Sukses

Lifestyle

6 Cara Merawat Hamster Bagi Pemula yang Harus Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Hamster merupakan salah satu hewan kecil yang lucu dan banyak disukai, bagi beberapa orang yang memelihat hewan satu ini mengatakan bahwa hamster merupakan hewan yang sangat baik dan penurut. Terkadang hewan satu ini tidak membutuhkan banyak perhatian karena kandangnya memiliki banyak permainan yang membuatnya senang.

Sayangnya, banyak orang yang ingin memelihara hewan lucu satu ini tidak tahu bagaimana cara merawatnya dengan baik. Meskipun perawatan hewan lucu satu ini tidaklah sulit, tetapi sangat penting bagi para pemula untuk mengetahui pemhaman dasar tentang memelihara hamster satu ini.

Umur hamster sendiri relative sangat singkat sekitar 1-2 tahun, tetapi bisa bertahan hidup hingga 5 tahun. Hamster juga dapat dikatakan sebagai hewai nocturnal dan suka menggali makanan maupun menimbun makanan. Berikut beberapa cara merawat hamster bagi para pemula yang perlu kamu tahu:

1. Meletakkan Hamster di Tempat yang Tepat

Hamster kecil membutuhkan rumah yang sangat aman untuk menjelajah ruang mereka, seperti menjelajahi warna, tabung, aksesoris, dan beberapa tambahan untuk menciptakan habitat yang unik pada hamster. Tak heran banyak orang yang memiliki hamster akan menggunakan terowongan kecil di kandang hamster sendiri.

2. Menutupi Habitat dengan Kain Tipis selama Beberapa Hari Pertama

Saat kamu membawa pulang hamster satu ini tentu semuanya akan tampak baru bagi mereka, beri nereja rauangan untuk mengenal gabitat baru mereka selama beberapa hari, pastikan untuk tidak memberi beberapa gangguan. Ada baiknya untuk menempatkan kain tipis diatas ruang mereka dan jangan ragu saat membuka kain setelah beberapa hari.

3. Beri Makanan yang Beragam

Sama seperti manusia, tentu kamu tidak akan makan hal yang sama setiap hari bukan? Dalam satu haripun kamu dapat mengonsumsi beberapa makanan yang berbeda. Selain memberi beberapa makanan normal untuk hamster, cobalah untuk memberi mereka sedikit wortel, labu, brokoli, atau buah beri. Ada baiknya, sebelum memberi dapat menanyakan kepada dokter terlebih dahulu.

4. Bersihkan dan Cuci Kandang Hamster Secara Teratur

Ada cara untuk menyenangkan antara menjaga kebersihan dan kenyamanan bagi pada kandang hamster, selain itu hal ini juga dapat memberikan hal yang baik untuk hamster. Dengan membersihkan area toilet setiap hari, dengan melakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Mengganti tempat tidur seperlunya bila kotor dan basah.
  • Membersihkan piring makanan setiap minggu.
  • Mengganti air setiap hari.
  • Mengosongkan seluruh habitat setiap minggu.

5. Memberikan Banyak Waktu di Luar Habitat

Selain itu cara lain untuk merawat hamster adalah dengan melatih hamster serta mendapatkan waktu luang untuk dibutuhkan, pastikan untuk memberikan waktu bermain yang cukup di luar habitatnya setiap minggu.

6. Luangkan Waktu untuk Menjalin Ikatan dengan Hamster

Kesabaran, memberi makan secara teratur, banyak waktu bermain di luar habitatnya atau mungkin memberikan pembicaraan yang lembut pada hamster tentu akan membantu untuk menjalin ikatan dengan hamster sendiri. Pastikan untuk selalu mendekati hewan peliharaan secara perlahan dan berbicara dengannya secara percakapan.

Merawat hamster sendiri sangatlah mudah, akan tetapi jika kamu masih pemula dan ingin coba merawatnya pastikan untuk mengetahui pemahaman dasarnya terlebih dahulu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading