5 Cara Menjadi Perempuan yang Lebih Cerdas dan Bahagia

Endah Wijayanti13 Nov 2022, 13:44 WIB
Diperbarui 13 Nov 2022, 13:44 WIB
perempuan dan baju tampak percaya diri

Fimela.com, Jakarta Untuk menjadi cerdas, kita tak harus selalu berpatokan pada nilai IQ atau nilai-nilai akademis saja. Kita bisa mengupayakan hal-hal terbaik untuk meningkatkan kualitas diri agar bisa menjadi lebih cerdas. Tak hanya cerdas, tetapi juga memiliki hidup yang lebih bahagia.

Bagaimana agar bisa lebih cerdas sekaligus makin mudah bahagia? Lima cara ini bisa menjadi langkah awal untuk dicoba. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Mendorong Diri untuk Terus Belajar

perempuan dan menghadirkan rasa bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/chombosan

Di atas langit selalu ada langit. Justru untuk bisa menjadi lebih cerdas, kita perlu membuka diri untuk terus belajar. Bukan merasa paling hebat atau paling menguasai segalanya. Dengan membuka diri untuk belajar hal-hal baru dan merasakan pengalaman-pengalaman baru, kamu bisa meningkatkan kecerdasanmu sendiri.

 

 

2. Menekuni Bidang yang Paling Disukai

perempuan percaya diri dan bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/lookstudio

Ada hal atau bidang yang paling kamu sukai atau selalu membuatmu bersemanga tiap kali menggelutinya? Coba untuk membuat tujuan atau target baru untuk membuat hal baik dari bidang yang kamu sukai. Dari sini kamu bisa mendapat kepuasan batin yang mengalirkan kebahagiaan sendiri.

 

 

3. Melatih Cara Bicara yang Lebih Baik

perempuan tersenyum
ilustrasi bahagia single/heartor/Shutterstock

Cara bicaramu bisa menghadirkan kesan tersendiri bagi orang lain. Orang lain akan mudah nyaman berkomunikasi atau berada di dekatmu saat kamu bisa berkomunikasi dengan lebih jujur, terbuka, dan penuh empati. Saat orang lain bisa nyaman bersamamu, ada kebahagiaan tersendiri yang bisa kamu dapatkan karena hadirnya situasi yang lebih hangat dan positif di dekatmu.

 

 

4. Membuka Diri Mencoba Hal Baru

perempuan dan bunga bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Pixel-Shot

Hidup akan menawarkan banyak kejutan dan hal tak terduga. Untuk bisa bahagia, kamu perlu membuka diri untuk mencoba hal-hal baru. Tiap pengalaman yang kamu dapatkan bisa memperkaya jiwamu. Serta ada pengalaman yang menambah wawasan, dan ini bisa membuatmu makin cerdas sekaligus menambah rasa bahagia.

 

 

5. Tidak Menggantungkan Diri pada Validasi Orang Lain

bahagia dewasa mandiri mencintai diri sendiri
ilustrasi perempuan tersenyum/Rido/Shutterstock

Untuk bisa bahagia, tak harus menunggu dibahagiakan orang lain. Tak perlu selalu memaksakan diri mendapat validasi atau pengakuan orang lain untuk bahagia. Kamu bisa bahagia saat kamu bisa mengupayakannya sendiri dengan cara yang membuatmu paling nyaman. Hal ini pun akan makin mendorongmu untuk makin menyayangi diri sendiri.

Itu tadi lima cara versi Fimela yang bisa dicoba untuk membuatmu bisa lebih cerdas dan bahagia. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela