4 Penyebab Suara Speaker Handphone Kecil yang Bikin Tak Nyaman

Vania Al kautsar25 Nov 2022, 10:07 WIB
Diperbarui 25 Nov 2022, 10:13 WIB
hp - vania

Fimela.com, Jakarta Pernah menyadari volume speaker pada handphone yang berkurang dan semakin kecil saat digunakan? Hal ini terkadang akan mebuat kita khawatir dan selalu bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi. Tentu saja hal satu ini dapat disebabkan oleh berbagai macam alasan yang membuat handohone sulit mengeluarkan suara dari speakernya.

Terkadang membutuhkan bantuan teknisi sangat penting untuk mengatasi masalah satu ini, sebelum memperbaikinya tentu sangat penting mengetahui penyebabnya. Biasanya suara speaker handphone yang sangat kecil akan mengeluarkan dengungan yang terputus-putus.

Ada beberapa cara mudah untuk mengatasi masalah satu ini, berikut beberapa penyebab suara speaker handphone kecil yang menyebabkan adanya dengungan dan terputus-putus yang kerap sekali terjadi :

1. Tombol Volume yang Salah

hp - vania
ilustrasi hp/https://unsplash.com/Mia Baker

Salah satu masalah perangkat yang keras akan membuat volume menjadi rusak, jika kamu menggunakan tombol volume untuk menaikkan volume dan tidak terjadi apa-apa mungkin saja tombol tersebut rusak. Tentu sangat penting untuk membuka pengaturan suara dan mengecek tombol volume.

2. Pengaturan Telepon

Mungkin saja kamu merusak pada bagian pengaturan speaker di handphone dan mengubah default menjadi sangat rendah, untuk mengatasi masalah satu ini kamu dapat engecek ke pengaturan dan menyesukaikan volume dering, alarm, dan media.

3. Speaker yang Tersumbat Kotoran

hp - vania
ilustrasi hp/https://unsplash.com/Sebastian Bednarek

Jika volume pengeras suara telpon tetap rendah meskipun kamu sudah menaikkan volume pada tingkat tinggi, mungkin saja pengeras suara telpon yang sedang tersumbat. Speaker biasanya memiliki jarring-jaring yang dapat menutupinya dan jika tersumbat oleh kotoran seperti minyak atau air maka seuara yang keluar dari speaker akan berkurang. Untuk mengatasi maalah satu ini kamu perlu membersihkan speaker, lakukan dengan hati-hati.

4. Masalah Kabel

Kabel volume flex terhubung ke motherboard  ponsel, hal ini tergantung darimana adanya kabel pada perangkat dan dapat merusak karena dapat penanganan yang salah. Kabel fleksibel volume yang rusak juga dapat mempengaruhi keluaran suara pada perangkat, hal ini dapat menjadi alasan mengapa volume speaker handphone berkurang.

Itulah beberapa penyebab suara speaker handphone yang mengalami kerusakan dan kerap sekali terjadi, beberapa penyebab diatas terkadang membuat seseorang merasa tidak nyaman saat menggunakan handphone. Akan tetapi, kamu dapat memperbaikinya di rumah.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela