5 Cara Membuat Hidupmu Makin Bahagia dengan Hal Sederhana

Endah Wijayanti27 Nov 2022, 08:45 WIB
Diperbarui 27 Nov 2022, 08:45 WIB
perempuan dan masih bahagia

Fimela.com, Jakarta Kita semua pasti ingin hidup yang bahagia. Masing-masing dari kita menginginkan adanya kebahagiaan dalam keseharian yang kita lakukan. Untuk bisa bahagia pun bisa dimulai dari cara-cara sederhana.

Berikut ini lima cara yang bisa dicoba untuk membuat hidupmu terasa makin bahagia. Tak harus menunggu terjadinya sebuah kejadian besar atau mendapatkan sesuatu untuk bahagia. Melalui upaya-upaya sederhana pun kita bisa menghadirkan kebahagiaan dalam hidup kita.

 

 

1. Menerima Masa Kini dengan Hati Lapang

perempuan dan menghadirkan rasa bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/chombosan

Mengutip buku The Comfort Book, satu dari sepuluh hal yang tidak akan membuat kita lebih bahagia adalah membayangkan kebahagiaan adalah sebuah tempat yang dapat kita capai bila segala sesuatunya sudah kelar. Dengan kata lain, tak harus menunggu mendapat sesuatu atau berhasil meraih sesuatu untuk bahagia. Menerima masa kini dan realitas yang ada sudah bisa hadirkan kebahagiaan sendiri.

 

 

2. Menjadi Diri Sendiri

perempuan dan masih bahagia 2
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/RSrisuneton

Terus menerus memakai topeng dan menjadi orang lain hanya akan membuat diri sendiri lelah. Menjadi seseorang yang bukan diri kita pada dasarnya hanya akan menghambat kebahagiaan kita sendiri. Maka, saatnya untuk lebih percaya diri dengan menjadi diri sendiri agar kebahagiaan bisa kita peroleh dengan lebih mudah.

 

 

3. Berhenti Mengendalikan Segala Sesuatu

perempuan dan masih bahagia 1
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/nut_foto

Mencoba mengendalikan segala sesuatu di dunia yang penuh ketidakpastian bisa membuat kita tertekan dan stres sendiri. Pada kenyataannya kendali kita terbatas. Kemampuan kita pun terbatas. Tak semua hal bisa kita kendalikan sesuai kehendak pribadi. Jadi, daripada makin stres karena memaksakan diri mengendalikan segala sesuatu, mending lebih bijak lagi dalam mengatur hal-hal yang bisa dikendalikan dan melepas hal-hal yang sudah tak bisa diubah atau dikendalikan lagi.

 

 

4. Apresiasi Hal-Hal Kecil

perempuan dan hati yang penuh bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Mangostar

Sulit untuk bisa merasa bahagia terhadap hal-hal besar, kalau terhadap hal-hal kecil kita tak bisa merasakan atau menghadirkan kebahagaian. Untuk itu, mulai mengapresiasi hal-hal kecil untuk bisa bahagia. Hidup akan terasa lebih indah saat hal-hal sederhana yang kita dapatkan bisa kita syukuri dan apresiasi dengan sepenuh hati.

 

 

5. Meningkatkan Kemampuan Mengelola Stres

perempuan dan bahagia apa adanya
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Dalam hidup kita akan dihadapkan pada hal-hal yang tak nyaman. Serta, kita akan dihadapkan pada situasi-situasi yang membuat kita tertekan. Di sini, kita perlu membekali diri dengan kemampuan mengelola stres yang lebih baik. Saat kita sudah tahu dan dapat menemukan cara yang tepat untuk mengelola stres, maka kita bisa lebih mudah merasakan kebahagiaan dalam hidup kita.

Itu tadi lima hal sederhana yang bisa dicoba untuk membantu kita memiliki hidup yang lebih bahagia. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela