13 Cara Mengecilkan Pinggang Mulai dengan Cara Sehat

Vania Al kautsar23 Nov 2022, 10:18 WIB
Diperbarui 23 Nov 2022, 10:28 WIB
Pinggang - Vania

Fimela.com, Jakarta Timbunan lemak dalam tubuh terutama pada lingkar pinggang sendiri terkadang akan memperngaruhi kepercayaan diri seseorang, ukuran pakaian, serta kesehatan seseorang. Dengan mengecilkan pinggang aray mengurangi ukutan pinggang sendiri dapat memberi banyak risiko kesehatan untuk tubuh.

Mengecilkan bagian pinggang mungkin akan menantan bagi kebanyakan orang, karena dapat berhubungan dengan olahraga maupun pola makan yang baik dan sehat. Meskipun olahraga dapat mengencangkan bagian otot di bawah lemak perut sendiri akan tetapi hal ini tidak akan terlihat hasilnya jika tidak melakukan penurunan berat badan.

Olahraga harian juga dapat membakar antara 400 hingga 500 kaloiri, meskipun hal ini sangat penting untuk memberi tubuh setidaknya satu hari olahraga. Nah, berikut beberapa cara mengecilkan pinggang yang perlu kamu tahu:

Sesuaikan Pola Makan

Makan - Vania
Ilustrasi Makan/https://www.shutterstock.com/ViDI Studio

1. Mengurangi Kalori

Salah satu cara untuk mengecilkan pinggan atau menurunkan berat badan yaitu mengetahui kebutuhkan kalori, dengan mengurangi asupan kalori harian sebesar 500 hingga 1.000 kalori ternyata dapat berkontribusi dalam penurunan berat badan terutama pada bagian pinggang.  Kamu dapat melakukan diet deficit kalori dengan makan yang lebih sedikit agar membakar lebih banyak energi melalui aktivitas fisik.

2. Makan yang Serat dan Cukup

Diet akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan beberapa produk susu yang memiliki kandungan lemak yang rendah dapat meminimalisir berat badan. Mengatur pola makan dengan mengonsumsi beberapa makanan yang tinggi terutama yang bergizi dan memiliki serat yang banyak.

3. Membatasi Makanan Olahan

Makan - Vania
Ilustrasi Makan/https://unsplash.com/Icon8 Team

Terkadang kita tidak perlu menghilangkan makanan favorit dari menu diet sepenuhnya terutama saat ingin mengecilkan pinggang dengan cepat. Ada baiknya, untuk makan lebih jarang dan mengurangi ukuran porsi saat ini. Misalnya sering mengonsumsi 1 batang coklat di setiap harinya, cobalah untuk mengurangi dengan mengonsumsi 1 atau dua kotak daripada satu batang. Berikut beberapa makanan yang harus kamu batasi:

  • Makanan panggang.
  • Cemilan tinggi sodium seperti kripik.
  • Gorengan.
  • Makanan cepat saji.
  • Permen.

4. Memperhatikan Cairan Tubuh

Ternyata kelebihan kalori cair yang bertambah seperti kalori makanan dalam merupakan salah satu cara yang tepat untuk melangsingkan pinggang dengan cepat. Beberapa minuman seperti soda maupun jus dan bir harus dibatasi maupun dihindari saat ingin menurunkan berat badan saat ini.

Berolahraga Secara Teratur

Olahraga - Vania
Ilustrasi Nafas/https://www.shutterstock.com/Mix and Match Studio

5. Yoga

Program yoga intensif ternyata dapat menurunkan lingkar pinggang, selain itu yoga mungkin akan sangat efektif untuk memangkas lingkar pinggang karena selain dapat membakar kalori yoga juga dapat membantu mengelola stress yang kerap terjadi. Cobalah untuk melakukan yoga di rumah atau mengikuti latihan yoga dengan instruksi.

6. Melakukan Planks

Gerakan olahraga satu ini merupakan salah satu latihan isometric yang gerakannya dapat mempertahankan posisi dengan tolak angkat. Planks sendiri diperunrukkan untuk melatih otot perut serta otot yang mengelilingi inti dan dapat membantu mendukung postur tubuh yang sehat. Mulailah dengan posisi push up dengan tangan di samping dan kaki selebar bahu, mungkin akan membantu kamu untuk melakukan latihan ini diatas matras yoga tipis atau permulkaan empuk lainnya.

7. Melakukan Aktivitas Kardio

yoga
ilustrasi yoga/Photo by Elly Fairytale from Pexels

Salah satu cara untuk menghilangkan lemak di dalam tubuh terutama pada bagian pinggang dan seluruh tubuh yaitu dengan melakukan latihan kardio. Setidaknya lakukan selama 150 menit dalam seminggu, berikut beberapa contoh aktivitqas kardio yang dapat kamu coba seperti di bawah ini:

  • Jogging.
  • Hiking.
  • Bersepeda.
  • Renang.
  • Menari.

8. Latihan Kekuatan Otot

Jika kamu memiliki tujuan untuk mengurangi lemak di dekat pinggang atau bagian tubuh lainnya, sangat penting untuk melakukan latihan kekuatan. Hal ini tentu akan membantu membangun otot serta dapat membakar kebih banyak kalori saat istirahat, selain itu melakukan aktivitas penguatan seluruh tubuh dengan intensitas yang sedang.

9. Bergerak Lebih Banyak

jalan kaki
Ilustrasi jalan kaki di alam terbuka/copyright freepik.com/bristekjegor

Tak harus melakukan olahraga yang berat di setiap harinya dengan bergerak lebih banyak daripada duduk seharian dapat membantumu untuk mengecilkan pinggang. Kamu dapat melakukan lebih banyak aktivitas dalam sehari-hari seperti di bawah ini:

  • Berjalan kaki singkat disetiap harinya.
  • Melakukan peregangan saat didepan komputer.

Melakukan Perubahan Gaya Hidup

Tidur - Vania
Ilustrasi Tidur/https://www.shutterstock.com/Volha_R

10. Tidur yang Cukup

Kurang tidur sering dikaitkan dengan masalah penambahan berat badan dan risiko yang lebih tinggi untuk masalah kesehatan seperti diabetes maupun depresi. Untuk mencegah masalah satu ini ada baiknya orang dewasa untuk tidur setidaknya 7 jam setiap malam. Memiliki tidur yang cukup dan berkualitas ternyata dapat membantu melangsingkan pinggang.

11. Mengatur Pola Makan

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bervariasi mulai dari akan kaya buah maupun sayuran, seperti serat, vitamin D, dan lainnya ternyata baik untuk menurunkan berat badan terutama lingkar pinggang. Dengan menghindari beberap makanan olahan, karbohidrat, gula, ternyata dapat membantu mengurangi kalori serta dapat menghilangkan lebih cepat.

12. Perubahan Gaya Hidup

Jalan Kaki
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/ bbernard

Perubahan gaya hidup menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah satu ini, selain itu dapat mempercepat penurunan berat badan. Berjalan kaki setiap hari ternyata dapat meningkatkan metabolism dalam tubuh, selain itu dengan berjalan dapat membantu mempercepat pencernaan. Selain itu dengan berjalan kaki dapat menurunkan berat badan lebih cepat.

13. Mengelola Stres

Stress yang tinggi ternyata dapat memicu kebiasaan dan dapat meningkatkan berat badan, seperti memakan banyak makanan olahan maupun lebih banyak duduk. Menjaga tingkat stress agar terkendali merupakan salah satu cara untuk mendukung penurunan berat badan serta dapat mengurangi ukuran pinggang, ada baiknya jika kamu mengalami stress yang tak tertahankan untuk menemui terapis dan mencari tahu bagaimana cara menghadapi sebuah masalah.

Agar tetap termotivasi untuk mengecilkan pinggang sangat penting untuk melakukan berbagai macam hal dan cara diatas, hasil akhir dari pinggang yang kecil tergantung bagaimana cara kita melakukan olahraga dan mengatur pola makan dengan baik.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela