Nggak Perlu Khawatir, Inilah 5 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bahan Alami

Gloria Trivena May Ary14 Des 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 14 Des 2022, 16:28 WIB
Nggak Perlu Khawatir, Inilah 3 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Siapapun bisa terkena kutu bila nggak rajin menjaga kebersihan dari rambut dan kulit kepala. Hewan kecil ini memang bersifat parasit yang bisa merugikan para manusia. Nggak hanya rasa gatal saja yang didapatkan, namun kulit kepala bisa terkena luka dan bahkan infeksi.

Umumnya yang sering mengalami permasalahan seperti ini adalah anak-anak. Tapi, nggak menutup kemungkinan pula bila para orang dewasa terkena hal yang satu ini. Meski begitu, ada kok beberapa cara yang bisa dilakukan agar kutu beserta telurnya hilang secara menyeluruh. Malahan, cara ini menggunakan bahan alami, yang tentu saja terjangkau dan mudah didapatkan. Apa saja itu?

 

1. Garam dan Cuka

Nggak Perlu Khawatir, Inilah 3 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bahan Alami
(c) Shutterstock

Bahan pertama yang bisa digunakan untuk menghilangkan kutu adalah garam dan cuka. Kombinasi kedua barang ini dipercaya dapat membasmi kutu yang berkembang biak di permukaan kepala manusia. Bahan dapur ini sendiri memiliki kegunaan untuk menghilangkan kemampuan melekat dari kutu dan membuatnya menjadi dehidrasi.

Cara menggunakan bahan ini cukup mudah. Kamu tinggal mencampurkan keduanya saja ke dalam sebuah botol. Kemudian, semprotkan secara merata ke area kepala. Setelah itu, tunggulah beberapa saat dan bilas menggunakan air bersih. Hal ini bisa dilakukan secara berulang selama tiga kali seminggu dalam jangka waktu sebulan penuh.

2. Minyak Zaitun

Nggak Perlu Khawatir, Inilah 3 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bahan Alami
(c) Shutterstock

menggunakan minyak zaitun. Dengan menggunakan minyak yang satu ini, udara yang ada di area kepala bisa semakin berkurang dan mengakibatkan kutu nggak bisa bernapas. Selain itu, minyak zaitun bisa berperan sebagai pelumas yang membuat hewan kecil ini kewalahan dan akhirnya bisa mati.

Menggunakan bahan alami ini sebagai pembasmi kutu bisa dilakukan dengan praktis. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak ini di permukaan kulit kepala dan rambut. Setelahnya, tutup menggunakan handuk atau shower cap selama 6-8 jam lamanya dan bersihkan dengan air bersih. Cara seperti ini bisa kamu lakukan selama 2-3 minggu untuk dapatkan hasil yang diinginkan.

 

3. Minyak Kelapa 

Nggak Perlu Khawatir, Inilah 3 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bahan Alami
(c) Shutterstock

Bahan yang selanjutnya untuk membasmi kutu adalah dengan memanfaatkan minyak kelapa. Selain digunakan untuk menggoreng makanan, minyak ini ternyata bisa pula berguna untuk mematikan kutu yang menyerang area kepala. Bahan ini sendiri memiliki cara kerja yang sama seperti minyak zaitun. Bahkan penggunaannya pun nggak berbeda jauh dari minyak zaitun.

Kamu hanya perlu membaluri minyak ini di bagian kulit rambut dan rambut. Kemudian tutup dengan kain handuk dan tunggu hingga beberapa waktu. Setelahnya, kamu bisa membersihkan kepala menggunakan sampo dan air, serta jangan lupa untuk mengeringkannya. Melakukan hal ini dengan rutin tentunya bisa mengurangi jumlah kutu yang ada di kepalamu.

 

4. Bawang Putih

Bawang Putih
Ilustrasi Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bahan Alami/copyright shutterstock.com

Kutu rambut juga bisa dihilangkan menggunakan bawang putih. Cara menggunakan bawang putih ini cukup mudah. Sahabat Fimela bisa menyiapkan 10 siung bawang putih, atau disesuaikan dengan rambut.

Kemudian, haluskan bawang putih dengan blender dan campurkan dengan 3sdt air jeruk nipis atau lemon. Setelah itu, oleskan ke bagian kulit kepala hingga merata. Diamkan dan tutup kepala dengan shower cap selama kurang lebih 30menit. Lalu keramas hingga bersih.

5. Petroleum Jelly

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bahan Alami
ilustrasi ara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bahan Alami / copyright shutterstock

Petroleum jelly adalah produk skincare yang mengandung lemak. Produk ini bisa membantu menghilangkan kutu di rambut dengan cepat. Bahkan telur kutu juga ikut hilang setelah menggunakan produk ini.

Cara menggunakan petroleum jelly adalah dengan mengoleskan produk ke kulit kepala. Lalu diamkan rambut semalaman dan menutup kepala dengan handuk. Setelah itu, gunakan baby oil untuk membasuh petroleum jelly. Kemudian bilas rambut hingga bersih.

Nah, itu dia beberapa bahan alami yang bisa dipakai untuk menghilangi kutu yang bersarang di kepalamu. Semoga bermanfaat. 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela