5 Tanda Dirimu Kuat dan Bisa Berdamai dengan Kesepian

Endah Wijayanti12 Nov 2022, 11:45 WIB
Diperbarui 12 Nov 2022, 11:45 WIB
perempuan dan masih bahagia 2

Fimela.com, Jakarta Kesepian akan senantiasa hadir dalam hidup kita. Di tengah kesunyian dan di tengah keramaian, kesepian bisa hadir menyapa. Saat sendirian atau saat bersama pasangan, rasa kesepian juga masih menghinggapi.

Kesepian memang kadang tak nyaman, tapi perlu membenci situasi tersebut. Justru dari caramu menyikapi kesepian, kamu bisa menempa diri untuk memiliki hati yang lebih kuat dan jiwa lebih tegar. Berikut ini lima tanda yang bisa membuktikan sebenarnya ada hati kuat di dalam dirimu.

 

 

1. Tahu Cara Mengelola Stres sesuai Kebutuhan

perempuan dan menghadirkan rasa bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/chombosan

Hidup di dunia modern dan serba dinamis membuat kita gampang stres saat merasa kesepian. Mengutip buku Loving the Wounded Soul, manusia modern menghadapi krisis yang sangat besar. Otak manusia tidak dirancang untuk hidup dalam perasaan sepi yang berkepanjangan dan tubuh manusia tidak dirancang untuk menerima informasi yang sangat banyak. Manusia modern juga memiliki kortisol dalam level yang konstan tinggi, sehingga rentan stres. Saat kamu bisa dan mampu mengelola stres dengan baik, maka sebenarnya kamu bisa berdamai dengan kesepian.

 

 

2. Bisa Mengisi Waktu dengan Hal yang Disukai

tersenyum minum teh pagi hari
ilustrasi perempuan bahagia/TimeImage Production/Shutterstock

Saat merasa kesepian, kamu memanfaatkan waktu dan perasaan yang hadir sebagai ruang untuk melakukan hal yang kamu sukai. Ketika bisa meluangkan waktu melakukan hal yang disukai atau disenangi saat merasa kesepian, kamu bisa lebih mudah berdamai dengan perasaan yang ada. Selain itu, kamu juga bisa lebih nyaman menjadi diri sendiri.

 

 

3. Tidak Ada Rasa Ingin Membenci Keadaan

perempuan dan hati yang penuh bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Mangostar

Kesepian yang hadir tidak kamu benci. Keadaan atau situasi yang menyertainya pun tak kamu benci. Saat kamu bisa menerima semua realitas yang ada dengan hati yang lebih lapang, maka kamu bisa lebih kuat. Serta, bisa lebih mudah berdamai dengan rasa kesepian yang ada. Bahkan hatimu akan lebih mudah bersyukur dengan perasaan yang hadir tersebut.

 

 

4. Bisa Menghadirkan Senyum

senyum santai minum kopi teh
ilustrasi perempuan bahagia/theshots.co/Shutterstock

Selama kamu masih bisa tersenyum, yakinlah bahwa kamu akan baik-baik saja. Walau senyumanmu masih tipis dan masih ditujukan untuk diri sendiri, itu sudah lebih dari cukup untuk membuat perasaanmu membaik. Hatimu akan mendapatkan kekuatan baru tiap kali kamu bisa menghadirkan senyuman di wajah.

 

 

5. Mampu Melapangkan Hati Menerima Situasi yang Ada

dewasa mandiri bahagia single
ilustrasi perempuan tersenyum/paulaphoto/Shutterstock

Saat hati sudah lebih lapang, kemampuan untuk bertahan dan kembali tenang juga lebih lapang. Kesepian mungkin membuatmu merasa tak nyaman, tapi selama kamu masih bisa melapangkan hati menerima keadaan dan situasi yang ada maka sebenarnya kamu punya hati yang kuat. Sebab kadang salah satu cara terbijak dalam menyikapi kesepian adalah menerimanya apa adanya.

Semoga dirimu bisa menjalani hidup dengan lebih bermakna lagi, ya. Berdamai dengan kesepian bisa memudahkan kita untuk menikmati hidup dengan lebih baik lagi.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela