5 Cara agar Tak Gampang Dijatuhkan Orang Lain

Endah Wijayanti16 Nov 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 16 Nov 2022, 14:00 WIB
perempuan mandiri

Fimela.com, Jakarta Dalam hidup kadang kita bertemu dengan orang-orang yang tak ingin kita lebih baik atau lebih berkembang. Orang yang berniat buruk ingin kita jatuh. Bahkan mereka melakukan berbagai macam cara untuk meremehkan atau memandang rendah diri kita.

Agar tak gampang dijatuhkan orang lain, kita perlu membekali diri dengan kemampuan untuk tetap kuat dan bertahan di masa sulit. Ada sejumlah kualitas diri yang bisa kita maksimalkan agar kita bisa menjadi perempuan yang lebih kuat. Berikut ini lima cara yang bisa dilakukan.

 

 

1. Percaya Diri dengan Kelebihan Diri

dewasa karier mandiri berjas
ilustrasi perempuan bekerja/TimeImage Production/Shutterstock

Pastinya kamu punya kelebihan diri yang bisa membuatmu bersinar. Maksimalkan dan optimalkan kelebihan diri yang dimiliki tersebut. Percaya dirilah dengan kelebihan yang kamu punya. Orang lain yang berniat menjatuhkanmu bisa minder dan mundur duluan saat melihatmu memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

 

 

2. Jaga Harga Diri

perempuan dewasa mandiri kalem
ilustrasi mendengarkan musik/Dean Drobot/Shutterstock

Jaga harga diri sebaik mungkin. Langkah awalnya bisa dengan lebih menyayangi dan mencintai diri sendiri sebaik-baiknya. Kamu pun bisa bersikap lebih tegas ketika ada orang yang telah melewati batas dan menginjak-injak harga dirimu. Keberanian untuk menjaga harga diri bisa membuatmu jadi lebih kuat dan tangguh lagi.

 

 

3. Menjadi Pribadi yang Tak Tergantikan

perempuan dan menjadi mandiri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/PRImageFactory

Jalankan peran yang diberikan padamu sebaik mungkin. Maksimalkan hal-hal yang bisa dicapai dengan peran yang diimiliki saat ini. Jadilah ahli di posisi atau jabatanmu saat ini. Buat dirimu sebagai pribadi yang tak tergantikan. Orang yang berniat menjatuhkanmu akan ragu untuk melakukan hal buruk padamu saat keberadaanmu terbukti sangat penting bagi banyak orang.

 

 

4. Meningkatkan Kemandirian

mandiri dewasa bahagia paruh baya
ilustrasi perempuan bekerja/Dragon Images/Shutterstock

Mandiri secara finansial bisa memudahkanmu untuk bertahan di masa sulit. Membiasakan hidup mandiri dan berdaya bisa membantumu untuk tidak gampang panik menghadapi masalah-masalah baru dalam hidup. Dengan kemandirian yang kamu punya, kamu tak akan mudah tertekan atau stres saat ada orang yang ingin menjatuhkanmu. Sebab kamu telah membekali dirimu sendiri dengan kemampuan untuk bertahan di masa sulit secara mandiri.

 

 

5. Tak Perlu Memaksa Orang Lain Berubah

tegas dewasa mandiri
ilustrasi perempuan bekerja/F8 studio/Shutterstock

Mengutip buku Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang, "Dalam kehidupan sehari-hari, ada orang yang akan melempar sampah dan pergi begitu saja. Ada orang yang bisa menghadapi hal itu sambil tertawa atau dengan serius, tetapi ada juga orang yang tidak tahu harus berbuat apa." Kita tak bisa mengontrol sikap dan tindakan orang lain terhadap kita. Tak bisa memastikan semua orang akan berbuat baik kepada kita. Ada saja yang akan menyudutkan dan menjatuhkan kita. Namun, kita masih punya kendali dalam mengontrol respons kita terhadap orang-orang yang dai sekitar kita dengan tetap menjaga kewarasan dan kejernihan pikiran.

Semoga ke depannya kamu bisa tetap nyaman dan bahagia menjalani hidupmu, ya. Apresiasi semua usaha terbaik yang sudah kamu lakukan dan upayakan hingga saat ini.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela