5 Karisma yang Bisa Membuatmu Dikagumi Banyak Orang

Endah Wijayanti12 Nov 2022, 07:15 WIB
Diperbarui 12 Nov 2022, 07:15 WIB
perempuan dan menjalani hidup

Fimela.com, Jakarta Kata "karisma" punya definisi atribut kepemimpinan yang didasarkan atas kualitas kepribadian individu. Seseorang yang berkarisma bisa dikagumi banyak orang karena jiwa kepemimpinannya. Selain itu, pembawaan seseorang yang bisa menghadirkan rasa aman dan tenang juga bisa mencerminkan ada karisma yang kuat dalam dirinya.

Masing-masing dari kita pun punya potensi untuk menjadi pribadi yang berkarism. Ada banyak hal yang bisa diusahakan agar kita bisa jadi pribadi yang berkarisma. Seperti lima hal ini yang bisa diusahakan untuk membuatmu jadi pribadi yang makin mudah dikagumi banyak orang.

 

 

1. Menepati Ucapan Sendiri

perempuan bekerja keras
Menjalani hidup dengan penuh makna./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

Karisma dirimu bisa meningkat tiap kali kamu menepati kata-katamu sendiri. Menepati tiap janji yang dibuat, melakukan tindakan yang selaras dengan ucapan, serta menjaga komitmen menjadi kualitas diri yang bisa membuatmu lebih karismatik. Jangan sampai malah bermuka dua dan malah dijauhi orang karena ucapan atau kata-kata yang tak bisa kamu tepati sendiri.

 

 

2. Memperbanyak Kebiasaan Berbagi

perempuan dan bahagia jalan hidup
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Berbagi bisa dilakukan melalui berbagi cara. Bukan sebatas berbagi materi atau kekayaan saja. Berbagi ilmu, info baru, hingga berbagi cerita bisa menjadi hal yang dapat diupayakan dan dimaksimalkan untuk meningkatkan karisma dirimu. Makin banyak kamu berbagi hal baik, maka yakin saja akan makin banyak kebaikan pula yang kamu terima dalam hidup. Kalaupun makin banyak dikagumi orang, itu hanyalah "bonus" saja.

 

 

3. Meningkatkan Empati

tersenyum bahagia zodiak
ilustrasi perempuan manis/Teerawit Chankowet/Shutterstock

Sikap yang penuh empati bisa membuat orang lain merasa lebih dihargai. Kehangatan dan ketulusan hati yang kamu tampilkan saat berempati pada orang lain bisa menghadirkan komunikasi yang lebih baik pula. Sikapmu yang tak hanya mementingkan diri sendiri juga bisa menumbuhkan rasa nyaman di hati orang lain. Kehadiranmu pun bisa selalu disambut dengan tangan terbuka oleh banyak orang.

 

 

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

bunga tersenyum bahagia
ilustrasi perempuan cantik/Morakot Kawinchan/Shutterstock

Kepercayaan dirimu bisa memengaruhi karisma yang kamu miliki. Makin percaya diri, makin berkarisma dirimu. Aura dirimu yang penuh rasa percaya diri bisa mendatangkan rasa aman dan nyaman tersendiri pada diri orang lain. Orang lain pun akan merasa nyaman denganmu karena bisa menjadi dirinya sendiri saat berada di dekatmu.

 

 

5. Menghadirkan Dampak Perubahan Positif

santai jatuh cinta bahagia
ilustrasi perempuan tersenyum/Blue Titan/Shutterstock

Saat kamu bisa menghadirkan perubahan positif bagi orang di sekitarmu atau lingkunganmu, maka karisma dirimu akan lebih menonjol. Walau mungkin dampak yang kamu hadirkan masih kecil, tapi ketika itu bisa memberi pengaruh positif maka kehadiranmu akan senantiasa dinantikan. Apalagi kalau kamu bisa menggerakkan orang-orang di sekitarmu untuk meningkatkan kualitas hidup mereka, maka kamu akan makin dikagumi oleh orang-orang di sekitarmu.

Karisma diri bisa didapatkan melalui penerapan kebiasaan dan hal-hal baik dalam hidup. Semoga kamu juga bisa bersinar dengan kualitas diri terbaikmu, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela