4 Tips Mengatasi Rasa Mengantuk saat Bekerja yang Bisa Menurunkan Produktivitas

Gayuh Tri Pinjungwati05 Okt 2022, 16:45 WIB
Diperbarui 05 Okt 2022, 16:45 WIB
single

Fimela.com, Jakarta Ketika kamu terlalu mengantuk untuk bekerja, hampir tidak mungkin untuk menyelesaikan sesuatu. Sangat mudah untuk menyerah dan rasanya sangat tepat untuk menutup mata dan mengembara ke alam mimpi.

Pernah merasa sangat mengantuk saat bekerja? Bagaimana dengan hampir menyerah tetapi memikirkan terlalu banyak pekerjaan menahanmu? Hampir terasa mudah untuk menyerah. Tetapi jika ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan kamu harus tetap terjaga, kamu dapat melakukan beberapa hal sederhana untuk mencegah kantuk saat bekerja. Yuk, langsung simak selengkapnya di bawah ini.

1. Cobalah untuk Bergerak atau Jalan Kaki

Lakukan beberapa peregangan atau berjalan-jalan. Jauhi komputer untuk sementara waktu. Jika kamu bekerja dari rumah, menyenangkan untuk keluar dari kantor di rumah dan menghirup udara segar. Kemudian kembali lagi ketika kamu merasa segar kembali. Kamu juga dapat melakukan beberapa peregangan. Dengan cara ini, kamu membangunkan tubuh dan itu membuatmu siap untuk tugas-tugas di depan.

2. Perhatikan Makanan yang Kamu Konsumsi

Ada beberapa makanan yang membantumu tidur. Berhati-hatilah saat kamu makan. Juga, jangan makan berlebihan saat makan siang karena ini cenderung membuatmu mengantuk setelah makan siang. Makan sampai kamu kenyang tidak hanya tidak sehat tetapi juga menyebabkan kantuk.

 

3. Mengganti Tugas dari Pekerjaanmu

Single
Ilustrasi perempuan mengalami lelah mata/copyrightshutterstock/Monster Ztudio

 

Bisa jadi kamu bosan dengan tugasmu dan itu sebabnya kamu mengantuk. Jadi alihkan tugasmu. Dengan cara ini, kamu memecahkan kebosanan dan itu memperkenalkan otakmu pada rangsangan lain yang akan membantumu tetap waspada dan terjaga.

Beralih tugas juga memberimu perspektif yang berbeda. Alih-alih memaksa diri untuk mengerjakan proyek yang tidak beresonansi dengan dirimu saat ini, fokuskan waktu dan energimu ke dalam sesuatu yang kamu rasa tepat. Dengan cara ini, kamu dapat bekerja lebih baik dan tetap waspada karena otak bekerja sama.

4. Tidur Siang

Alih-alih melawannya, lanjutkan dan tidurlah sebentar. Tidak ada yang bisa mengalahkan tidur siang saat kamu terlalu lelah untuk bekerja. Mengantuk bisa menjadi cara tubuh memberi tahumu untuk memperlambat dan beristirahat. Jadi silakan, lakukan tidur siang yang memang layak untuk mengisi ulang energimu.

Yang perlu kamu perhatikan adalah, cobalah untuk sarapan pagi dengan asupan yang seimbang. Hindari makanan karbohidrat yang berlebihan. 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela