5 Cara Kuatkan Diri saat Dikecewakan Seseorang

Endah Wijayanti17 Nov 2022, 12:15 WIB
Diperbarui 17 Nov 2022, 14:05 WIB
perempuan tangguh

Fimela.com, Jakarta Dikecewakan seseorang memang bisa membuat kita merasa tak nyaman. Bahkan ada perasaan campur aduk yang hadir, mulai dari rasa marah, kesal, sampai bersalah. Pengalaman dikecewakan seseorang, khususnya orang terdekat bahkan bisa meninggalkan luka yang sangat pahit.

Sebelum makin terpuruk dalam rasa sedih dan marah, kita bisa berupaya untuk kembali kuatkan dan tegarkan diri. Ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan agar hati bisa pulih dan kembali kuat setelah dikecewakan seseorang.

 

 

1. Sadari Keterbatasan Diri

perempuan dan waktu sendiri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Chaay_Tee

Kamu bisa coba untuk menenangkan diri lebih dulu. Sadari keterbatasan diri yang kamu miliki, yaitu bahwa kamu tak bisa mengontrol respons orang lain sesuai kehendak hatimu. Walaupun pahit, terima kenyataan bahwa orang-orang di sekitar kita bisa mengecewakan kita dengan cara yang tak pernah kita duga. Kamu pun perlu melapangkan hati menerima realitas ini agar tidak makin membebani diri dengan hal yang di luar kendali diri.

2. Hadirkan Maaf

mencintai diri sendiri
ilustrasi perempuan self love/Photo by Cxpturing Souls from Pexels

Maafkan orang yang telah mengecewakanmu. Maafkan juga dirimu sendiri yang mungkin belum bisa melakukan segala sesuatunya dengan benar-benar sempurna. Hadirkan maaf untuk segalanya. Sebuah maaf bisa hadirkan hati yang lebih ikhlas dan lapang.

3. Atur Ulang Ekspektasi Diri

santai bahagia ceria mencintai diri sendiri
ilustrasi perempuan dewasa mandiri/atiger/Shutterstock

Kadang penyebab utama yang membuat kita merasa sedih saat dikecewakan seseorang adalah karena ada ekspektasi kita yang tak terpenuhi. Awalnya, kamu berharap orang tersebut bisa menerima dan menanggapi usahamu dengan baik. Namun, ketika yang terjadi sebaliknya, kamu merasa tidak dihargai. Di sini, kamu bisa coba atur ulang ekspektasi diri. Setidaknya dari pengalaman yang ada, kamu jadi belajar untuk tidak lagi berlebihan dalam berekspektasi terhadap seseorang.

4. Pulihkan Harga Diri

jatuh cinta mandiri mencintai diri sendiri dewasa single
ilustrasi perempuan bahagia/nokkaew/Shutterstock

Salah satu cara untuk memulihkan harga diri adalah dengan kembali menyayangi diri sendiri. Kamu bisa coba untuk melakukan sesuatu yang kamu suka untuk tenangkan dirimu. Melakukan hal-hal yang baik dan menyenangkan untuk diri sendiri bisa hadirkan rasa nyaman yang baru. Hatimu pun bisa membaik seiring waktu berjalan.

5. Kuatkan Tekad Membuka Lembaran Baru

perempuan dan jalan traveling sendiri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

Pengalaman dikecewakan seseorang itu sudah berlalu. Kini, coba fokus untuk lakukan hal-hal yang masih bisa diupayakan dengan baik. Buka lembaran baru hidup dan sambut hari baru dengan senyuman. Tak perlu menyimpan dendam atau memiliki niat untuk melakukan hal buruk pada orang yang telah mengecewakanmu.

Semoga hatimu bisa lebih kuat dan tegar lagi, ya. Terima kasih sudah bertahan dengan baik dengan tetap menjadi orang baik hingga saat ini.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela