Cara Menghitung Kebutuhan Kalori dalam Tubuh, Awas Jangan Salah

Vania Al kautsar24 Nov 2022, 14:16 WIB
Diperbarui 24 Nov 2022, 14:25 WIB
Makan - Vania

Fimela.com, Jakarta Mengetahui sebarapa banyak kalori yang cukup untuk kebutuhan tubuh yang dapat dikonsumsi setiap harinya tentu sangat penting untuk menurunkan, menambah, atau mungkin mempertahankan berat badan seseorang. Salah satu cara untuk mengetahui kebutuhkan kalori seseorang adalah  melalui perhitungan.

Melansir dari verywellfit.com, Untuk menentukannya yaitu dengan teknis atau rumus yang disebut Harris-Benedict, yaitu salah satu metode yang digunakan untuk memperkitakan tingkat metabolism basal (BMR). BMR sendiri adalag laju metabolism konversi kalori dan oksigen yang menjadi energi untuk istirahat, ini merupakan salah satu tingkat minimum energi yang dibutuhkan untuk mempertahankan fungsi vital.

Mengurangi kalori pada makanan merupakan salah satu metode penurunan berat badan yang sangat efektif, akan tetapi menentukan dengan tepat dan sebarapa banyak kalori dapat menjadi masalah yang cukup rumit. Berikut beberapa cara menghitung kebutuhan kalori dalam tubuh yang baik:

Rata-Rata Kebutuhan Kalori Manusia

Makan - Vania
Ilustrasi Makan/https://www.shutterstock.com/RossHelen 

1. Perempuan

Usia dan kebutuhan kalori harian:

  • Usia 19 – 30 kebutuhan kalori 2.000 – 2.400.
  • Usia 31 – 59 kebutuhan kalori 1.800 – 2.200.
  • Usia 60 keatas 1.600 – 2.000.

Selain itu kebutuhan kaloti pada perempuan juga dapat bergantung pada usia, ukuran, serta tingkat aktivitasnya. Sebagian besar perempuan yang memiliki usia 19 tahun biasanya akan mempertahankan berat badannya untuk mengetahui kebutuhan kalori hariannya.

2. Laki-laki

Usia dan kebutuhan kalori harian:

  • Usia 19 – 30 tahun kebutuhan kalori 2.400 – 3.000.
  • Usia 31 – 59 tahun kebutuhan kalori 2.200 – 3.300.
  • Usia 60 tahun keatas 2.000 – 2.600.

Seperti halnya perempuan, kebutuhan kalori pada laki-laki juga sangat bervariasi berdasarkan beberapa faktor. Jika kamu ingin mempertahankan berat badan tentu harus mengetahui kebutuhan kalori yang bergantung pada usia. Selain itu laki-laki yang sangat aktif atau memiliki kondisi kesehatan tertentu akan membutuhkan lebih banyak kalori, selain itu angka diatas juga sangat rentan pada faktor usia dan tinggi badan.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori

Makan - Vania
Ilustrasi Makan/https://www.shutterstock.com/ViDI Studio
  1. Ketahui berat badan saat ini dengan kilogram.
  2. Kemudian kalikan berat badan, jika perempuan kalikan dengan 0,9 dan laki-laki kalikan 1,0.
  3. Lalu kalikan 24.
  4. Kalikan dengan faktor lean untuk mengetahui persentase lemak tubuh.
  5. Kemudian kalikan dengan pengubahan aktivitas.

Itulah beberapa cara mengetahui kebutuhan kalori seseorang dengan baik, mengetahui kebutuhan kalori sangat penting untuk mempertahankan berat badan seseorang.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela