Sukses

Lifestyle

5 Cara Kuatkan Diri saat Merasa Hidupmu Tertinggal dari Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Makin sering kita membandingkan diri dengan orang lain, makin sering kita terjebak dalam rasa insecure. Apalagi kalau kita merasa hidup kita lebih lambat dari orang lain, rasanya semangat hidup pun makin lama makin pudar. Padahal hidup kita sendiri berharga dan belum tentu selalu lebih buruk dari hidup orang lain.

Agar tak makin terpuruk dalam rasa sedih, kini coba kuatkan diri lagi. Berikut ini sejumlah strategi sederhana yang bisa dicoba agar bisa kembali tersenyum melangkah ke depan di kehidupan sendiri.

1. Membuat Prioritas Baru

Belum terlambat untuk mengatur dan menata ulang hidupmu melalui prioritas baru. Mungkin bukan jalan hidupmu yang lebih lambat dari orang lain, tapi memang ada hal-hal yang perlu diselesaikan lebih dulu sebelum melangkah ke hal yang lain. Orang lain bisa mencapai sesuatu lebih cepat darimu, mungkin karena memang dia sudah lebih dulu mengusahakan hal tersebut. Kini, coba kamu buat rencana dan prioritas baru agar ada semangat baru yang muncul dalam dirimu.

2. Pilih Sesuatu untuk Ditekuni

Pilih sesuatu atau bidang yang bisa kamu tekuni. Bisa melakukan hal yang bisa mendatangkan kepuasan batin. Mengisi waktu dengan menekuni sesuatu bisa membuat hidup lebih bermakna. Selain itu, menyibukkan diri dengan hal yang lebih bermanfaat bisa membuka jalan kita untuk membuat pencapaian sendiri.

3. Peluk Diri Sendiri Lebih Erat Lagi

Kembali sayangi diri. Peluk diri lebih erat lagi. Kembali berterima kasih pada diri yang sudah melakukan yang terbaik hingga detik ini. Apresiasi dan berterima kasihlah pada dirimu yang tak pernah menyerah menjalani hidup, maka kamu akan menyadari bahwa hidupmu juga indah dengan semua perjalanan dan perjuangan yang ada.

4. Terima Perbedaan yang Ada

Jalan hidupmu mungkin bukan lebih lambat atau tertinggal dari orang lain, melainkan hanya berbeda. Sebab tiap orang lahir dengan nasib dan takdirnya masing-masing. Titik awal perjalanan, kemudahan, tantangan, dan berbagai persoalan yang dihadapi tiap orang tak pernah ada yang sama. Daripada merasa sedih atau makin meratapi hidup sendiri, mending fokus untuk melapangkan hati menerima perbedaan yang ada.

5. Hadirkan Senyuman

Hadirkan senyuman hari ini. Senyuman ini bukan untuk orang lain, melainkan untuk diri sendiri. Ikutlah tersenyum karena ikut berbahagia dengan pencapaian hidup orang lain. Tepis rasa iri atau cemburu. Tersenyumlah karena kamu diberi kesempatan untuk menjalani hidup yang ada saat ini. Yakinlah sebuah senyuman akan membuat suasana hatimu jauh lebih baik.

Semoga ke depannya kamu bisa menjalani hidup dengan hati yang lebih lapang dang kuat lagi, ya. Terima kasih sudah melakukan semua hal terbaik hingga saat ini.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading