5 Cara Menjadi Perempuan yang Lebih Kuat Melalui Hal Sederhana

Endah Wijayanti11 Nov 2022, 14:15 WIB
Diperbarui 11 Nov 2022, 14:15 WIB
perempuan dan tetap kuat

Fimela.com, Jakarta Untuk menjadi perempuan kuat, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Bahkan melalui hal-hal sederhana, kita bisa meningkatkan kemampuan kita untuk tetap kuat dan bertahan jalani hidup yang terasa makin berat. Mengingat perjalanan hidup kadang menawarkan hal-hal yang tak pernah diduga, membekali diri dengan meningkatkan kemampuan untuk memiliki mental yang lebih kuat sangat penting.

Berikut ini lima cara yang bisa dicoba untuk bantu membantumu jadi perempuan yang lebih kuat. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini. Bisa dimulai dari cara yang menurutmu paling mudah untuk dicoba dan dilakukan.

 

 

1. Berdamai dengan Kekurangan Diri

perempuan dan hati yang penuh bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Mangostar

Saatnya untuk berdamai dengan kekurangan diri. Apa pun kekurangan diri yang dimiliki, cobalah untuk menerimanya dan menjadikannya sumber motivasi baru untuk jalani hidup yang lebih baik dari wakt ke waktu. Mengutip buku How to Respect Myself, emosi bernama rendah diri terkait dengan tiga jenis pikiran. Salah satunya adalah pikiran bahwa kita punya banyak kekurangan. Bukan berarti kita harus menolak kekurangan itu, tetapi kita perlu mengakui dan menerimanya supaya kita bisa lebih mudah menempatkan diri di berbagai situasi dan kondisi.

 

 

2. Membangun Rutinitas yang Produktif

perempuan dan rekomendasi buku cinta dan hati
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Mangostar

Untuk bisa memiliki mental yang kuat, tak bisa hanya diam dan pasif saja dalam menjalani hidup. Cobalah untuk membangun dan menciptakan rutinitas yang produktif. Rutinitas ini tak terbatas hanya pada pekerjaan, tetapi juga waktu istirahat atau rehat yang cukup juga. Isilah waktu dan keseharian dengan hal-hal yang memberi makna. Dengan begitu, pribadi kita bisa menjadi lebih bermanfaat dan lebih kuat lagi dalam menjalani hidup.

 

 

3. Membuka Diri pada Pengalaman Baru

perempuan dan rendah hati
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Mangostar

Cobalah hal dan pengalaman baru dalam hidup. Setiap hal baru yang dicoba akan memperkaya jiwa. Jiwa yang makin kaya ini pun bisa menghadirkan mental yang lebih kuat. Setidaknya dengan semua pengalaman baru yang dimiliki, kita tak akan mudah panik ketika dihadapkan pada masalah baru. Sebab kita sudah membekali diri dengan kemampuan beradaptasi atau menyesuikan diri dengan lebih baik.

 

 

4. Mengurangi Kebiasaan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

perempuan dan menjalani hidup
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Mangostar

Selama tidak terobsesi dengan standar kebahagiaan orang lain, kamu bisa memiliki hati yang kuat dalam menjalani keseharian. Bahkan hati bisa lebih tenang saat bisa mengurangi kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain. Selain itu, kamu jadi punya lebih banyak waktu untuk mengisi hidupmu sendiri dengan hal-hal yang lebih penting dan bermanfaat.

 

 

5. Membiasakan Diri Melihat Sisi Baik Segala Sesuatu

santai jatuh cinta bahagia
ilustrasi perempuan tersenyum/Blue Titan/Shutterstock

Kalau ada hal tak menyenangkan yang terjadi dalam hidup, kamu mencoba untuk melihat sisi baik dan memetik pelajarannya. Saat ada masalah yang sempat membuatmu terpuruk dan terjatuh, kamu mencoba mengambil hikmahnya. Dari keberanian dan kemampuan untuk melihat sisi baik dari segala sesuatu, kamu bisa membangun kekuatan baru di dalam diri untuk terus melangkah ke depan jalani hidup.

Semoga kamu bisa menjadi perempuan dengan hati yang lebih kuat dan jiwa yang lebih tegar, ya. Terima kasih sudah berjuang melakukan segalanya dengan sebaik mungkin hingga detik ini.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela