4 Tanda Orang Memiliki Sifat Labil, Apa Kamu Salah Satunya?

Gloria Trivena May Ary12 Nov 2022, 20:24 WIB
Diperbarui 12 Nov 2022, 20:27 WIB
4 Tanda Orang Memiliki Sifat Labil, Apa Kamu Salah Satunya?

Fimela.com, Jakarta Setiap individu memiliki sifat dan kepribadian yang berbeda satu sama lain. Begitu pula dengan orang labil yang sering dijumpai di berbagai tempat. Menurut psikologi, labil merupakan suatu kondisi di mana seseorang nggak memiliki pendirian, nggak teguh, sering terombang-ambing, dan memiliki kehidupan yang nggak jelas. Oleh karena itu, pribadi seperti ini jarang sekali diberikan tanggung jawab yang besar.

Ada banyak ciri yang bisa dikenali oleh pemilik sifat labil ini. Nah, untuk memastikan apakah dirimu termasuk orang yang labil atau nggak, maka bisa banget untuk mencari tahu tanda-tanda apa saja  yang terdapat pada karakter ini. Yuk, disimak dulu.

1. Mudah Terpengaruh Orang Lain

4 Tanda Orang Memiliki Sifat Labil, Apa Kamu Salah Satunya?
(c) Shutterstock

Ciri pertama yang bisa ditemukan pada orang yang labil adalah ia dapat dengan mudah terpengaruh oleh lingkungan di sekitarnya. Individu seperti ini biasanya sering melakukan apa yang orang lain katakan, meski itu bukan murni keinginan mereka. Dia nggak akan berpikir dahulu apakah hal tersebut akan merugikan dirinya atau nggak.

Selain itu, orang labil cenderung mudah dihasut dan diperdaya oleh orang lain. Pribadi ini bahkan bisa dengan mudah menelan kabar apa saja yang diberikan, tanpa menyeleksinya dulu dan berpikir panjang. Karena itulah, individu seperti ini sering sekali ditipu, bahkan oleh orang terdekatnya sekalipun.

2. Nggak Konsisten

4 Tanda Orang Memiliki Sifat Labil, Apa Kamu Salah Satunya?
(c) Shutterstock

Mudah terombang ambing dan nggak konsisten menjadi tanda selanjutnya dari seseorang yang labil. Pribadi seperti biasanya suka setengah-setengah dan nggak maksimal dalam melakukan sebuah pekerjaan. Dirinya juga sering berubah pikiran saat berada di tengah jalan. Pikirannya selalu ke mana-mana dan nggak menentu pula.

Sifat nggak konsistennya ini bahkan bisa berujung ke arah sulitnya melakukan komitmen. Misalnya saja jika ia memiliki janji dengan teman-temannya untuk datang tepat waktu pada sebuah pertemuan. Namun, nyatanya ia malah telat dan bahkan datang pada waktu yang lebih lama dari perjanjian awal. Nah, ini menjadi bukti bahwa individu tersebut nggak bisa berkomitmen dalam waktu yang ditetapkan.

3. Sulit Mengendalikan Emosi dan Perasaan

4 Tanda Orang Memiliki Sifat Labil, Apa Kamu Salah Satunya?
(c) Shutterstock

Individu yang memiliki sifat labil umumnya memiliki kesulitan untuk mengatur emosi yang dimiliki. Ia cenderung kurang dewasa dan masih belum matang dalam menghadapi perasaan tertentu. Seringkali pula, pribadi ini akan bertindak sesuai emosinya tanpa tahu apa akibat yang bisa dihasilkan.

Orang jenis ini kerap kali gampang tersinggung dengan apa yang dikatakan dan dilakukan lainnya. Ia bisa marah tanpa sebab hingga lepas kendali. Alhasil, nggak cuma diri sendiri yang dirugikan, melainkan juga orang lain yang ada di dekatnya.

4. Suka Lari dari Permasalahan 

4 Tanda Orang Memiliki Sifat Labil, Apa Kamu Salah Satunya?
(c) Shutterstock

Seturut dengan sifatnya yang nggak berpendirian, orang labil diketahui juga suka lari dari permasalahannya. Alih-alih memikirkan solusi atau jalan keluar, ia lebih memilih untuk menghindari hal tersebut dan nggak jarang melimpahkannya kepada orang lain. Tentu saja kondisi ini akan merugikan siapapun yang sengaja atau nggak terlibat dengan orang seperti ini.

Orang labil biasanya menganggap bahwa sebuah masalah yang terjadi adalah penuh kesalahan keadaan dan orang-orang di sekitarnya. Ia sering menyalahkan apapun yang ada agar nggak merasa terpojok. Karena itulah, ia menarik diri terhadap segala kendala yang ditemui dan bertingkah seperti pengecut.

Nah, itulah beberapa ciri yang dimiliki oleh orang labil. Meski sulit, namun nggak ada kata mustahil untuk mengubah berbagai sifat ini secara perlahan. Asal ada ketekunan dan keinginan, orang labil pun bisa berubah menjadi lebih baik lagi. Semoga bermanfaat.

What's On Fimela