Sukses

Lifestyle

5 Cara Merapikan Gigi Tanpa Menggunakan Behel, Bisa Kamu Coba

Fimela.com, Jakarta Gigi yang rapi sangat penting untuk penampilan kita. Tidak hanya terlihat lebih bersih dan rapi, namun bisa membuat penampilan jadi lebih menarik. Selain itu, gigi yang rapi bisa membuat kamu terlihat lebih profesional.

Salah satu cara untuk merapikan gigi adalah dengan menggunakan behel atau kawat gigi. Namun terkadang penggunaan kawat gigi bisa menimbulkan efek samping. Salah satu efek sampingnya adalah menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan bisa membuat gusi jadi iritasi dan terluka. Apalagi behel digunakan dalam waktu yang tidak sebentar.

Lalu apakah ada cara lain untuk merapikan gigi selain menggunakan behel? Masih ada kok cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tampilan gigi yang lebih rapi. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

Gigi Rapi Tanpa Behel? Bisa!

1. Menggunakan Aligner

Cara merapikan gigi yang satu ini mungkin masih belum banyak diketahui orang. Aligner merupakan alat penyangga gigi yang tipis dan terbuat dari plastik bening sehingga ketika digunakan.

Dalam jurnal Health Behavior News Service, aligner dapat digunakan untuk mengobati maloklusi minor pada remaja dan dewasa. Penampakan alat ini hampir mirip dengan retainer yang biasa dipakai setelah lepas behel gigi. Bedanya dengan retainer, alat ini terbuat dari 100 persen plastik bening dan lebih lentur.

Kelebihan alat ini tidak akan mengganggu proses mengunyah dan menggigit makanan. Terlebih, ukuran dari aligner pun disesuaikan dengan ukuran gigi penggunanya. Dalam penggunaannya, aligner harus diganti setiap 2-3 minggu sekali, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Menggunakan Veneer

Menurut penelitian Contemporary Clinical Dentistry, ini adalah cara memutihkan gigi yang banyak diminati karena kecanggihannya. Tak hanya itu, rupanya veneer menjadi salah satu cara merapikan gigi, lho.

Veneer sendiri merupakan lapisan tipis yang umumnya terbuat dari porselen, dengan warna yang menyerupai gigi asli, sekaligus memberikan kesan gigi yang lebih bersih. Veneer juga seringkali digunakan untuk merapatkan gigi yang berjarak kalau kamu tidak ingin menggunakan behel.

3. Menggunakan Kontur Gigi

Kontur gigi atau yang disebut dengan dental contouring adalah teknik menghilangkan beberapa bagian kecil enamel (lapisan luar) untuk mengubah bentuk, panjang, dan permukaan satu gigi atau lebih. Meski terkesan membuat gigi menjadi terasa ngilu atau nyeri, namun nyatanya pengambilan enamel gigi sama sekali tidak membuat gigi merasakan hal tersebut. Justru setelah proses kontur gigi selesai, kamu akan memiliki bentuk gigi yang lebih indah, presisi, dan juga senyum yang menawan.

 

Cara Merapikan Gigi Tanpa Behel

4. Makan Buah

Cara merapikan gigi selanjutnya adalah sering mengonsumsi buah. Pilih buah yang teksturnya padat seperti apel, jambu biji, pir, dan lain-lain. Tekstur padat buah bisa mendorong gigi menjadi lebih rapi.

Caranya adalah sebagai berikut ini: Kupas kulit buah dan bersihkan . Saat menggigit buah, dorong gigi bagian atas dengan buah yang dipegang.Lakukan beberapa menit, baru kemudian buah tersebut bisa kamu konsumsi

5. Menggunakan Benang Gigi

Benang gigi atau dental floss biasanya digunakan untuk membersihkan sisa makanan yang masih menempel di sela-sela gigi. Namun, teknik bisa menjadi salah satu cara merapikan gigi.

Caranya:

  1. Ambil benang gigi sepanjang sekitar 45 cm dan lilitkan kedua ujung benang pada jari tengah tangan kanan dan kiri.
  2. Pegang erat benang gigi dengan dibantu oleh ibu jari dan jari telunjuk.
  3. Selipkan benang gigi secara perlahan pada salah satu sela gigi, lalu gesekkan dengan membentuk pola huruf C.
  4. Gerakkan benang naik dan turun secara lembut dan perlahan agar tidak melukai gusi.
  5. Terapkan hal yang sama pada sela-sela gigi yang lain.

Nah itu dia beberapa cara untuk merapikan gigi tanpa harus menggunakan behel. Kamu bisa mencobanya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading