ventilasi pada ponsel melakukan tugasnya tanpa terhalang, sehingga panas ponselmu dapat mereda lebih cepat.

Itulah beberapa penyebab hp cepat panas dan cara mengatasinya. Semoga membantu.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela