5 Cara Tetap Bahagia Jalani Hidup sebagai Diri Sendiri

Endah Wijayanti13 Nov 2022, 15:45 WIB
Diperbarui 13 Nov 2022, 15:45 WIB
perempuan dan menjadi mandiri

Fimela.com, Jakarta Selama ini kita mungkin sudah menghabiskan banyak waktu mencari kebahagiaan yang berada di luar diri kita. Sudah banyak waktu dan energi yang kita buang karena mencari kebahagiaan di "tempat yang salah". Sebab bisa jadi kebahagiaan sebenarnya sudah ada di dalam diri sendiri.

Bagi yang saat ini merasa sulit bahagia, bisa coba untuk kembali ke diri sendiri. Bisa dimulai dengan keberanian untuk menjadi diri sendiri. Kita bisa menemukan kebahagiaan saat kita menjalani hidup sebagai diri sendiri. Caranya bisa dimulai dari langkah-langkah sederhana ini.

1. Memusatkan Perhatian pada Masa Kini

mandiri dewasa bahagia karier kemeja putih rapi
ilustrasi perempuan bekerja/GP PIXSTOCK/Shutterstock

Coba untuk pusatkan perhatian pada masa kini. Tak perlu terus terpuruk dalam masa lalu. Tak perlu terlalu mengkhawatirkan masa depan. Fokuskan dan pusatkan perhatian pada masa kini. Lakukan hal-hal yang masih bisa dilakukan saat ini dengan penuh kesadaran. Izinkan diri untuk menjalani masa kini, maka kebahagiaan bisa mengalir dengan dirinya sendiri.

2. Mengapresiasi Perjalanan Hidup Sendiri

karakter zodiak bahagia
ilustrasi perempuan mandiri/photo created by lookstudio - www.freepik.com

Rasa sesal dan bersalah mungkin masih menghantui. Ada hal-hal yang mungkin masih membuat kita sedih dan kecewa. Mungkin dulu kita pernah membuat pilihan dan keputusan yang salah, tapi mau bagaimana lagi karena semua sudah telanjur terjadi. Yang bisa dilakukan saat ini adalah mengapresiasi itu semua. Apresiasi perjalanan hidup sendiri sebab dengan begitu kamu bisa lebih mudah memeluk diri dan menguatkan diri untuk terus melangkah.

3. Mengurangi Kebiasaan Membandingkan Diri

mandiri percaya diri
ilustrasi perempuan tersenyum/popcorner/Shutterstock

Kurangi kebiasaan membandingkan diri yang tak sehat demi kebaikan dan kebahagiaan diri sendiri. Mengutip buku Merawat Luka Batin, membandingkan dengan tidak adil akan membuat perasaan kita menjadi lebih buruk. Daripada makin memperburuk suasana hati sendiri karena terobsesi dalam membuat perbandingan diri, mending fokus jalani kehidupan sendiri dengan lebih baik.

4. Melakukan Hal yang Disukai sesuai Kata Hati

bahagia dewasa mandiri mencintai diri sendiri
ilustrasi perempuan tersenyum/Rido/Shutterstock

Kalau sebelumnya kamu sering menahan diri melakukan hal-hal yang sebenarnya kamu sukai, kini coba untuk lebih membebaskan diri melakukan hal-hal yang bisa menghadirkan kebahagiaan dan kenyamanan. Hidup cuma sekali, maka isilah dengan hal-hal yang bisa hadirkan kebahagiaan. Tak harus meniru cara orang lain untuk bahagia kalau sebenarnya kita sudah bisa bahagia melakukan hal-hal sederhana.

5. Menyesuaikan Diri dengan Setiap Perubahan

mandiri bahagia cerdas bekerja karier
ilustrasi perempuan dewasa/Amnaj Khetsamtip/Shutterstock

Ada keinginan yang tak tercapai bukan berarti hidupmu berakhir. Ada impian yang gagal terwujud bukan berarti kamu gagal selamanya. Ada kalanya kamu perlu menyesuaikan harapan, ekspektasi, dan rencana dengan perubahan-perubahan yang ada. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah menemukan dan merasakan kebahagiaan.

Semoga kamu bisa menemukan dan mendapatkan kebahagiaan yang kamu inginkan dalam hidup, ya. Terima kasih sudah berjuang melakukan semua yang terbaik dalam hidup.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela