Sukses

Lifestyle

5 Cara Tenang Merespons Orang Angkuh yang Merendahkanmu

Fimela.com, Jakarta Saat kita bisa dikelilingi orang-orang baik, itu menjadi hal yang patut disyukuri. Hanya saja dalam keseharian kadang ada saja orang yang malah merendahkan kita dengan sikapnya yang angkuh. Menyikapi orang angkuh seperti ini memang tak mudah, tapi kita bisa mengupayakan sejumlah hal agar tidak makin capek atau stres sendiri.

Berikut ini lima cara yang bisa dicoba dalam menghadapi orang angkuh yang memandang remeh atau merendahkanmu. Poin utamanya adalah mengusahakan diri untuk bisa tetap tenang dan tidak berlarut-laut dalam rasa kesal atau marah.

1. Bersikap Masa Bodoh

Kalau orang yang meremehkanmu memang cuma hanya ingin cari perhatian, abaikan saja. Tak perlu menanggapi atau menghabiskan waktu meladeni omong kosongnya. Orang yang angkuh cuma akan menghabiskan energinya sendiri, jadi mengabaikannya bisa membuatnya kelelahan sendiri.

 

 

2. Sampaikan Rasa Tidak Nyaman

Kalau memungkinkan bagimu untuk bisa bersikap lebih tegas dan terbuka, kamu bisa menyampaikan rasa tidak nyaman kepada orang yang memandang rendah dirimu tersebut. Tak perlu sambil marah-marah. Tenangkan diri lebih dulu sebelum mengutarakan atau menyampaikan rasa tidak nyaman dari dalam dirimu kepada orang yang telah melukai hatimu.

 

 

3. Perlihatkan Raut Wajah Bahagia

Tetaplah tampak bahagia saat berada di dekatnya. Cobalah untuk tetap nyaman dengan hidupmu sendiri. Menampakkan raut wajah bahagia di depan orang yang merendahkanmu bisa membuat perasaanmu membaik. Selain itu, kamu pun bisa mengalihkan fokusmu untuk membuat kualitas hidupmu jadi lebih baik lagi dan tidak ada waktu yang terbuang percuma menghabiskan energi meladeni orang yang hanya ingin menjatuhkanmu.

 

 

4. Sampaikan Fakta

Orang yang merendahkanmu biasanya mencari celah atau bahkan merekayasa realitas untuk membuatmu tampak tak berdaya. Kalau dia sampai melakukan fitnah kepadamu, kamu bisa melawannya dengan menyampaikan fakta-fakta. Biasanya cara terbaik untuk membungkam mulut orang yang angkuh adalah menunjukkan kesalahan dirinya di depan matanya sendiri.

 

 

5. Ajak Bicara Empat Mata

Kalau orang yang suka merendahkanmu tipe orang yang suka cari perhatian, kamu bisa coba untuk mengajaknya bicara empat mata. Kalau selama ini dia sering mempermalukanmu di depan banyak orang, coba tantang keberaniannya untuk bicara denganmu berdua saja. Mengajaknya bicara empat mata bisa memudahkan komunikasi dan mengurai benang kusut yang mungkin ada. Serta, menunjukkan bahwa dirimu juga punya hak untuk diperlakukan dengan baik.

Kita memang tak bisa mengontrol respons orang lain terhadap kita. Namun, kita masih bisa punya kendali dalam merespons perlakuan atau sikap orang lain terhadap kita dengan cara yang lebih baik.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading