Sukses

Lifestyle

5 Etika Berikirim Pesan Online yang Penting untuk Diperhatikan

Fimela.com, Jakarta Di era yang serba modern atau digital seperti sekarang ini, berkomunikasi lewat gadget bukanlah hal yang asing lagi. Komunikasi lewat gadget melalui chat atau kirim pesan, dan telepon langsung adalah hal yang sering kita lakukan. Meski komunikasi lewat gadget adalah hal yang tak asing, kita tetap perlu memperhatikan tata krama dan etika berkomunikasi. Kita juga harus lebih bijak saat berkirim pesan online ke orang lain. 

Menggutip dari laman bestlifeonline.com, sedikitnya ada 5 etika berkirim pesan online yang penting untuk diperhatikan. Apa saja etika tersebut? Simak yang berikut ini.

Pesan Jelas

Usahakan untuk mengirimkan pesan yang jelas. Teliti lagi penulisan pesanmu. Pesan yang kurang jelas, banyak kesalahan dalam pengetikan atau penulisan dan tidak sopan rentan membuat orang lain kecewa dengan isi pesanmu. Pastikan agar pesan yang kamu kirim jelas, mudah dipahami dan dimengerti.

Singkat dan Padat

Pesan yang jelas juga harus diimbangi dengan pesan yang singkat serta padat. Pesan yang singkat, padat namun jelas akan lebih membuat nyaman dibandingkan pesan yang terlalu panjang, berbelit-belit dan sulit dipahami.

Tahu Waktu yang Tepat untuk Berkirim Pesan

Ketahui waktu yang tepat untuk berkirim pesan ke orang lain. Hindari berkirim pesan di saat orang lain sedang sibuk dengan pekerjaannya atau sedang istirahat. Hindari mengirim pesan berulang apalagi jika pesanmu belum dibalas. Sebaiknya tunggu beberapa saat. Hindari juga berikirim pesan di tengah malam ketika orang lain tak mungkin membaca pesanmu.

Tahu dengan Siapa Berkirim Pesan

Pastikan kamu tahu dengan siapa kamu berkirim pesan. Saat kamu mengetahui dengan siapa kamu berkirim pesan, ini akan mendorongmu menjadi pribadi yang lebih sopan, santun dan bijak. Ini juga akan memungkinkanmu lebih nyaman ngobrol lewat pesan online.

Cepat Balas

Usahakan untuk cepat membalas pesan dari orang lain jika kamu sudah mengetahui pesan tersebut. Hindari menunda-nunda membalas pesan apalagi jika pesan itu penting. Ketika kamu berusaha membalas pesan orang lain dengan cepat, orang pun akan melakukan hal yang sama ketika kamu berkirim pesan padanya.

Itulah sedikitnya lima etika berkirim pesan online ke orang lain. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk, lebih bijak dan sopan saat berkirim pesan atau berkomunikasi dengan orang lain lewat telepon pun chat di media sosial.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading